Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Film Malaysia tentang Perjodohan, Hati-Hati Baper!

Tontonan wajib saat senggang

Puspita Ramadhani

Meski secara kehidupan nyata perjodohan sudah jarang dilakulan, namun konsep cerita seperti ini di dalam sebuah film masih punya banyak peminatnya, lho. Pasalnya, film tentang perjodohan sering kali berhasil memunculkan emosi marah, sedih, hingga kecewa para penonton yang membuat mereka ikut membayangkan nasib pemerannya.

Nggak hanya di Indonesia, film tentang perjodohan ini juga banyak ditemukan di Malaysia. Jadi, kalau kamu sedang mencari daftar tontonan baru, kamu nggak boleh kelewatan film Malaysia tentang perjodohan di bawah ini. Yuk, baca sinopsis singkatnya!

1. Melur untuk Firdaus (2022)

myinfotaip.com

Sempat ditayangkan di salah satu TV nasional, film Malaysia tentang perjodohan yang satu ini mengundang banyak peminat. Pasalnya, Firdaus yang diperankan oleh Meerqeen harus segera menikah karena telah didesak oleh sang ayah.

Sayangnya, kekasih Firdaus, Dee (Nesa Idrus), selalu menolak ajakan Firdaus untuk menikah. Alhasil, ia terpaksa harus menerima perjodohan ayahnya dengan gadis bernama Melur (Anna Jobling). 

Mendapat konflik lantaran tidak adanya rasa cinta di pernikahan mereka, Melur harus menerima fakta jika sang suami masih terus memikirkan sang mantan. Drama yang telah tayang pada 2022 ini sudah berlanjut ke season 2, lho.

2. Bukan Kahwin Paksa (2020)

myinfotaip.com

Rasa benci ternyata bisa berubah menjadi cinta. Izz Rizqin (Kamal Adli) dan Dara Safiya (Hannah Delisha) harus ditakdirkan sebagai musuh terlebih dahulu sebelum akhirnya tumbuh rasa cinta di antara mereka lantaran tragedi 'salah email'. 

Dara yang sempat takut dengan cinta karena diselingkuhi, dan Izz yang harus merelakan kekasihnya dilamar orang lain, memilih untuk menerima perjodohan yang dilakukan orangtua mereka. Siapa sangka jika sosok yang dijodohkan itu adalah orang yang telah mereka kenal satu sama lain.

3. Projek Memikat Suami (2013)

myinfotaip.com

Banyak film Malaysia tentang perjodohan yang diangkat dari sebuah novel, salah satunya Projek Memikat Suami (PMS). Mengisahkan tentang seorang perempuan yang langsung dijodohkan dengan laki-laki, di saat dirinya baru saja kembali dari menimba ilmu di negara lain. Tak enak hati menolak permintaan orangtuanya, akhirnya Nawwal Husna (Emma Maembong) menerima lamaran Zahrain (Aiman Hakim Ridza).

4. Asalkan Dia Bahagia (2019)

myinfotaip.com

Punya utang budi dengan seseorang bisa membuatmu merasa sungkan untuk menerima tawaran yang mereka berikan. Begitu juga yang dirasakan Adira Imani (Ayda Jebat), yang terpaksa harus menerima perjodohan dari keluarga yang mengasuhnya selama ini.

Adira dijodohkan dengan Haris Aryan (Shukri Yahaya) di saat dirinya tengah mencintai orang lain. Ia mencintai Ikmal Reza (Idris Khan) yang tak lain adalah abang angkatnya sendiri. Konflik itu mulai muncul di saat Ikmal merasa marah ketika mengetahui Adira telah dinikahkan dengan orang lain.

5. Bisik-Bisik Gelora (2022)

myinfotaip.com

Selama ini, Jad Izzuddin (Redza Rosli) selalu menjadi idaman warga kampung karena sifatnya yang terlihat sangat baik. Padahal, semua itu hanyalah kedok.

Suatu hari, Jad bertemu dengan Banin Arumi (Raysha Rizrose) yang sedang disuruh ayahnya untuk memperbaiki sifat nakalnya di kampung. Tertangkap sedang berduaan, akhirnya Jad dan Arumi terpaksa harus dinikahkan secara paksa oleh warga kampung.

Sayang, baru saja menikah, Arumi harus mendapat banyak cobaan. Suaminya, Jad, harus ditangkap dan ditahan polisi, juga kedua orangtuanya meninggal karena kecelakaan.

6. Bila Hati Memilih Dia (2022)

myinfotaip.com

Bila Hati Memilih Dia merupakan film Malaysia tentang perjodohan yang diangkat dari novel. Kisah ini bercerita tentang Kisha Adra (Eyka Farhana) yang sedang mencari kerja, tetapi terhalang restu orangtua yang tidak mengizinkannya bekerja di kota besar. 

Suatu ketika, Adra diminta untuk bekerja dengan Nazril (Aedy Ashraf) yang seorang single parent. Sempat terjadi kesalahpahaman yang membuat keduanya bertengkar, rupanya takdir membuat mereka harus menjadi sepasang suami istri meski lewat perjodohan.

7. Dia Semanis Honey (2016)

myinfotaip.com

Menikah karena tidak mampu menolak perintah orangtua, membuat pernikahan Hani (Siti Nordiana) dan Ahnaf (Aliff Satar) tidak berjalan baik. Bahkan, di saat Ahnaf mulai merasa luluh dan cinta kepada istrinya, timbul perempuan lain yang menyebabkan adanya tembok di dalam rumah tangganya. Perkelahian batin itu pun dialami Ahnaf.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi film Malaysia tentang perjodohan yang bisa menemani hari-harimu. Selamat menonton, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating