Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Intip Keindahan Natuna yang Sempat Diperebutkan Indonesia & Tiongkok

Menyimpan banyak potensi alam hingga wisata

Nabila Damaan

Sebuah unggah di media sosial yang memperlihatkan keindahan alam pulau Natuna kembali menjadi perbincangan. Beredar narasi bahwa daerah di tapal batas di Utara Indonesia ini sempat menjadi daerah perebutan antara Indonesia dan Tiongkok.

Konflik tersebut diawali dengan masuknya sejumlah nelayan asal Tiongkok hingga Cost Guard China ke perairan Natuna di Kepulauan Riau, Indonesia. Negara Tiongkok mengklaim bahwa perairan Natuna adalah bagian dari negaranya jika merujuk pada sembilan garis batas transparan (nine dash line).

Padahal rujukan tersebut bertentangan dengan hukum internasional yang berlaku. Perairan Natuna masih masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia menurut Konvensi United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982.

Terlepas dari keterangan tersebut, ternyata Natuna menjadi sebuah daerah yang memiliki begitu banyak potensi yang patut masyarakat Indonesia jaga. Lantas seperti apa sih potret keindahan Natuna dan potensi yang ada?

1. Natuna sendiri adalah nama sebuah pulau yang ada di Kepulauan Riau. Memiliki luas mencapai 264.198 km² yang didominasi oleh perairan, Natuna menyimpan banyak ‘harta karun’ di dalamnya.

disparbud.natunakab.go.id

2. Selain sebagai pintu masuk jalur perdagangan dan jalur migrasi ikan ke perairan Indonesia, Laut Natuna Utara letaknya strategis karena menyimpan cadangan energi fosil yang besar.

instagram.com/instanusantarakepri

3. Natuna merupakan salah satu jalur perdagangan yang strategis. Bagaimana tidak, jalur ini menjadi rute utama bagi sepertiga pelayaran di dunia dengan 1.000 unit kapal per hari yang melintasi perairan Natuna.

instagram.com/hermandhes

4. Perairan Natuna yang luasnya mencapai 262.197 km² ini dihuni oleh berbagai jenis hewan laut mulai dari ikan pelagis, ikan karang konsumsi, udang, cumi-cumi, lobster, dan kepiting.

instagram.com/imran.gisane

5. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, pada tahun 2017 potensi sumber daya ikan di sekitar Laut Natuna dan Laut Natuna Utara, yakni sebesar 767.126 ton.

instagram.com/invest_sea

6. Bukan hanya hasil laut saja, Laut Natuna juga menyimpan sumber daya minyak dan gas dalam jumlah besar. Total produksi minyak dari blok-blok yang berada di Natuna adalah 25.447 barel per hari.

ghanihendrika.blogspot.com

7. Selain memiliki potensi hasil laut, dan energi, Natuna juga memiliki lanskap alam yang nggak kalah memukau, lho. Natuna ditetapkan sebagai Kawasan Geopark Nasional pada 29 November 2018.

sportourism.id

8. Melansir Info Jambi, Kepulauan Natuna memiliki 119 objek daerah tujuan wisata dengan 75% merupakan wisata bahari.

instagram.com/hermandhes

9. Ada banyak tempat wisata bahari yang bisa kamu datangi, seperti Batu Madu, Pantai Cemaga, Tanjung Datuk, Tanjung Senubing, hingga Taman Batu Alif.

utiket.com

10. Selain wisata bahari, kamu juga bisa berkunjung ke Masjid Raya Natuna yang dikenal sebagai Taj Mahalnya Indonesia.

instagram.com/mrsalasanto

Itulah sekilas tentang Natuna beserta potensi-potensi yang dimilikinya. Tertarik berwisata di Natuna?

IDN Media Channels

Latest from Travel