Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tanda Laki-Laki yang Takut Berkomitmen

Salah satunya kerap nge-ghosting!

Astri Amalia

Nggak salah jika kita menganggap bahwa momen PDKT adalah momen terbaik dalam hubungan romantis. Apalagi jika gebetan mulai menunjukkan sinyal positif tentang hubungannya denganmu, ini mengartikan bahwa nggak lama lagi kamu akan resmi berkencan dengannya.

Namun, momen ini bisa seketika berubah jadi kelabu jika kamu didekati oleh laki-laki yang takut berkomitmen.

Yup, laki-laki yang takut akan komitmen biasanya akan tiba-tiba meninggalkanmu ketika masa penjajakan terasa makin serius. Sedih, ya?

Untuk itulah, biar kamu nggak sakit hati di kemudian hari, simak 9 tanda laki-laki yang takut berkomitmen berikut ini. Keep scrolling!

1. Nggak mau mengakui bahwa dia takut akan komitmen

Freepik.com/Freepik

Faktanya, laki-laki yang benar-benar takut dengan komitmen emosional nggak akan menunjukkannya kepada orang lain, karena dia tahu bahwa itu kelemahannya.

Namun, kamu bisa melihat ketidaksiapannya terhadap komitmen dari sikapnya yang terlihat bingung saat kamu menginginkan hubungan yang eksklusif.

Dia juga kerap kali menghindari pembicaraan tentang komitmen bersamamu.

2. Nggak bisa menjelaskan perilakunya padamu

Pexels.com/Vera Arsic

Ada perbedaan yang jelas antara laki-laki yang benar-benar takut akan komitmen dengan laki-laki yang hanya berpura-pura.

Laki-laki yang takut akan komitmen akan menyakitimu pada satu titik. Salah satu yang paling jelas ialah bagaimana ia melakukan ghsoting saat hubungan sudah semakin dekat. Namun, dia nggak akan menjelaskan perilakunya itu padamu, sebab dia pun nggak tahu mengapa dia melakukan itu padamu.

Sedangkan, laki-laki yang berpura-pura takut akan komitmen mampu menjelaskan perilakunya. Dia akan kembali dan menjelaskan alasan mengapa dia melakukan ghosting padamu atau hal lainnya yang menyakitimu.

3. Memiliki trauma di masa lalu

Pexels.com/Mart Production

Meski terdengar 'berat' namun laki-laki yang takut akan komitmen memang pernah mengalami trauma di masa lalu. Trauma ini bisa berupa pengkhianatan atau perselingkuhan yang dilakukan pasangannya di masa lalu.

Namun, tentu saja bahwa nggak semua laki-laki yang memiliki trauma di masa lalu akan kesulitan untuk berkomitmen dengan pasangannya.

4. Nggak semua laki-laki yang takut akan komitmen akan menghindari keterikatan emosional dengan pasangannya

Freepik.com/Bristekjegor

Yang perlu kamu pahami, beberapa laki-laki memiliki derajat ketakutan yang berbeda tentang komitmen. Beberapa laki-laki ingin memiliki hubungan yang baik dengan seorang perempuan, tetapi tidak setuju dengan struktur hubungan dan dampak atas adanya hubungan tersebut.

Sedangkan tipe laki-laki yang takut akan komitmen lainnya benar-benar menghindari segala bentuk keterikatan emosional, dan segala sesuatu yang menyertainya. Pokoknya, dia hanya ingin menjauh suatu hubungan dengan cara apa pun!

5. Nggak bisa melihat sisi positif dari sebuah hubungan

Pexels.com/Rodnae Productions

Sebenarnya, laki-laki yang takut akan komitmen juga menginginkan hubungan romansa yang baik dengan seorang perempuan, sama seperti laki-laki yang lainnya. Namun pada kenyataannya, ketika hubungan sudah semakin serius, dia nggak bisa melihat sisi positif dari sebuah hubungan romantis.

Dia hanya akan fokus pada sisi negatifnya, sehingga di titik ini, dia memilih untuk segera menjauh darimu.

6. Takut menjadi rentan

pexels.com/cottonbro studio

Laki-laki yang takut akan komitmen takut untuk menjadi rentan di depan pasangannya. Sebab, menjadi rentan berarti menciptakan keterikatan emosional yang mendalam, yang mana merupakan hal yang paling dia hindari.

Ketakutan akan kerentanan ini juga bisa diwujudkan dengan perilakunya yang gemar 'menarik-ulur' atau 'panas-dingin'. Dia juga kerap menunjukkan sinyal yang beragam yang membuatmu bingung, apakah dia memang tertarik padamu, atau tidak.

7. Akan menganggapmu meminta terlalu banyak perhatian darinya

pexels.com/timur-weber

Laki-laki yang takut akan komitmen biasanya akan menyalahkanmu karena dia menganggapmu meminta terlalu banyak perhatian darinya, meskipun sebenarnya kamu meminta perhatian dengan batasan yang wajar. Ini bisa ditunjukkan dengan mengolok-olokmu saat kamu mencoba mendekatinya.

Hal ini bukan hanya menunjukkan bahwa dia takut akan komitmen saja, tapi juga menunjukkan bahwa dia nggak tersedia secara emosional.

8. Belum pernah berada di hubungan jangka panjang sebelumnya

freepik.com

Kamu akan tahu jika seorang laki-laki takut akan komitmen dari masa lalunya. Biasanya, mereka nggak pernah berada di hubungan jangka panjang sebelumnya. Bahkan, beberapa bulan termasuk rekor terlama mereka di dalam hubungan romantis.

Namun di sisi lain, ini juga bisa menunjukkan bahwa dia adalah sosok laki-laki playboy.

9. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-temannya dibandingkan denganmu

Pexels/ Keira Burton

Tanda terakhir ialah dia lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-temannya, ketimbang bersamamu. Ini menandakan bahwa dia nggak mau terjebak dalam sebuah hubungan dan masih menginginkan kebebasan.

Jadi itu tadi 9 tanda laki-laki yang takut akan komitmen. Apabila kamu menemukan tandanya pada laki-laki yang sedang mendekatimu, harap waspada untuk nggak jatuh terlalu dalam padanya ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating