Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Perhiasan Termahal di Dunia, Harganya Triliunan Rupiah

Ada yang 3 triliun

Nafi' Khoiriyah

Perhiasan memang sudah tergolong barang yang berharga. Namun, tahukah kamu kalau ada perhiasan yang harganya mencapai triliunan rupiah? 

Ya, perhiasan termahal itu bisa mencapai triliunan rupiah karena barangnya yang langka dan sejarahnya yang panjang. Tampilannya pun sangat memesona dengan kebanyakan berwarna biru dan pink

Di bawah ini adalah deretan perhiasan termahal di dunia yang harganya capai triliunan rupiah. 

1. The Hope Diamond - Rp3,9 triliun

telegraph.co.uk

The Hope Diamond adalah perhiasan berupa permata yang termahal dan paling terkenal. Permata ini adalah 45,52 karat blue stone yang tampilannya sangat magis. Harga perhiasan termahal ini mencapai Rp3,9 triliun. 

Warna biru yang ada pada perhiasan ini ternyata disebabkan oleh sejumlah atom boron. Diperkirakan, The Hope Diamond berasal dari tambang Gondolka di India Selatan.

Pada tahun 1666, perhiasan ini dibeli oleh pedagang permata Perancis Jean Baptiste Tavernier dan diberi nama Tavernier Blue. Namun tak lama kemudian, permata itu dipotong dan namanya diganti menjadi French Blue dan dijual kepada Raja Louis XIV.

Sempat dicuri keluarga kerajaan, kemudian permatanya dipotong lagi hingga sisanya diberi nama Hope. Terakhir, perhiasan mahal ini dimiliki oleh Harry Winston tahun 1949 dan kemudian disumbangkan ke Museum Sejarah Alam Smithsonian tahun 1958. 

2. Peacock Brooch - Rp1,5 triliun

thejewelleryeditor.com

Perhiasan termahal di dunia yang kedua bernilai Rp1,5 triliun. Bentuknya adalah sebuah bros yang berbentuk peacock seperti yang kamu lihat di atas. Tak sekomplek sejarah perhiasan termahal sebelumnya, Peacock Brooch pertama kali dirilis pada tahun 2013 di pameran seni TEFAF Belanda. 

Bentuknya yang menyerupai burung merak dengan bulu yang mengitarinya itu mengandung 120,81 karat dan lebih dari 1.300 batu berlian putih, kuning, biru, dan oranye. Sedangkan di tengahnya adalah berlian berbentuk pir warna biru tua yang sangat langka dengan total 20,02 karat. 

3. Pink Star - Rp1,1 triliun

townandcountrymag.com

Pink Star adalah berlian yang memiliki berat 59,6 karat. Nilainya memang cukup kecil dari awalnya yang berasal dari berlian kasar 132,5 karat. Namun, nilainya saat ini sudah mencapai Rp1,1 triliun. 

Mulanya, Pink Star ditambang oleh perusahaan De Beers pada tahun 1999 di Afrika Selatan. Setelah 20 bulan dipotong, perhiasan ini kemudian menjadi seperti bentuknya yang sekarang. 

Keelokan berlian Pink Star membuatnya menjadi berlian pink terbesar dan paling terkenal menurut The Gemology Institute of America. 

4. Oppenheimer Blue - Rp911 miliar

townandcountrymag.com

Seperti namanya, Oppenheimer Blue dinamakan setelah dimiliki oleh keluarga yang berbisnis berlian Philip Oppenheimer. Berat dari perhiasan ini mencapai 14,62 karat dengan nilainya yang mencapai Rp911 miliar. 

Hampir sama dengan Pink Star, Oppenheimer Blue juga dinobatkan sebagai Fancy Vivid blue diamond paling besar oleh Gemological Institute of America. Sejarah perhiasan ini masih cukup misterius, tetapi Oppenheimer Blue ditambang di suatu tempat di Afrika Selatan. 

5. Kalung Hutton-Mdivani Jadeite - Rp909 miliar

forbes.com

Perhiasan termahal di dunia selanjutnya sedikit berbeda dengan sebelumnya. Bukan berlian, Kalung Hutton-Mdivani Jadeite merupakan perhiasan berupa batu giok berkualitas tinggi yang menyimbolkan kekayaan di Asia. 

Itulah mengapa seorang kolektor rela mengeluarkan Rp909 miliar untuk memiliki perhiasan ini. Kalung ini terdiri dari 27 manik-manik atau giok yang punya warna hijau cerah. Pemilik terakhirnya adalah sosialita Barbara Hutton dan Putri Nida Mdivani. 

6. Kalung L'Incomparable Diamond - Rp871 miliar

friedmans.com

Kalung L'Incomparable Diamond merupakan perhiasan yang mengandung 18 karat emas dan berlian sebesar 407,48 karat. Di bagian tengahnya juga terdapat berlian kuning Internally Flawless terbesar yang seukuran telur. Tak heran jika Kalung L'Incomparable Diamond ini bernilai Rp871 miliar.

Sejarah kalung ini bermula dari seorang perempuan muda di Republik Demokratik Kongo yang menemukannya secara acak di tumpukan puing tambang 30 tahun lalu. Kini, Kalung L'Incomparable Diamond dimiliki oleh Mouwad, perusahaan barang mewah Swiss dan Emirat. 

7. The Winston Pink Legacy - Rp803 miliar

harrywinston.com

Mulanya ditemukan di Afrika Selatan, The Winston Pink Legacy merupakan perhiasan termahal di dunia yang bernilai Rp803 miliar. Permata ini mulanya merupakan milik keluarga Oppenheimer yang memiliki De Beers. 

Namun pada tahun 1920, perhiasan ini dipotong dan kemudian perusahaan Harry Winston membayar Rp803 miliar dan menjadi pencetak rekor harga berlian pink per karat termahal. 

8. Blue Moon Of Josephine - Rp767 miliar

wikipedia.org

Kembali dengan berlian biru, ada Blue Moon Of Josephine yang bernilai Rp767 miliar. Miliarder Hongkong Joseph Lau membayar mahal untuk membeli berlian 12,03 karat ini.

Ia membelinya sebagai hadiah untuk putrinya yang berusia 7 tahun bernama Josephine. Blue Moon Of Josephine ditemukan pada tahun 2014 dari tambang di Afrika Selatan. Warna biru pada perhiasan ini sangat langka sehingga harganya pun fantastis. 

9. The Graff Pink - Rp730 miliar

townandcountrymag.com

Mulanya dimiliki oleh Harry Winston, The Graff Pink kemudian dibeli oleh miliarder Laurence Graff. Ia mengeluarkan Rp730 miliar untuk mendapatkan berlian pink 24,78 karat. Itulah mengapa akhirnya nama berlian pink ini adalah The Graff Pink. 

10. The Princie Diamond - Rp623 miliar

naturaldiamonds.com

Perhiasan termahal di dunia yang terakhir adalah The Princie Diamond yang bernilai Rp623 miliar. Silsilahnya berasal dari Nizam di Hyderabad, tetapi kemudian justru menjadi subjek perseteruan yang buruk. Berlian ini memiliki nilai 34,65 karat dan kini dimiliki oleh pengusaha Italia Renato Angiolillo. 

Deretan perhiasan termahal di dunia tersebut ternyata punya sejarah tersendiri. Bagaimana menurutmu Bela, apakah perhiasan tersebut sebanding dengan harganya? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends