Maraknya penggunaan aplikasi kencan belakangan ini sebenarnya memberi banyak kemudahan. Seseorang jadi lebih mudah untuk berkenalan dan dekat dengan lawan jenis tanpa harus susah payah berkenalan secara langsung. Selain itu, kalaupun tidak berakhir dengan pacaran, setidaknya bisa menambah teman atau kenalan.

Di sisi lain, pasti ada juga bahaya dan risiko yang harus dihadapi. Apalagi kalau semuanya dilakukan secara buru-buru tanpa adanya pencarian informasi mendalam mengenai kenalan tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lebih baik simak dulu, yuk, 5 risiko terlalu cepat jatuh cinta dengan kenalan di dunia maya berikut ini!

1. Terbuai ekspektasi dan harapan

5 Risiko Jatuh Cinta Terlalu Cepat dengan Kenalan di Dunia MayaPexels.com/Adrienn

Saat jatuh cinta, maka semua gambaran yang kita bayangkan hanyalah gambaran yang bahagia. Pikiran bisa diisi dengan berbagai harapan dan imajinasi tentang seseorang yang kita cintai.

Hal ini akan menjadi bahaya kalau dilakukan pada orang yang belum pernah kita temui secara langsung. Kamu tidak tahu seperti apa karakter asli dirinya dan hanya bisa membayangkan dari jauh.

Hati-hati, jika terlalu dalam, maka kamu bisa larut dan terbuai dalam ekspektasimu sendiri.

2. Meningkatkan stres

5 Risiko Jatuh Cinta Terlalu Cepat dengan Kenalan di Dunia Mayafreepik.com/cookie_studio

Semua ekspektasi dan harapan yang belum terjadi atau bahkan tidak sesuai, bisa mengakibatkan kacaunya pikiran. Kamu akan disibukkan dengan berbagai macam skenario tentang berbagai hal dalam pikiran.

Oleh sebab itu, stres adalah masalah umum yang sering terjadi pada orang yang terlalu cepat jatuh cinta dengan kenalan di dunia maya.

3. Berisiko mengalami kekecewaan

5 Risiko Jatuh Cinta Terlalu Cepat dengan Kenalan di Dunia MayaPexels.com/Andrea Piacquadio

Bela, sudah menjadi rahasia umum kalau apa yang ditampilkan di dunia maya itu adalah hal-hal yang bagus. Sangat jarang ada orang yang ingin menampilkan semua masalahnya di dunia maya, karena takut personanya terlihat buruk.

Inilah yang menjadi alasan mengapa terlalu cepat jatuh cinta dengan kenalan di medsos adalah pilihan yang buruk. Alih-alih bahagia, justru kamu bisa berakhir dengan menelan kekecewaan, saat tahu sisi lain dari dirinya yang tidak diperlihatkan.

4. Melupakan prioritas yang lebih penting

5 Risiko Jatuh Cinta Terlalu Cepat dengan Kenalan di Dunia MayaPexels.com/energepic.com

Saat pikiran disibukkan dengan obsesi akan kenalanmu di dunia maya, maka kamu bisa melupakan prioritas di dunia nyata yang lebih penting. Sebagian besar waktumu akan tersita untuk memikirkan dan membayangkan hal-hal yang belum tentu terjadi di dunia nyata. Sedangkan, yang sudah jelas-jelas harus dilakukan, justru kamu abaikan.

5. Menimbulkan ‘trust issue

5 Risiko Jatuh Cinta Terlalu Cepat dengan Kenalan di Dunia MayaPexels.com/Moose Photos

Semua ekspektasi dan kekecewaan yang kamu rasakan, tentu bisa berpeluang sangat besar untuk memberimu rasa trauma. Pengalaman yang kamu rasakan bisa membuatmu kehilangan rasa percaya terhadap orang baru di dunia maya.

Meskipun tidak semua orang dari dunia maya adalah orang yang buruk, kamu bisa berpikir bahwa mereka semua sama. Pada akhirnya, yang tersisa dan tertinggal hanyalah sebuah trust issue alias masalah kepercayaan.

Itulah tadi sejumlah risiko yang bisa kamu dapatkan kalau jatuh cinta terlalu cepat dengan kenalan di dunia maya. Jadi, lebih hati-hati lagi ya, Bela!

Baca Juga: 8 Prediksi Masa Depan Kencan Versi Tinder

Baca Juga: Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencan

Baca Juga: 9 Tanda Ketika Kamu Berkencan dengan Seorang Kolektor Perempuan