Prancis dikenal sebagai negara romantis dan sering kali jadi destinasi terbaik menghabiskan waktu dengan pasangan. Uniknya, Prancis seakan punya sihir untuk membuat orang-orang merasa jatuh cinta. Di samping itu, budaya Prancis pun turut memesona seperti makanan, lagu, film, hingga bahasanya.

Ternyata, romantisme Prancis juga bisa kamu dapatkan di Indonesia, lho, Bela! Yakni lewat hal sederhana seperti panggilan sayang dalam bahasa Prancis. Selain unik dan beda dari yang lain, panggilan sayang tersebut juga punya makna mendalam untuk menunjukkan rasa cintamu pada pasangan.

Penasaran apa saja? Yuk, intip beberapa alternatif panggilan sayang dalam bahasa Prancis lengkap dengan artinya berikut ini. Siapa tahu bisa kamu gunakan untuk si dia!

1. Mon cœur

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!unsplash.com/Clay Banks

Alternatif pertama, kamu bisa gunakan “mon cœur” sebagai panggilan sayang. Kata ini dapat diartikan sebagai “hatiku” dalam bahasa Indonesia. Tak hanya untuk pasangan, mon cœur juga bisa ditujukan pada anggota keluarga maupun sahabat yang kita sayangi. Maka tak heran bila mon cœur dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari serta di berbagai situasi.

2. Mon amour

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!ROMAN ODINTSOV/Pexels

Bila kamu berkunjung ke Prancis, mungkin kamu akan sering mendengar panggilan sayang yang satu ini, yaitu “mon amour” yang berarti “cintaku”. Sebab, panggilan sayang ini paling sering digunakan oleh penduduk Prancis. Menariknya, tak hanya digunakan di berbagai situasi dan kondisi percakapan, mon amour juga bisa ditujukan pada semua lawan bicara.

3. Mon chérie

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!Katerina Holmes/Pexels

Selanjutnya, ada “mon chérie” yang dapat diartikan sebagai “sayangku” dalam bahasa Indonesia. Umumnya, panggilan sayang ini juga bisa diterapkan dalam berbagai situasi, serta ditujukan untuk orang-orang tersayang seperti anggota keluarga, teman, maupun pasangan.

Namun, ada sedikit perbedaan yang perlu diperhatikan dalam penggunaan panggilan sayang satu ini. Yakni, bila ditujukan untuk seorang perempuan, maka istilah yang digunakan adalah ma chérie. Sedangkan, bila ditujukan pada laki-laki, maka gunakan kata mon chérie, ya, Bela!

4. Mon petit chouchou

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!Vitor Lima/Pexels

Panggilan sayang dalam bahasa Prancis satu ini cukup unik nih, Bela! Yakni “mon petit chouchou” yang secara harfiah dapat diartikan sebagai “kubis kecilku” atau “kue kecilku”. Panggilan ini berasal dari kata mon petit chou, kemudian ditambahkan pengulangan untuk memberi kesan menggemaskan.

Mon petit chou umumnya lebih sering ditujukan pada kerabat, sahabat, maupun teman yang disayang. Sedangkan mon petit chouchou digunakan untuk memanggil pasangan atau suami. Bila sedang ingin berman-manja dengan pasangan, panggilan sayang satu ini tentu bisa jadi pilihan.

5. Ma puce

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!medium.com

Kemudian, ada panggilan sayang “ma puce” yang secara harfiah diartikan sebagai “kutu milikku”. Meski terkesan unik, panggilan sayang ini biasa digunakan untuk menunjukkan kasih sayang terhadap orang terdekat. Oleh karena itu, panggilan sayang ini tak selalu berarti romantis, dan lebih sering digunakan untuk memanggil anak atau anggota keluarga lain.

Tapi, kalau kamu mau panggil pasangan dengan kata ma puce, juga akan menggemaskan, kok, Bela!

6. Ma bichette

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!Jonathan Borba/Pexels

Panggilan sayang satu ini secara khusus hanya bisa ditujukan pada wanita yang lebih muda. Sebab, “ma bichette” dapat diartikan sebagai “rusa betinaku” dalam bahasa Indonesia. Jadi, panggilan sayang satu ini sangat cocok digunakan untuk memanggil teman, saudara hingga anak perempuanmu.

7. Mon mignon

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!Freepik.com

Secara harfiah, panggilan sayang “mon mignon” sebenarnya berarti “benda kecilku”. Namun, kata ini berasal dari kata bahasa Prancis di masa lalu yaitu “mignot” yang berarti halus dan anggun. Maka, mon mignon dapat pula diartikan sweetheart dalam bahasa Inggris. Tak hanya romantis, ternyata kata ini juga punya sejarah panjang, ya, Bela!

8. Mon tresor

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!unsplash.com/freestocks

Alternative panggilan sayang dalam bahasa Prancis selanjutnya adalah “mon tresor” yang berarti “harta karunku”. Sesuai artinya, panggilan sayang ini ditujukan pada seseorang yang berharga dalam hidup, seperti pasangan, keluarga, sahabat serta anak. Kata ini juga sering digunakan saat ingin mengungkapkan rasa kagum serta rasa terima kasih atas kebahagiaan dalam hidup.

9. Ma moitié

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!unsplash.com/sept commercial

Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “ma moitié” berarti “bagian diriku yang lain” atau sering dikenal dengan istilah “my other half” dalam bahasa Inggris. Maka, panggilan ini cocok digunakan untuk memanggil pasangan atau sahabat baikmu. Dengan menggunakan panggilan sayang ini, artinya kamu sangat menghargai keberadaan orang tersebut dan tak ingin kehilangan dirinya. Romantis banget, kan?

10. Mon bébé

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis dan Artinya, Romantis!Luis Zambrano/Pexels

Terakhir, ada “mon bébé” yang dapat diartikan sebagai “my baby” dalam bahasa Inggris. Panggilan sayang ini bisa digunakan untuk berbagai lawan bicara, mulai pasangan, keluarga hingga teman. Bahkan, kata ini juga sering kali digunakan untuk memanggil hewan peliharaan yang disayangi, lho, sebab kata ini memang bersifat universal dan umum.

Nah, itulah dia berbagai alternatif panggilan sayang dalam bahasa Prancis yang bisa kamu gunakan untuk pasangan, keluarga serta teman. Bagaimana, kamu tertarik pakai yang mana, nih, Bela?

Baca Juga: 30 Kata-Kata Romantis Bahasa Prancis dan Artinya

Baca Juga: 17 Panggilan Sayang untuk Pasangan dalam Berbagai Bahasa

Baca Juga: 11 Cara Ungkapkan Rasa Sayang dalam Bahasa Korea, So Sweet!