Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Coba Online Dating? Yuk, Ketahui Dulu Pro dan Kontranya!

Jangan sampai kamu menyesal setelah mencobanya

Elga Windasari

Di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, bukan hanya komunikasi dan berbelanja saja yang bisa dilakukan secara online. Bahkan, berkencan secara virtual alias online dating juga sudah mulai banyak yang melakukannya.

Apalagi, saat ini mulai banyak orang menemukan pasangan potensial mereka melalui aplikasi dan situs web, daripada bertemu langsung atau dikenalkan oleh teman.

Meskipun online dating mungkin menawarkan kenyamanan dalam berkencan, tetapi kamu harus tahu dulu pro dan kontra dari kencan virtual ini. Berikut beberapa diantaranya.

Pro: Lebih mengenal banyak orang

freepik.com/benzoix

Salah satu manfaat yang menonjol dari online dating adalah kemampuan untuk bertemu dengan orang-orang di luar lingkungan terdekatmu.

Lewat online dating, batasan geografis menjadi tidak terlalu jelas sehingga kamu dapat terhubung dengan berbagai macam orang dari berbagai kota, negara, atau bahkan benua.

Kontra: Pilihan yang terlalu banyak

Kev Costello/Unsplash

Karena dilakukan secara online, ada banyak pilihan calon pasangan yang bisa dipilih. Namun, hal ini justru terkadang terasa seperti menemukan jarum di tumpukan jerami.

Memiliki banyak pilihan, terkadang membuatmu lebih sulit untuk membuat keputusan yang pasti. Ini karena saat kamu melihat begitu banyak profil di aplikasi kencan, kamu jadi lebih bingung bagaimana memilih calon pasangan yang tepat?

Pro: Lebih nyaman

Pexels/Ron Lach

Kencan di dunia nyata, terkadang membutuhkan waktu dan usaha. Dengan kencan online, kamu mungkin tidak perlu berdandan untuk keluar malam atau menjalani kencan yang “melelahkan” karena harus keluar rumah.

Kamu bisa menghabiskan waktu dengan pasangan sambil bersantai dengan piyama, sambil menikmati makanan favorit, tanpa perlu beranjak dari tempat tidur atau sofa di rumah.

Kontra: Mengalami catfishing

freepik.com/katemangostar

Ini adalah tindakan menipu lewat online dengan identitas palsu. Mulai dari menggunakan foto orang lain hingga mengarang seluruh kisah hidup. Meskipun mungkin awalnya tidak ada niat jahat, tetapi catfishing bisa sangat membahayakan..

Secara psikologis, seseorang mungkin melakukan catfishing karena berbagai alasan, seperti keinginan untuk mendapatkan perhatian, sensasi manipulasi, atau bahkan menaikkan harga diri yang rendah.

Pro: Bisa menyesuaikan pilihan

pexels.com/KeiraBurton

Dunia online dating menawarkan banyak pilihan yang disesuaikan dengan preferensi dirimu. Apakah kamu pecinta hewan? Mencari penggemar trekking atau olahraga lainnya? Bahkan, ingin bertemu seseorang yang juga menyukai makanan yang sama?

Filter dan algoritma di aplikasi kencan dapat membantu menyederhanakan pencarian sehingga membawamu lebih dekat dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan dan minat yang sama denganmu.

Kontra: Chemistry yang tidak cocok

freepik.com

Koneksi digital terkadang bisa membuatmu percaya bahwa ada chemistry yang tak terbantahkan. Berjam-jam chatting mungkin terasa sangat menyenangkan, tetapi bukan tidak mungkin saat bertemu langsung, chemistry tersebut akan hilang.

Ini karena sifat kompleks dari hubungan di dunia nyata bisa sangat berbeda dengan saat dilakukan secara online. Inilah yang membuat seseorang bisa menjadi sangat berbeda. 

Pro: Keamanan diutamakan

Freepik.com/Benzoix

Dengan kencan online, kamu memiliki kesempatan untuk mengenal seseorang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertemu secara langsung.

Saat berhubungan dengan calon pasangan secara online, kamu jadi punya kesempatan untuk mengukur tingkat kenyamanan dan memastikan keamanan dirimu. Ini sangat penting apalagi jika dia berasal dari dunia yang sangat berbeda denganmu.

Kontra: Terkena ghosting dan breadcrumbing

freepik.com/Dragana_Gordic

Ghosting adalah ketika seseorang tiba-tiba memutuskan semua komunikasi tanpa penjelasan. Sementara breadcrumbing, yaitu saat seseorang melakukan pendekatan, tetapi tidak berkomitmen dan tanpa niat untuk benar-benar serius.

Kedua perilaku tersebut dapat membebani dirimu sebagai penerima karena membuatmu merasa berada dalam ketidakpastian.

Kedua perilaku ini sering terjadi karena kamu menghindari konfrontasi atau ketidakmampuan untuk berkomunikasi secara transparan dengan calon pasangan

Pro: Tidak terlalu sakit hati saat ditolak

freepik.com/diana.grytsku

Ditolak oleh seseorang, apalagi orang yang disuka, tidak pernah terasa menyenangkan. Namun, jika penolakan terjadi secara online, rasa sakit hatinya lebih rendah dibandingkan ditolak secara langsung dan personal.

Kamu juga jadi lebih mudah untuk bangkit kembali dari seseorang yang tidak menanggapi chatting darimu daripada seseorang yang tidak datang ke kencan pertamamu.

Kontra: Lelah secara emosional

Pexels/Yan Krukau

Siklus saat kamu merasa gembira bertemu dengan seseorang yang dirasa ideal, berharap bahwa dia akan menjadi pasangan, dan akhirnya kecewa karena dia tidak seperti yang dibayangkan, bisa menguras emosi.

Terus-menerus menaruh harapan tinggi dan kemudian merasa dikecewakan, terutama dengan harapan yang tidak sesuai, dapat menyebabkan kelelahan secara emosional dalam kencan online.

Itulah beberapa pro dan kontra yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mencoba online dating. Jika kamu sudah siap menanggung risikonya, maka beranikan dirimu untuk mencobanya.

IDN Media Channels

Latest from Dating