Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Kencan untuk Perempuan Pemalu, Tetap Jadi Diri Sendiri!

Nomor 4 paling penting!

Astri Amalia

Siapa, sih yang nggak merasa gugup saat berkencan? Tampaknya kita semua setuju kalau kencan bisa bikin kita gugup luar biasa.

Bagi perempuan yang punya kepribadian supel, kencan masih mungkin terasa lebih mudah untuk dijalani, ketimbang dengan mereka yang punya sifat pemalu.

Kencan yang mengharuskan kita untuk berkomunikasi demi mengenal satu sama lain lebih dalam, kemungkinan besar membuat perempuan pemalu menjadi berkali-kali lipat lebih gugup.

Kendati demikian, kencan tetap bisa dilalui dengan baik kok, Bela, asalkan kamu tahu tipsnya.

Nih, coba simak 7 tips kencan untuk perempuan pemalu yang sudah Popbela siapkan untukmu berikut ini. Simak sampai selesai, ya!

1. Cobalah aplikasi kencan online

Pexels.com/Bruno Cervera

Perempuan pemalu perlu berbahagia dengan adanya aplikasi kencan, sebab selain mengatasi rasa malu saat berkenalan secara langsung, kencan online akan membuatmu lebih nyaman dan terbuka dengan teman kencanmu. Kamu punya kesempatan untuk saling mengenal secara bertahap, tanpa perlu bertatap muka dengannya secara langsung.

Tapi, kamu juga harus berhati-hati dengan dating burnout alias rasa lelah untuk berkencan, sebab kamu berulang kali berkenalan dengan seseorang lewat aplikasi kencan online.

Pastikan orang-orang yang bisa mengaksesmu adalah mereka yang terlihat memiliki keinginan untuk membangun hubungan, bukannya menjadikanmu 'mainan' di kala senggang.

2. Keluarlah dari zona nyamanmu

Freepik.com/lookstudio

Meskipun pemalu, tapi keluar dari zona nyaman itu perlu lho, Bela. Jangan hanya berdiam diri di rumah. Sebaiknya, cobalah untuk lebih banyak mengeksplor dunia luar, sesederhana dengan berjalan santai di taman, pergi hangout ke cafe, atau pergi ke toko buku.

Dengan mengekspos diri ke dunia luar, memungkinkanmu untuk bertemu dengan laki-laki yang tertarik padamu.

3. Jadilah dirimu sendiri

Freepik.com/lookstudio

Yup, menjadi diri sendiri adalah kunci terbaik untuk menemukan teman kencan yang tepat. Kamu nggak perlu memaksa diri untuk mengubah kepribadian menjadi sosok yang lebih supel, kok. Saat kamu berkenalan dengan seseorang, kamu bisa sampaikan bahwa kamu memang orang yang pemalu.

Menjadi autentik saat masa penjajakan amat penting, karena dengan bersikap jujur dan merangkul kerpibadianmu itu, kamu akan bertemu dengan sosok yang bisa menerimamu apa adanya.

4. Jangan merasa cukup dengan laki-laki di bawah standarmu

Freepik.com/prostooleh

Sebelum bertemu dengan laki-laki yang tepat untukmu, kamu perlu tahu laki-laki seperti apa yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu mudah memberi akses setiap laki-laki yang mendekat karena kamu merasa takut nggak bertemu dengan laki-laki yang sesuai dengan kriteriamu.

Pasang standar yang kamu harapkan dan jangan menurunkan standar karena kamu beranggapan bahwa perempuan pemalu cukup kesulitan untuk bertemu dengan laki-laki yang tepat.

Yakini bahwa kepribadianmu itu adalah hal yang menarik dan kamu bisa bertemu dengan laki-laki yang mampu memenuhi kriteriamu.

5. Saat bertemu, gunakanlah bahasa tubuh yang baik

Freepik.com/Prostooleh

Saat kamu bertemu dengan teman kencanmu, jangan lupa untuk menggunakan bahasa tubuh yang baik. Ini bisa berupa memperbaiki postur tubuh atau memberikan senyuman padanya. Hal ini akan membantumu mengatasi rasa malu dan memperlihatkan dia bahwa kamu antusias untuk berkencan dengannya.

Hindari menggunakan bahasa tubuh yang kurang baik dan secara berlebihan, seperti menyilangkan kedua tangan di depan dada, mengangguk terlalu sering, atau bicara terlalu cepat. Bahasa tubuh ini hanya akan memberikan dia sinyal bahwa kamu merasa nggak nyaman dengan acara kencan tersebut.

6. Buka obrolan ringan

Pexels/Khoa Võ

Berbasa-basi mungkin jadi hal yang menyulitkan buat perempuan pemalu. Tapi, kamu tahu nggak, Bela, bahwa berbasa-basi itu akan membangun kepercayaan dirimu dan membantumu dalam keterampilan berkomunikasi.

Nggak ada salahnya, lho, mencoba untuk bertanya hal-hal ringan kepada teman kencanmu. Bisa dengan bertanya seputar hobi, hal yang ia sukai dan nggak sukai, hingga makanan favoritnya.

Memberikan pertanyaan ringan semacam ini akan membantumu mengenal teman kencanmu secara bertahap dan memberikan waktumu untuk merasa nyaman dalam masa penjajakan.

7. Beri dia pertanyaan yang mendalam

Freepik.com

Tips ini bisa kamu lakukan saat kamu dan teman kencanmu sudah meresmikan hubungan kalian. Tanyakan beberapa pertanyaan mendalam padanya. Misalnya, pandangan dia seputar pernikahan, jika kamu memiliki niat untuk segera menikah, bagaimana cara dia mengatur keuangannya, hingga bagaimana cara dia bersikap ketika mengatasi konflik.

Ini akan membantumu mengenalnya lebih jauh dan mengetahui letak perbedaan pemikiran maupun keyakinan masing-masing. Ingatlah untuk berani terbuka dan jujur saat melakukan percakapan mendalam ini ya, Bela.

Itulah 7 tips kencan untuk perempuan pemalu. Semoga bermanfaat untukmu, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating