Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Makanan Lebaran Khas Bugis yang Nikmat dan Autentik

Bisa jadi pengganti opor ayam

Nabila Damaan

Lebaran, momen penuh suka cita yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia, tidak hanya menjadi perayaan keagamaan tetapi juga momen yang mempersatukan keluarga dan teman-teman dalam kebersamaan dan kegembiraan.

Di Indonesia, perayaan Lebaran tidak hanya identik dengan tradisi saling maaf-memaafkan, tetapi juga dengan kelezatan kuliner yang khas dan beragam dari setiap daerah.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya adalah Bugis, sebuah etnis di Sulawesi Selatan yang memiliki warisan kuliner yang memikat.

Saat Lebaran tiba, makanan khas Bugis menjadi primadona di meja makan, menambah kesan istimewa dalam suasana perayaan. Berikut adalah beberapa makanan Lebaran khas Bugis yang tidak boleh dilewatkan.

1. Coto Makasar: perpaduan kuah gurih dengan daging atau jeroan sapi yang empuk membuat Coto Makassar selalu dinanti-nantikan saat Lebaran tiba.

instagram.com/bisabikin

Makanan Lebaran khas Bugis yang pertama dan paling terkenal adalah Coto Makasar. Perpaduan kuah gurih dengan daging atau jeroan sapi yang empuk membuat Coto Makassar selalu dinanti-nantikan saat Lebaran tiba.

2. Pallu Konro: mirip dengan Rawon yang menggunakan kluwek, Pallu Konro disajikan dengan iga sapi lezat dan rasanya identik lebih pedas karena kandungan rempah-rempahnya.

instagram.com/resepmakanandankue3

Makanan Lebaran khas Bugis ini mirip dengan rawon yang menggunakan kluwek. Pallu Konro disajikan dengan iga sapi lezat dan rasanya identik lebih pedas karena kandungan rempah-rempahnya.

3. Pallu Basa

instagram.com/eatariesstar

Hampir mirip dengan Coto Makasar hanya saja penyajian Palu Bassa cukup berbeda, yakni dengan menambahkan kuning telur mentah ke dalam kuah hangat Pallu Basa.

4. Sop Saudara

instagram.com/semarangfood

Makanan Lebaran khas Bugis satu ini memiliki kuah lebih light daripada Coto Makasar. Biasanya disajikan dengan bihun, perkedel, telur rebus, serta Perasan jeruk nipis.

5. Jalangkote: mirip dengan pastel, hanya saja jalangkote memiliki kulit lebih tipis dan disantap menggunakan saus camouran cuka dan cabai. Isiannya terdiri dari wortel, kentang, tauge dan laksa.

nstagram.com/omajadoe

Mirip dengan pastel, jalangkote memiliki kulit lebih tipis dan disantap menggunakan saus camouran cuka dan cabai. Isiannya terdiri dari wortel, kentang, tauge dan laksa.

6. Buras

instagram.com/kadek_endria

bisa dibilang buras adalah lontongnya orang Makasar. Berbeda dengan lontong, buras berbentuk lebih pipih dengan rasa yang lebih gurih karena berpadu dengan santan.

7. Sokko Tumbu

instagram.com/nia.fooddiary

Makanan Lebaran khas Bugis berikutnya adalah yang berasal dari Tanah Tumbu. Sokko tumbu selalu menjadi primadona saat Lebaran tiba. Terbuat dari ketan dan santan yang ditumbuk, sokko tumbu biasa disajikan bersama gula aren, santan dan telur.

8. Lappa Lappa Jagung

jadesta.kemenparekraf.go.id

Makanan ini berbahan dasar jagung yang dicampur dengan parutan kelapa serta dibungkus dengan daun kelapa. Selain jangung, beberapa daerah lappa-lappa juga bisa menggunakan beras ketan.

9. Ayam Nasu Likku

salamisimon1.blogspot.com

Ayam Nasu Likku merupakan makanan khas Bugis yang disajikan saat Lebaran yang memiliki aroma rempah kaya dan rasanya dapat dinikmati berbagai kalangan.

10. Nasu Pelekko Bebek

endeus.tv

Sajian yang juga menjadi primadona saat Lebaran adalah nasu palekko bebek. Makanan Lebaran khas Bugis satu ini terbuat dari daging bebek atau itik yang dimasak menggunakan kuali tanah liat, sehingga menciptakan rasa autentik.

Itulah ke-10 makanan Lebaran khas Bugis yang bisa jadi menu variasi di meja makanmu. Mana makanan khas Bugis yang paling kamu suka?

IDN Media Channels

Latest from Food