Tahun baru memang menjadi momen paling pas untuk memulai sesuatu yang baru. Misalnya, pekerjaan baru atau memiliki hewan peliharaan baru. Tak hanya itu, kamu juga bisa berubah menjadi ‘diri kamu yang baru’, atau bahkan memulai untuk memiliki hubungan baru.

Menurut laporan Future of Dating dari Tinder, hari Minggu pertama setelah tahun baru dan Hari Valentine menjadi salah satu waktu tersibuk di Tinder untuk kegiatan swiping. Hal ini membuktikan bahwa berkenalan dengan seseorang pada awal tahun menjadi salah satu resolusi tahun baru.

Tips Miliki Ekspektasi Realistis Saat Berkencan, Kata PakarDok. Inez Kristanti

Jika, bertemu dengan seseorang yang baru menjadi salah satu tujuan kamu di tahun ini,
beberapa tips dari pakar hubungan, Inez Kristanti, akan membantu kamu untuk
menjadi diri sendiri dan menentukan ekspektasi yang lebih realistis saat membangun hubungan asmara.

1. Punya pasangan bukan karena “dikejar” umur

Tips Miliki Ekspektasi Realistis Saat Berkencan, Kata PakarUnsplash.com/Etienne Boulanger

Mungkin ada yang menetapkan target mendapatkan pasangan di tahun ini karena merasa, “Sudah umur segini, harus segera menikah. Kalau nggak apa kata orang?” Perlu diingat, bahwa jauh lebih penting menemukan pasangan yang sesuai untuk kamu, daripada sekadar mengejar target waktu. Karena setelah berkomitmen pun, kita ingin menjalani hubungan yang nyaman dan bahagia untuk kita.

2. Komunikasikan keinginan serta kebutuhan kamu

Tips Miliki Ekspektasi Realistis Saat Berkencan, Kata PakarUnsplash.com/Priscilla du Preez

Tidak apa-apa kalau kamu mau menetapkan standar dalam mencari pasangan. Tetapi, standarnya juga perlu realistis dan jelas. Misalnya, jika kamu menginginkan anak di masa depan, maka jangan paksakan hal ini kepada pasanganmu yang tidak berencana untuk memiliki keturunan. Membangun komunikasi yang sehat dengan pasangan menjadi penting dari sebuah hubungan, dan ini harus dilakukan sejak awal.

3. Berkencan seharusnya bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan

Tips Miliki Ekspektasi Realistis Saat Berkencan, Kata PakarUnsplash.com/Christin Hume

Tidak perlu terlalu terpaku pada target sehingga kamu melupakan esensi dari berkencan yang sebenarnya. Berkencan dapat membuat kamu lebih mengenal satu sama lain dan menikmati waktu berdua.

Bagi yang berorientasi untuk komitmen jangka panjang, kamu dapat melihat apakah orang yang kamu kencani ini cocok untuk menjadi pendampingmu atau tidak. Kamu tidak bisa “memaksa” kapan koneksi yang sesuai akan datang.

Berkencan merupakan sebuah pengalaman dan setiap orang berhak untuk bersenang-senang. Jadi, lakukanlah yang bisa dilakukan sambil tetap menikmati prosesnya. Kamu harus bisa menikmati proses berkenalan dan mengobrol dengan calon pasangan tanpa harus terburu-buru.

Nah, itulah tips mengelola ekspektasi saat membangun hubungan asmara. Semoga bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: Agar Tak Kecewa, 5 Ekspektasi Ini Perlu Dihindari Saat Menjalin Asmara

Baca Juga: 6 Cara Kelola Ekspektasi dalam Hubungan, Biar Nggak Banyak Kecewa!

Baca Juga: Jangan Berharap Lebih, 5 Ekspektasi Hubungan Ini Bisa Membuatmu Kecewa