6 Cara Kelola Ekspektasi dalam Hubungan, Biar Nggak Banyak Kecewa!

Celah antara ekspektasi dan kenyataan itu yang jadi masalah.

6 Cara Kelola Ekspektasi dalam Hubungan, Biar Nggak Banyak Kecewa!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pernah dengar ungkapan “pacaran itu hanya manis di awal tapi pahit di akhir”? Kalau pernah, mungkin beberapa dari kamu merasa setuju dengan ungkapan tersebut karena termasuk pengalaman pribadi.

Tapi sebenarnya, tidak semua hubungan begitu, lho. Kamu bisa menjaga hubunganmu awet dan bertahan lama dengan mengelola ekspektasi saat menjalin hubungan. Dengan begitu, kamu juga bisa menghindari rasa kecewa terhadap pasangan.

Bukan berarti kamu dilarang berharap apa pun ya, Bela! Sebab, kamu berhak diperlalukan dengan baik, begitu pula sebaliknya. Tapi, harapan yang realistis dan ekspektasi yang tidak ketinggian dapat membantu hubunganmu terhindar dari konflik.

Lalu, bagaimana ya cara mengelola ekspektasi dalam hubungan? Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan.

1. Pahami bahwa perbedaan adalah hal yang wajar dalam hubungan

Meski umumnya hubungan tercipta karena merasa cocok satu sama lain, tak bisa dipungkiri bahwa perbedaan akan selalu ada. Sebab, kamu dan pasangan adalah orang yang berbeda, jadi wajar saja bila memiliki kepribadian, pandangan, maupun pendapat masing-masing.

Kamu tidak perlu berubah menjadi apa yang pasanganmu inginkan. Sebaliknya, kamu juga tidak bisa menuntut dia untuk berubah sesuai keinginan kamu. Jangan berekspektasi kalau pasanganmu bisa kamu atur sesuka hati ya, Bela!

Perbedaan dalam hubungan merupakan tantangan yang mampu membuat kamu dan pasangan jadi semakin mengerti satu sama lain. Selain itu, kisah cinta kamu dan pasanganmu juga bisa jadi semakin berwarna, lho.

2. Saling menghargai dan menghormati satu sama lain

Selanjutnya yang tak kalah penting saat menjalin hubungan adalah menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Cara ini juga mampu meminimalisir konflik-konflik yang mungkin terjadi dalam hubungan kamu.

Termasuk sebagai kunci hubungan awet, menghargai dan menghormati pasangan dapat diterapkan lewat komunikasi sehari-hari. Contohnya, bila ada perbedaan pendapat, sampaikan opinimu dengan tenang, tanpa bersikap sinis. Selain itu, lebih baik mencari solusi bersama daripada berdebat.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here