Kenalan, kopi darat, dan berlanjut ke jenjang pernikahan, pasti menjadi proses yang diidamkan pengguna situs kencan online. Situs kencan online merupakan platform yang memungkinkan penggunanya mendapat teman ngobrol, partner kencan, bahkan menjalin hubungan yang lebih serius.

Jika menengok beberapa tahun lalu, mencari jodoh melalui jalur online pastinya masih asing dan bahkan tabu untuk dilakukan. Pasalnya, banyak ketakutan akan kejahatan seksual atau human trafficking yang berkedok situs online dating.

Tapi, saat ini anggapan tersebut perlahan terkikis dan berganti kepercayaan dengan validitas situs tersebut. Banyak orang yang beralih mencari jodoh melalui jalur online karena faktor kesibukan dan ingin mencoba hal baru.

Lalu, situs kencan online apa saja yang saat ini terpercaya dan bisa membawa ke jenjang yang lebih jauh bagi penggunanya?

Agar nggak berlama-lama penasaran, Popbela telah siapkan 9 rekomendasi situs kencan online buat kamu yang sedang mencari pasangan hidup. Yuk, dilihat mana yang pas buat kamu.

1. Match

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupMatch

Bisa dibilang Match merupakan situs kencan online terlama. Berdiri sejak tahun 1995, bisnis ini telah mengubah banyak status penggunanya dari single menjadi in a relationship dan akhirnya menikah. Bila kamu tertarik untuk mencobanya, perlu diingat kalau pencarian di situs Match sangat luas. Jadi, kamu harus memfilter pencarian untuk menemukan calon pasangan dalam satu wilayah yang sama.

Prinsip kerja Match terbilang mudah. Hanya butuh mencari dan menemukan pasangan yang kamu anggap cocok, untuk kemudian mengobrol di fitur chat. Nggak menutup kemungkinan untuk melakukan kopi darat juga, Bela. Sebagai catatan saja, sebanyak 1,6 juta warga Inggris sudah menggunakan situs ini.

2. OkCupid

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupWikipedia

Sampai saat ini OKCupid menjadi situs yang berhasil mempertemukan penggunanya hingga ke jenjang pernikahan. Aplikasi kencan ini sudah ada sejak 2004 silam. Nggak heran kalau sudah banyak hubungan yang berhasil melalui situs ini.

Tahukah kamu? Di masa pandemi ini, OKCupid menghadirkan fitur baru yaitu status vaksinasi COVID-19 di profil pengguna. Fitur ini bisa membantu pengguna OKCupid saat mencocokkan profil mereka. Paling nggak dengan fitur ini membuktikan keseriusan pengguna akan kesehatan, ya, Bela.

3. eHarmony

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupeHarmony

Ingin hubungan jangka panjang dan berlabuh ke pernikahan? eHarmony mungkin cocok buat kamu yang bertujuan memiliki hubungan serius. Sebab, situs ini hadir memang untuk penggunanya yang serius mencari pasangan hingga ke jenjang pernikahan.

Bahkan, keseriusan eHarmony ini dibuktikan dengan memblokir user yang punya riwayat bercerai hingga tiga kali. Selain itu, pengguna yang bisa mendaftar harus berusia di atas 21 tahun. Kalau kamu tertarik dan ingin mencari hubungan yang serius, e-Harmony menyediakan layanan gratis dan berbayar. Untuk dapat mengakses semua fitur di aplikasi ini, kamu cukup membayar US$20 - US$30 atau sekitar Rp430 ribuan per tahunnya.

4. Silversingles

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupSilverSingles

Situs online dating yang juga tersedia dalam bentuk aplikasi ini mengkhususkan diri untuk para single berusia 40 tahun ke atas. Mayoritas pengguna Silver Singlers tinggal di Kanada dengan preferensi kalangan profesional. Bisa dibilang, situs ini memungkinkan penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna dari belahan dunia lain.

5. Elite Singles

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupElite Singles

Situs kencan ini khusus bagi kamu yang mempertimbangkan pendidikan dalam mencari jodoh. Elite Singles mengklaim sebanyak 82 persen penggunanya merupakan lulusan universitas. Sebelum bergabung dengan situs ini, kamu harus mengisi pertanyaan yang berkaitan dengan kepribadian. Tujuannya untuk mencari kesesuaian dengan pengguna lain yang kompatibel.

Membuat akun di Elite Singles nggak dikenai biaya, tapi jika ingin menggunakan layanan ini secara menyeluruh akan ditarik tarif US$31.95 atau setara dengan Rp455 ribuan per tahun.

6. Lunch Actually

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupLunch Actually

Lunch Actually merupakan perusahaan kencan pertama di Asia yang didirikan suami istri, Jamie Lee dan Violet Lim pda 2004 silam. Layanan yang sudah merambah ke Malaysia, Hong Kong, Thailand, dan Indonesia ini membantu pekerja profesional menemukan pasangannya melalui kencan makan siang.

Berbeda dengan situs kencan online kebanyakan, sebagai matchmaker alias mak comblang, Lunch Actually akan memproses kliennya secara serius. Mulai dari kelengkapan data dan identitas, hingga mengatur pertemuaan klien berkencan. Untuk menjadi klien Lunch Actually, tarif yang dipatok lumayan mahal juga, Bela. Mulai dari Rp12,9 juta - Rp29,9 juta dengan berbagai level. Harga tersebut sudah termasuk biaya konsultan.

7. eLoveDates

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupeLoveDates

Untuk bergabung ke situs ini, kamu nggak perlu membayar biaya keanggotaan karena eLoveDates tersedia gratis. Kamu cukup mendaftar, pasang profil, dan mencari pasangan yang cocok dari ribuan pengguna situs ini.

Buat kamu tahu, situs kencan online eLoveDates ini memiliki anggota hingga 86 ribu yang tersebar dari seluruh dunia. Jadi, situs ini memungkinkan kamu bertemu dengan pasangan yang beda negara. Seru, kan?

8. Taaruf ID

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupTaaruf ID

Aplikasi online dating lokal ini memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan beberapa pengguna akun Taaruf ID lainnya untuk mencari teman atau jodoh. Meski dalam aplikasi tersebut menggunakan bahasa Arab, nggak menjadikan platform ini khusus untuk pemeluk agama Islam saja. Artinya, semua agama bisa menggunakannya.

Salah satu keunikan dari aplikasi ini adalah pengguna nggak bisa bertemu teman online-nya hanya berdua saja. Harus ada pihak ketiga yang menemani pertemuan atau kopi darat tersebut. Tujuannya baik kok untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

9. Muslima

9 Rekomendasi Situs Kencan Online untuk Temukan Pasangan HidupCupid Media

Situs perjodohan online ini merupakan bagian dari Cupid Media. Bedanya, di Muslima para lajang memiliki tujuan mencari hubungan serius yang sesuai dengan kaidah Islam. Muslima sudah ada sejak 2006 lalu dan terbukti berhasil mempertemukan belahan jiwa dari anggotanya.

Hingga saat ini Muslima memiliki keanggotaan lebih dari 5 juta anggota yang tersebar di seluruh dunia. Cara kerjanya pun mudah kok. Kamu cukup membuat profil, mencari match dan langsung jalin komunikasi. Mudah, kan?

Baca Juga: 6 Kebohongan yang Paling Sering Pria Lakukan Saat Kencan Pertama

Baca Juga: 5 Tips Terhindar dari Predator Seksual di Aplikasi Kencan Online

Baca Juga: 7 Tren Kencan Online yang Menyebalkan dan Cara Mengatasinya