Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Koleksi Ikonik Vivienne Westwood Sepanjang Masa

Punk style menjadi ciri khas

Nabila Marshanda Aliescha

Kabar duka kembali menyelimuti dunia mode. Vivienne Westwood, desainer perempuan asal Inggris Raya ini dikabarkan menghembuskan napas terakhir di usia 81 tahun di kediamannya yang berlokasi di London pada Kamis lalu. Selama hidupnya, Vivienne Westwood dikenal sebagai desainer yang nggak takut mendobrak stereotip fashion anak-anak punk tahun 70-an.

Bahkan sampai hari ini, hasil rancangan Vivienne Westwood yang nyentrik dan berani bermain dengan motif, siluet, hingga tekstur masih dipertahankan karena dinilai punya ciri khas tersendiri sehingga beda dari karya desainer perempuan lainnya. Sampai dijuluki "The High Priestess of Punk" dan “The Queen of Extreme”, simak selengkapnya 7 koleksi terbaik Vivienne Westwood dari awal berkarier sampai memasuki era 2010-an.

1. Bersama mantan suaminya Malcolm McLaren, Vivienne Westwood membuka butik pertamanya di London pada tahun 1971 dan merilis deretan koleksi pakaian bernuansa punk rock yang rebel dengan ciri khas desain provokatif di setiap item.

vam.ac.uk

2. Berhasil bawa karyanya ke atas panggung runway Fall/Winter 1981, koleksi Vivienne Westwood satu ini disebut sebagai “new romantic era”, di mana ia terinspirasi dari gaya berpakaian bajak laut yang ada pada lukisan abad 17 dan 18.

vam.ac.uk

3. Fall/Winter 1992 show yang bertajuk Always on Camera cenderung menampilkan deretan pakaian berdesain "old money" tapi tetap mempertahankan signature style Vivienne Westwood yang nyentrik. Koleksi Fall/Winter 1992 ini spesial terinspirasi dari gaya feminin sekaligus maskulin artis era 20-an, Marlene Dietrich.

wmagazine.com

4. Gaya glamor Marie Antoinette dengan berbagai macam gaun kembali dipamerkan Vivienne Westwood pada koleksi Fall/Winter 1995. Selain gaun pesta, ciri khas sang Ratu Perancis juga dituangkan lewat deretan office wear yang didominasi tartan pattern.

vogue.com

5. Vivienne Westwood kerap menyematkan pesan terkait perannya sebagai aktivis yang berfokus pada climate change dan propaganda. Salah satu detail menarik yang ia tampilkan pada setiap item rancangannya ialah slogan eye catching seperti yang dipamerkan untuk koleksi Fall/Winter 2005.

nssgclub.com

6. Koleksi Fall/Winter 2015 Vivienne Westwood yang didesain oleh Andreas Kronthaler ini menampilkan deretan pakaian unisex yang mempunyai konsep androgynous looks dan terinspirasi dari “shepherds and Sumerians”.

vogue.com

7. Pada Fall/Winter 2016 show, Vivienne Westwood Red Label seolah ingin menampilkan transformasi daytime style yang dibuka dengan deretan office wear hingga streetwear simpel. Jelang penutupan acara, koleksi mulai berganti menjadi deretan evening gown berwarna gelap.

vogue.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends