Jangan Panik, Ini 9 Cara Tepat Menghadapi Mertua Manipulatif

Saatnya bertindak cerdas, Bela.

Jangan Panik, Ini 9 Cara Tepat Menghadapi Mertua Manipulatif

Dalam pernikahan, kamu tidak hanya menjalani kehidupan bersama pasangan, tapi orangtua dari pasangan juga menjadi bagian hidupmu kelak. Tentu saja, harapan mendapat mertua yang baik, suportif, dan penyayang merupakan idaman semua menantu. 

Namun, tidak semua mertua sesuai harapan, terkadang kamu dipertemukan dengan ibu mertua manipulatif. Saat bertemu dengan ibu mertua manipulatif, kamu perlu berhati-hari dalam berucap atau bertindak. Salah sedikit saja, maka ibu mertua bisa bersikap layaknya seorang musuh. Duh, seram, ya, Bela?

Jangan panik, kamu bisa menghadapi ibu mertua manipulatif dengan cara tepat dan cerdas. Bagaimana caranya? Merangkum dari berbagai sumber, Popbela menghadirkannya khusus untuk kamu.

1. Berusaha untuk lebih memahami

Jangan Panik, Ini 9 Cara Tepat Menghadapi Mertua Manipulatif

Saat kamu menikah dengan anaknya, ibu mertua berpikir tidak ada lagi seseorang yang bisa memahami kondisi psikis dan emosinya di hari tua. Kepergian sang anak untuk membangun rumah tangga kadang membuat ibu mertua merasa disingkirkan dan berusaha melakukan berbagai tindakan manipulatif agar sang anak lebih perhatian dan menganggap pasangannya tidak sebaik yang dilihat. 

Ini saatnya untuk kamu bisa melengkapi peran tersebut dengan lebih memahami kondisi psikis dan emosi dari ibu mertua. Misalnya, menjadi pendengar yang baik dan menemaninya di berbagai situasi terlepas dari sikap jahatnya terhadapmu. Pasalnya, seiring bertambah usia, semua perempuan termasuk ibu mertua ingin ada yang memahami dirinya sebaik yang dilakukan sang anak kepadanya.

2. Yakinkan posisinya tidak tergantikan

Ketika menikah, pasangan akan lebih banyak menghabiskan waktu bersamamu. Ibu mertua berpikir kamu telah mengambil alih posisinya. Demi menghindari pertikaian antara kamu dan ibu mertua, yakinkan bahwa posisinya tidak akan terganti meski dengan kehadiran dirimu. 

Kamu bisa membujuk pasangan untuk tetap dekat dengan ibu mertua, seperti menanyai kabar atau menghabiskan waktu bersama ibu mertua seharian, tanpa dirimu. Dengan begitu, ibu mertua dapat melihat bahwa posisinya tidak diambil alih olehmu. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here