Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Telaga Warna Puncak: Lokasi, Daya Tarik, dan Fasilitasnya

Pemandangannya memukau

Nafi' Khoiriyah

Puncak Bogor memang selalu menawarkan pesona alam yang memukau, salah satunya adalah Telaga Warna Puncak. Telaga ini terkenal dengan warna airnya yang bisa berubah-ubah tergantung pada cuaca.

Selain itu, ada berbagai hal menarik lainnya yang membuat destinasi satu ini menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung, simak dulu informasi mengenai Telaga Warna Puncak di bawah ini. 

1. Lokasi Telaga Warna Puncak

google.com/maps/Telaga Warna Resort & Resto

Telaga Warna Puncak merupakan objek wisata yang berada di Jalan Raya Puncak - Cianjur, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 18.00-17.00 WIB. Adapun tiket masuknya dibanderol mulai dari harga Rp15 ribu - Rp25 ribu. 

2. Daya tarik Telaga Warna Puncak

google.com/maps/cep budhi darma

Lokasinya yang berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur membuat pesonanya begitu memukau. Sebab, keberadaan danau ini diapit oleh bukit berketinggian 1.400 mdpl.

Beberapa daya tarik dari Telaga Warna Puncak antara lain: 

  1. Keindahan telaga yang warna-warni 
    Seperti namanya Telaga Warna, destinasi ini memang memiliki warna air yang berubah-ubah. Pada saat-saat tertentu, warna airnya bisa menjadi kuning gelap, cokelat, maupun hijau. Warna tersebut bisa berubah karena algae danau yang ada di dalamnya. Selain itu, ada pula yang berpendapat kalau warnanya berubah karena pantulan sinar matahari dan objek lain sekitarnya. 
  2. Melihat fauna liar
    Selain melihat wisata danau, kamu juga bisa melihat fauna liar yang jarang ditemukan di tempat lainnya. Hewan-hewan seperti kera tersebut tidak akan menggangu manusia asal tidak diganggu. 
  3. Mencoba aneka wahana permainan 
    Telaga warna ini juga menjadi pilihan rekreasi keluarga karena ada berbagai wahana permainan untuk dicoba. Permainan tersebut antaranya adalah flying fox yang bisa membawa pengunjung meluncur dari atas danau. 

3. Fasilitas Telaga Warna Puncak

google.com/maps/Reisara Maulida

Fasilitas di Telaga Warna Puncak pun cukup memadai. Fasilitas itu antara lain adalah parkir, musala, dan toilet. Ada pula rumah makan, menara pandang, shelter, dan walking track untuk para pengunjung. Di sekitar Telaga Warna Puncak juga banyak penginapan yag bisa disinggahi. 

4. Fakta menarik Telaga Warna Puncak

google.com/maps/Budi Syahbuddin

Menurut legenda rakyat Jawa Barat, Telaga Warna Puncak ini muncul karena seorang putri dari kerajaan Kutatanggeuhan yang bernama Putri Gilang Rukmini. Ia yang kasar menolak hadiah yang membuat sang ratu sedih. 

Semua orang pun ikut meneteskan air mata sampai istana pun basah oleh air mata. Air mata itu bisa membanjiri istana sampai dalam tanah keluar air yang deras. Makin lama, air tersebut makin banyak sehingga kerajaan Kutatanggeuhan tenggelam. 

Demikian informasi mengenai Telaga Warna Puncak, mulai dari lokasi sampai fasilitas yang tersedia. Semoga informasi di atas menjawab pertanyaanmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel