Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tanda Kamu Harus Istirahat Sebentar dari Dunia Percintaan 

Nggak ada salahnya jadi jomblo dan menikmati kesendirian

Elga Windasari

Terkadang, tekanan sosial untuk memiliki pasangan bisa sangat melelahkan. Sebenarnya kamu sedang malas menjalin hubungan karena, let’s be real, mencari pasangan yang cocok tidaklah mudah. Namun, karena semua teman sudah punya pacar dan kalau kamu tidak punya pacar terlihat aneh, jadilah kamu berusaha untuk mencarinya.

Padahal, tidak ada yang salah menjadi jomblo dan bukan tidak mungkin itu adalah hal terbaik yang bisa terjadi. Dengan tidak adanya laki-laki dalam hidup, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus diri sendiri dan urusan lainnya.

Memiliki standar saat mencari pasangan itu bagus. Tetapi, jika kamu merasa sangat sulit mencari orang yang memenuhi standar tersebut, mungkin ini adalah suatu pertanda. Bisa jadi ini adalah waktunya untuk mundur selangkah dari dunia percintaan dan menikmati kehidupan sebagai jomblo.

Jika kamu masih belum yakin, berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan kalau kamu lebih baik sendiri untuk saat ini, dilansir dari Bolde.

1. Malas bertemu dengan orang baru, meskipun merasa cocok

Shutterstock/Teerawit Chankowet

Aplikasi kencan membuatmu semakin mudah berkenalan dengan orang baru. Namun, terkadang mengobrol lewat chat dengan mengobrol secara langsung bisa sangat berbeda. Bukan tidak mungkin kamu merasa kecewa karena kenyataannya tidak semakin yang dibayangkan.

Itulah yang membuatmu malas untuk bertemu orang baru, meskipun saat chatting kamu merasa cocok dengannya. Kamu malas menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi dan itu membuatmu jadi selalu menghindari ajakan kencan dari orang baru.

2. Menolak kencan dari laki-laki yang menjadi tipemu

Pexels.com/Cottonbro

Kamu pasti memiliki tipe laki-laki tertentu dan jika bertemu dengan tipe tersebut, rasanya senang bukan main. Namun, mengapa sekarang kamu tidak merasa seperti itu? Padahal, orang baru yang mengajakmu kencan memenuhi hampir semua kriteria yang kami inginkan.

Hmm… namanya juga manusia, pasti memiliki rasa bosan. Bukan tidak mungkin tipe laki-laki ideal yang selama ini kamu pegang teguh sudah membuatmu tidak excited lagi. Jika kamu merasa sangat bosan membayangkan bertemu dengan laki-laki ideal versimu, maka inilah saatnya untuk mengenal kembali dirimu sendiri dan mengambil waktu istirahat dari dunia percintaan.

3. Tidak memercayai insting diri sendiri

Cottonbro/Pexels

Mengikuti insting adalah bagian yang sangat penting dalam berkencan. Naluri diri inilah yang akan memberitahu apakah laki-laki yang terlihat sangat sempurna secara online sebenarnya tipe yang menyebalkan di dunia nyata atau bahkan dapat mengeluarkanmu dari situasi berbahaya.

Jika saat kamu kencan dengan orang lain dan kamu tidak tahu bagaimana perasaanmu tentang orang tersebut, maka insting dan nalurimu sudah mulai “mati suri”. Kamu mungkin sudah terlalu banyak mengalami kencan yang buruk dan perlu istirahat.

4. Merasa lelah secara emosional

Oleg Ivanov/Unsplash

Pikirkan tentang perasaanmu setelah menjalani minggu yang berat di kantor atau kampus. Lalu, bayangkan lagi bagaimana perasaanmu jika setelah itu kamu menjalani kencan yang buruk dengan orang yang tidak cocok denganmu. Rasanya pasti akan sangat amat melelahkan.

Saat kamu merasa lelah secara emosional, sulit untuk tetap positif dan terbuka terhadap ide bertemu orang baru. Apalagi untuk menjalani hubungan baru. Jadi, beri diri sendiri izin untuk berhenti berkencan sekarang juga.

5. Tidak tahu lagi apa yang kamu inginkan

pexels.com/alan-retratos

Semakin lama kamu menjomblo, kamu akan semakin nyaman menjadi diri sendiri. Kamu bisa menonton acara apapun yang diinginkan, melakukan apapun tanpa perlu izin dari siapa pun, dan pada dasarnya hidup tanpa drama.

Lalu, kamu tetap melakukan banyak kencan pertama, tetapi tidak pernah lebih dari itu. Kamu merasa sangat sulit menempatkan diri sebagai orang yang available di luar sana dan malah bertanya-tanya apakah kamu bahkan sebenarnya tertarik untuk menjalin hubungan.

Jika kamu merasa seperti ini, mungkin lebih baik untuk mencari tahu terlebih dahulu apa yang kamu inginkan sebelum bertemu lebih banyak orang.

6. Wishlist milikmu sudah tidak masuk akal lagi

Dok. Internet

Belakangan ini kamu menolak ajakan kencan banyak orang karena alasan yang tidak masuk akal. Misalnya saja, tidak suka dengan model rambutnya, tidak suka dengan suaranya, bahkan tidak suka dengan cara menulisnya di chat. Padahal, semua itu seharusnya tidak menjadi alasan kamu tidak mau diajak berkencan.

Jika kamu terus terpaku pada hal-hal kecil dari orang yang mengajakmu kencan, itu artinya kamu memang sedang tidak ingin berkencan. Jangan memaksakan diri dan justru menyinggung orang yang sebenarnya tertarik kepadamu.

7. Pilih-pilih tentang segalanya

Pexels.com/Cottonbro

Saat kamu tidak merasa bahagia dan tidak memiliki optimisme—yang biasanya kamu miliki—untuk masa depan, salah satu akibatnya adalah kamu menjadi lebih pilih-pilih terhadap apa pun. Termasuk untuk orang yang kamu sukai.

Sikap pilih-pilih ini membuatmu akan merasa semuanya jadi tidak ada yang sempurna dan sesuai dengan keinginan. Hal ini bisa membuatmu semakin merasa frustasi dan tidak lebih bahagia.

8. Selalu menolak ajakan kencan kedua

camelotintroductions.com

Meski bukan tidak mungkin, tetapi sangat jarang dua orang langsung merasa cocok dan merasa bertemu dengan belahan jiwanya di kencan pertama. Wajar jika calon pasangan memerlukan kencan kedua atau beberapa kali kencan untuk lebih saling mengenal dengan baik.

Jika kamu selalu menolak ajakan tersebut, padahal si teman kencan mengirimi pesan manis keesokan harinya, mungkin ini pertanda kalau kamu sedang ingin sendirian. Tak ada salahnya beristirahat sejenak dari dunia percintaan hingga kamu merasa siap.

9. Tidak takut sendirian

unsplash/Priscilla du Preez

Jika kamu merasa lebih takut pergi ke kencan yang buruk daripada tetap melajang, maka itu jawaban yang pasti kalau kamu lebih baik sendiri dulu. Tak perlu ragu atau takut melakukannya. Biar bagaimanapun, yang paling penting adalah kondisi kesehatan mentalmu.

Percayalah, nanti di saat dirimu sudah merasa siap, maka hatimu akan menyuruhmu untuk kembali berusaha menemukan orang yang tepat. Sampai saat itu tiba, lebih baik kamu beristirahat dari dunia percintaan nikmatilah kesendirianmu sebagai seorang jomblo yang bahagia.

IDN Media Channels

Latest from Dating