Tinggal di kawasan Jakarta dan ingin menikmati liburan singkat dengan nuansa alam, Bela? Bogor bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, kota dengan sebutan Kota Hujan ini memiliki potensi alam yang luar biasa dan beberapa di antaranya sudah dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Puncak, Taman Safari Bogor, Kebun Raya Bogor dan deretan curug atau air terjun alami menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa kita pilih untuk melepas penat sesaat. Berbicara soal curug, ada satu lokasi curug yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan nanti. Yakni Curug Pangeran.

Air terjun setinggi enam meter ini airnya sangat jernih. Akses jalannya pun relatif mudah. Jika kamu ingin berkunjung ke sini, simak dulu informasi lengkap destinasi wisata curug pangeran beserta lokasi, rute, harga tiket dan tipsnya berikut ini.

Lokasi, jam operasional dan harga tiket

Info Wisata Curug Pangeran, Simak Harga Tiket, Rute & Tipsnya di SiniInstagram.com/curugpangerann

Sebelum pergi mengunjungi Curug Pangeran, salah satu informasi penting yang wajib kamu ketahui adalah lokasi, jam operasional, serta harga tiketnya. Dengan mengetahui informasi ini, kamu akan dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan di perjalanan.

Lokasi: Desa Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. 

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB. 

Harga tiket: Rp10 ribu per orang. 

Rute menuju Curug Pangeran

Info Wisata Curug Pangeran, Simak Harga Tiket, Rute & Tipsnya di SiniInstagram.com/pipitsafitri08

Informasi selanjutnya yang wajib kamu ketahui untuk sampai ke Curug Pangeran adalah rute menuju lokasi tersebut. Karena sulitnya akses transportasi umum, maka disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Curug Pangeran.

Jika berangkat dari Jakarta dengan mobil pribadi, kamu harus melewati tol Jagorawi. Kemudian keluar di gerbang tol Lingkar Luar Bogor. 

Setelah itu, kamu harus melewati flyover panjang hingga bertemu lampu merah. Dari lampu merah tersebut, belok kiri menuju Taman Yasmin, kemudian ikuti jalan lurus hingga melewati Terminal Bubulak. 

Dari terminal tersebut, arahkan kendaraan ke kanan. Ambil jalan ke arah kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah melewati IPB, ikuti jalan lurus hingga bertemu pertigaan Cibatok. Pilih jalur kiri hingga bertemu jalan menanjak. Ikuti jalan tersebut sekitar 15 kilometer, hingga sampai di lokasi Curug Pangeran. 

Karena perjalanan yang cukup panjang, disarankan untuk tidak sendirian menuju lokasi Curug Pangeran. Alasannya, agar kamu bisa bergantian mengendarai kendaraan pribadi karena durasi perjalanannya yang tidak sebentar.

Daya tarik Curug Pangeran

Info Wisata Curug Pangeran, Simak Harga Tiket, Rute & Tipsnya di SiniInstagram.com/curugpangerann

Mungkin salah satu dari kamu akan bertanya, apa, sih, kelebihan dan daya tarik Curug Pangeran dibandingkan dengan curug lainnya yang terdapat di Kota Bogor?

Jawabannya adalah kejernihan air dari Curug Pangeran yang berhasil memikat wisatawan untuk datang ke sana. Curug Pangeran memiliki warna air yang kebiruan. Warna ini semakin terlihat jelas apabila terkena pantulan cahaya matahari. Karena kejernihan airnya inilah, kamu dapat melihat dasar kolan yang dipenuhi bebatuan secara jelas.

Selain itu, kelebihan lain dari Curug Pangeran adalah arus airnya yang tenang, banyaknya pepohonan rindang, serta tanaman pakis yang membuat pemandangan di sekitarnya menjadi sangat cantik.

Rindang dan indahnya pepohonan ini membuat kita merasa semakin nyaman saat melakukan trekking menuju lokasi curug. Rimbunan pohon di sepanjang jalan menuju curug membuat kita lupa dengan rasa lelah saat berjalan ke sana.

Deretan aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Pangeran

Info Wisata Curug Pangeran, Simak Harga Tiket, Rute & Tipsnya di SiniInstagram.com/rikipangeran10_

Selain bermain air tentunya, masih banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan di Curug Pangeran. Mulai dari trekking dengan medan jalan yang relatif mudah, hingga berfoto di lokasi curug.

Selain trekking, kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan di sini adalah menikmati keindahan air terjun yang jernih. Popbela jamin, kamu tak betah berlama-lama hanya berdiam diri karena pasti kamu ingin segera bermain air, berenang dan berendam di air sejuk itu.

Jika ingin memacu adrenalin, kamu bisa melompat dari atas tebing yang tidak terlalu tinggi. Kamu bisa melompat langsung ke air tanpa harus takut terkena bebatuan di bawahnya karena cukup dalam untuk melakukan lompatan. Kamu akan langsung merasa sangat segar begitu tubuhmu menyentuh air di bawah curug.

Supaya lebih puas liburannya, kamu bisa menginap di area Curug Pangeran yang sudah memiliki fasilitas camping ground yang lengkap. Selain itu, ada pula warung makan, area parkir yang luas, toilet, hingga musala yang membuat liburanmu semakin nyaman.

Terakhir, jangan lupa untuk mengabadikan momen selama di curug. Ambil banyak foto di sini karena setiap spot-nya memiliki pemandangan yang indah. Pastikan untuk membawa tas anti-air agar ponsel atau kameramu tetap aman meski terkena cipratan air.

Tips berkunjung ke Curug Pangeran

Info Wisata Curug Pangeran, Simak Harga Tiket, Rute & Tipsnya di SiniInstagram.com/andikarzp

Supaya liburanmu semakin berkesan, tidak mengalami masalah apapun dan berjalan lancar, alangkah baiknya untuk tetap berhati-hati. Jangan lupa perhatikan beberapa tips berikut agar liburanmu tidak terganggu, ya.

  • Disarankan datang saat cuaca cerah. 
  • Dilarang melewati pembatas jika nggak bisa berenang. 
  • Naik segera jika hujan atau petir.
  • Membuang sampah pada tempatnya. 
  • Dilarang merusak tanaman di sekitar Curug Pangeran. 
  • Dilarang membawa pulang air dari Curug Pangeran. 
  • Hindari berkemah saat malam Jumat. 
  • Gunakan pakaian yang sopan. 
  • Membawa uang tunai. 
  • Membawa pakaian ganti. 
  • Disarankan naik kendaraan pribadi supaya lebih mudah. 
  • Selalu taati protokol kesehatan selama liburan di Curug Pangeran.

Itu tadi informasi lengkap mengenai Curug Pangeran. Mulai dari harga tiket, lokasi, hingga tipsnya. Ingin berkunjung ke sini, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Info Wisata Curug Pangeran  Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips" ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra

Baca Juga: Selain Leuwi Hejo, 5 Curug Ini Juga Tak Kalah Indah dan Menyegarkan 

Baca Juga: Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!

Baca Juga: Deretan Curug di Bogor yang Belum Diketahui Banyak Orang