Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rahasia Menyimpan Sayur Selada Agar Tetap Segar dan Renyah

Buat salad jadi semakin nikmat

Cynthia Claudia

Salah satu kunci membuat sepiring salad sayur yang enak adalah memakai sayur selada yang segar dan renyah. Untuk menjaga kesegaran dan kerenyahan selada, sebenarnya udara di sekitarnya harus dijaga kelembapannya. Sayuran ketika disimpan pada dasarnya membutuhkan aliran udara yang cukup agar tetap renyah. 

Maka dari itu, selada sebaiknya disimpan di sebuah container berlubang yang memungkinkan sirkulasi udara ketika berada di dalam lemari es. Melansir The Spruce Eats, berikut ini adalah rahasia menyimpan sayur selada agar tetap segar dan renyah.

Jaga agar sayurnya tetap lembap, namun tidak basah

thspruceeats.com

Selada akan tetap segar jika daunnya sedikit lembap, karena sayuran yang kering cenderung cepat layu dan menjadi kasar. 

Setelah kamu mencuci sayuran, sebaiknya keringkan dengan menggunakan tisu atau lap bersih, namun jangan dikeringkan sepenuhnya. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyimpan selada, jika sayur seladanya sudah mulai layu.

1. Cuci seladanya di sebuah wadah berisi air dingin

thspruceeats.com

Pangkas ujung batang dan pisahkan daun seladanya. Rendam sayurnya dalam sebuah mangkuk yang berisi air dingin. Cuci sayurnya perlahan-lahan dengan air dingin, keluarkan airnya.

Ulangi langkah ini untuk mencuci sayur selada yang benar-benar kotor.

2. Keringkan seladanya

thspruceeats.com

Kamu bisa mengeringkan sayur selada dengan sebuah alat yang bernama salad spinner. Potong menjadi dua bagian (atau lebih kecil) agar seladanya cepat kering.

Pastika daunnya masih sedikit lembap ketika sayuran ini dikeringkan menggunakan salad spinner.

3. Pindah sayurnya ke wadah lain

thspruceeats.com

Pindahkan sayurannya ke wadah lain dengan penutup yang berlubang.Ini memastikan bahwa ada aliran udara yang masuk, sehingga sayurannya tidak kering ketika disimpan di dalam lemari res

4. Simpan di dalam lemari es

thspruceeats.com

Simpan sayuran beserta wadahnya di dalam lemari es selama 30 menit. Keluarkan dari lemari es setelah 30 menit berlalu, sayurnya akan tetap renyah dan siap digunakan dalam kurun waktu 3- 5 hari.

Itulah rahasia menyimpan sayur selada agar tetap segar dan renyah, Bela. Sayuran selada yang direndam di air dingin akan membantu merehidrasi sayurnya dan mengembalikan kerenyahannya.

IDN Media Channels

Latest from Food