Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pantai Menganti Kebumen: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Destinasi yang indah dan terjangkau

Nafi' Khoiriyah

Kalau sedang berada di Kebumen, maka destinasi alam yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Menganti. Objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah dengan laut, pasir putih, dan pegunungan. 

Di Pantai Menganti pula, pengunjung bisa melihat sunrise maupun sunset dengan spot yang disediakan. Lokasinya termasuk di jajaran pantai selatan yang punya laut jernih dan ombak yang indah.

Kalau kamu berencana untuk berkunjung ke sini, simak dulu informasi berikut ini, yuk!

1. Lokasi Pantai Menganti

instagram.com/yuhasa05

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kawasan tersebut terdiri dari pasir pantai dan perbukitan gamping yang menambah pesona pantai ini. 

Nama Menganti sendiri merupakan nama sebuah dukuh di Desa Karangduwur. Sebelumnya, lokasi wisata ini hanya dimanfaatkan sebagai tempat pelelangan ikan saja. Namun sejak 2011, Pantai Menganti menjadi objek wisata sekaligus tempat untuk berselancar. 

2. Rute menuju Pantai Menganti

instagram.com/iamhirman_

Untuk sampai di Pantai Menganti, kamu bisa memulai perjalanan dari Purwokerto. Ikuti jalur menuju Pantai Ayah atau Logending, lalu ambil jalur ke kiri sebelum sampai tajakan. Dari jalur tersebut, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 4 km dengan total waktu tempuh sekitar 30 menit. 

Sementara jika datang dari pusat kota Kebumen, jarak yang perlu kamu tempuh kurang lebih 42 km. Mulailah perjalanan menuju Puring, lalu ambil arah ke kanan menuju Pantai Suwuk. Setelah itu, ikuti jalan sampai di Pantai Menganti dengan medan yang cukup sulit. 

3. Harga tiket masuk ke Pantai Menganti

instagram.com/mengantikebumen

Meskipun waktu tempuh menuju Pantai Menganti cukup lama, tetapi harga tiket masuknya masih sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp10.000 saja.

Selain itu, biaya parkir jika kamu membawa kendaraan motor adalah Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil. 

4. Jam buka Pantai Menganti

instagram.com/jagatlelembut

Jam buka Pantai Menganti sendiri sebenarnya 24 jam karena terdapat area camping dan penginapan. Namun, kamu bisa datang pada pagi atau sore hari saat sunrise maupun sunset untuk mendapatkan pemandangan terbaik. 

5. Fasilitas di Pantai Menganti

instagram.com/mengantikebumen

Bukan hanya bisa menikmati pemandangan pantai saja, kamu bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia di pantai Menganti berikut ini. 

  1. Penginapan 
    Jangan khawatir untuk kamu yang datang jauh jauh dari Kebumen, sebab di pantai ini disediakan penginapan berupa homestay atau villa untuk menginap. Bahkan, pengunjung bisa camping sambil menikmati pemandangan malam di Pantai Menganti. 
  2. Warung makan
    Fasilitas lainnya yang tak kalah penting adalah warung makan. Kamu dapat dengan mudah menemukan kedai makanan untuk mengatasi lapar setelah beraktivitas di sini. 
  3. Toilet
    Setelah puas bermain ke pantai, pengunjung bisa membersihkan diri di toilet dan kamar mandi yang tersedia. Jumlahnya pun cukup memadai untuk pengunjung yang banyak.  
  4. Musala 
    Kemudian, musala untuk pengunjung muslim juga tersedia lengkap dengan perlengkapan salatnya. 
  5. Tempat parkir
    Jika kamu membawa kendaraan beroda dua maupun roda empat, tempat parkir sudah tersedia. Jadi, kamu tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan di sekitar pantai.  

Demikian informasi tentang objek wisata Pantai Menganti yang bisa jadi destinasi tujuan saat berada di Kebumen. Tertarik untuk berkunjung ke sini, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel