Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Membersihkan Noda pada Tas Sesuai Bahan Materialnya

Harus ekstra hati-hati!

Dayang Puspita Ranupani

Punya material dasar yang berbeda, maka akan berbeda pula cara penanganan noda yang menempel pada tas. Jangan asal digosok! Noda justru bisa tambah melebar pada tas dengan material tertentu jika kamu coba bersihkan dengan cara digosok.

Supaya nggak salah cara penanganannya, yuk simak tips membersihkan noda pada tas sesuai bahan materialnya. Keep scrolling!

1. Tidak sengaja menumpahkan sesuatu pada tas kanvas, cek terlebih dahulu label instruksi perawatan pada tas. Ambil kain kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat dan tempelkan ke bagian noda selama beberapa kali. Jika noda sedikit membandel, gunakan sikat halus dan lanjutkan proses pencucian menggunakan detergen.

pinterest.com

2. Trik untuk menghilangkan noda pada tas berbahan suede ialah hindari membasahi permukaan tas. Bahan suede mudah menyerap air sehingga beresiko mengalami perubahan warna. Tuangkan cuka putih pada lap kain dan gosokkan pada bagian noda hingga memudar. Untuk noda kering, coba gunakan penghapus pensil untuk menghapus noda tersebut.

elle.com

3. Sebelum membersihkan noda pada straw bag, sebaiknya lapisi dengan bantalan untuk menjaga bentuk tas. Celupkan sikat gigi bekas ke dalam campuran sabun dan gosok permukaan yang terkena noda secara perlahan. Untuk membersihkan debu yang menempel pada sela-sela anyaman, gunakan penyedot debu dengan sikat di bagian ujungnya.

thespruce.com

4. Tas dengan bahan nylon pada dasarnya mudah untuk dirawat dan lebih tahan lama. Apabila tas nylon-mu terkena noda, cukup gunakan sikat gigi halus dan gosok dengan gerakan melingkar. Kemudian usap dengan kain basah hingga noda terlihat memudar dan keringkan.

businessoffashion.com

5. Produk khusus bahan kulit akan sangat berguna untuk membersihkan noda pada tas kulit. Saat terkena noda, segera usap permukaan tas menggunakan tisu atau kain halus. Setelah kering, aplikasikan leather conditioner untuk menjaga kualitas tekstur kulit.

utkaltoday.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends