Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fenomena Midnight Sun, Saat Matahari Bersinar 24 Jam di Norwegia Utara

8 foto ini bukti kecantikan kota Tromsø saat midnight sun

Ayu Utami

Fenomena midnight sun adalah kejadian ketika matahari tidak terbenam selama periode waktu tertentu. Di Lingkaran Arktik hanyak sekitar waktu Summer Solstice, sementara itu di Kutub Utara matahari tidak terbenam selama enam bulan penuh, lho, Bela.

Mengutip dari lifeinnorway.net, di antara lokasi-lokasi ini, ada berbagai tingkatan waktu. Orang-orang di Tromsø, kota terbesar di Norwegia Utara, mengalami fenomena tersebut selama sekitar dua bulan setiap tahun.

Salah satu yang telah menceritakan dan mengabadikan momen yang tahun ini berlangsung dari 20 Mei hingga 20 Juli tersebut adalah Ruswandi Y. Karlsen. Melalui akun Twitternya, ia berbagi foto-foto cantik kota Tromsø di tengah malam saat midnight sun berlangsung.

Langsung tengok saja, yuk!

1. Apa yang terjadi di Norwegia Utara adalah posisi bumi yang sebenarnya ketika berputar, sedikit miring sekitar 23,5 derajat. Sehingga, matahari tidak terbenam di wilayah lingkaran Kutub Utara selama titik balik matahari musim panas dan di Kutub Utara, matahari tidak terbenam selama periode enam bulan penuh.

Dok. Ruswandi Y. Karlsen

2. Jangan heran Bela, karena kemiringan sumbu ini juga bertanggung jawab untuk berbagai pergantian musim di bumi ini.

Dok. Ruswandi Y. Karlsen

3. Ruswandi menceritakan kepada Popbela, bahwa di kota Tromsø tempat ia berdomisili, ada acara khusus bernama “Midnight Sun Marathon” yang diselenggarakan setiap bulan Juni (tahun ini batal karena pandemi). Konon ini adalah acara marathon profesional paling utara di bumi.

Dok. Ruswandi Y. Karlsen

4. Menurut lelaki yang berprofesi sebagai pengajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di salah satu Taman Kanak-Kanak Pemerintah ini, hanya toko-toko kebutuhan pokok yang buka di hari Minggu. Mal dan toko lain tutup.

Dok. Ruswandi Y. Karlsen

5. “Umumnya rumah di sini pakai black curtain dan sleep mask (saat midnight sun berlangsung),” ungkap Ruswandi, mengenai kebiasaan warga Norwegia Utara ketika sedang ada fenomena unik ini kepada Popbela. “Btw, penduduk sudah biasa dengan fenomena ini, jadi kami nggak bekerja based on ‘gelap’ atau ‘terang’, tapi hanya melihat waktu di jam saja,” jelas lelaki yang sudah tinggal di Tromsø sejak 2012 tersebut.

Dok. Ruswandi Y. Karlsen

6. Jadi, selain fenomena aurora borealis yang terkenal itu, fenomena ini juga jadi incaran para wisatawan, lho!

Dok. Ruswandi Y. Karlsen

7. “Sebelum pandemi, bar dan night club tetap buka sampai sekitar jam 2. Kalau sekarang hanya sampai jam 00 (khusus night club masih belum buka),” tambahnya kepada Popbela.

Dok. Ruswandi Y. Karlsen

Canti sekali ya, Bela. Bagaimana? Sudah memasukkan Norwegia Utara di travel bucket list kamu?

IDN Media Channels

Latest from Travel