6 Cara Menghadapi Pacar yang Suka Gaslighting

Jangan mau jadi korban!

6 Cara Menghadapi Pacar yang Suka Gaslighting

Akhir-akhir ini gaslighting jadi sebuah istilah baru yang cukup ngetren di kalangan pengguna media sosial. Gaslighting sendiri merupakan tindakan manipulasi psikologi yang dilakukan oleh seseorang terhadap korbannya. Si pelaku gaslighting melontarkan kata-kata yang membuat korbannya jadi tidak percaya diri atau meragukan dirinya sendiri.

Siapa pun bisa saja melakukan gaslighting, baik itu sahabat, keluarga, rekan kerja, bahkan pasangan. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah gaslighting yang mungkin dilakukan oleh pasangan. Dalam sebuah hubungan asmara, terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa telah menjadi korban gaslighting. Alhasil, korban gaslighting lama kelamaan akan mengalami berbagai masalah psikologis.

Satu-satunya cara untuk mengatasi gaslighting adalah korban harus menyadari tindakan manipulatif yang dilakukan oleh pasangannya. Setelah berhasil menyadari bahwa dirinya menjadi korban gaslighting, ikuti beberapa cara menghadapi pacar yang gaslighting berikut ini untuk menghadapinya.

1. Kenali pola gaslighting-nya

6 Cara Menghadapi Pacar yang Suka Gaslighting

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka telah menjadi korban gaslighting. Pada akhirnya, pelaku akan terus menerus melakukan tindakan manipulatif yang bisa membuat korban mengalami krisis kepercayaan diri atau dihantui perasaan bersalah.

Apabila kamu merasa ada tindakan manipulatif yang terus menerus dilakukan oleh pasangan, sadarilah bahwa itu merupakan salah satu bentuk gaslighting. Kamu wajib mengenali pola gaslighting yang dilakukannya. Selanjutnya, renungkan motif di balik tindakan gaslighting-nya tersebut.

2. Tanamkan pikiran bahwa masalah bukan dari dirimu

Tujuan seseorang melakukan gaslighting adalah agar korbannya merasa tidak percaya diri dan meragukan kemampuannya sendiri. Selain memperoleh kepuasan batin, pelaku yang berhasil melakukan gaslighting akan merasa senang karena mungkin ia sedang menutupi kekurangan dan kesalahannya sendiri.

Kebanyakan korban gaslighting akan merasa down, depresi, dan kurang percaya diri. Untuk mencegah hal-hal ini, tanamkan pikiran pada diri sendiri bahwa kesalahan bukan berasal darimu, tetapi dari pasanganmu yang melakukan gaslighting. Kalau kamu sudah mengetahui motif di balik perlakuan pasangan yang suka gaslighting, kamu pasti menyadari bahwa selama ini masalah berasal dari si dia, bukan dari dirimu.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here