Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Mengetahui Ukuran Topi yang Tepat

Agar nggak kebesaran lagi

Anindita Hanadhyas

Selain perhiasan, melengkapi outfit dengan topi membuat penampilan jadi maksimal. Oleh sebab itu, topi menjadi salah satu aksesori favorit yang seringkali diandalkan. Modelnya beragam yang bisa dipilih sesuai dengan personal style dan gaya yang ingin diciptakan masing-masing pemakainya.

Salah satu tantangan saat membeli topi adalah mengetahui ukuran yang pas. Terlalu besar maupun terlalu kecil, topi yang nggak sesuai dengan ukuran kepala menjadi kurang nyaman dipakai dan bisa memberikan kesan canggung pada penampilan.

Terlebih lagi saat membeli di toko online dan tak bisa mencobanya. Kali ini, Popbela telah merangkum tips untuk mengetahui ukuran topi yang tepat. Simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan Alat yang Diperlukan

thecreativecurator.com

Untuk mengetahui ukuran topi, kamu membutuhkan ukuran lingkar kepala untuk menyesuaikannya dengan tabel ukuran topi dari toko. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan pita ukur.

Jika tidak ada pita ukur, kamu bisa memanfaatkan tali serta penggaris sebagai pengganti. Selain itu, siapkan kaca jika kamu perlu memastikan posisi pita ukur saat proses pengukuran.

2. Mengukur Lingkar Kepala

emily-london.com

Mulai mengukur dengan meletakkan pita ukur di sekeliling kepala. Letakkan pita pada pertengahan dahi dan di atas telinga kamu dengan lurus. Jika kamu menggunakan tali, tandai titik ukur akhir untuk mengukur total panjang pangkal hingga titik akhir pada penggaris.

Pastikan posisi pita atau tali sudah rata dengan bercermin. Kemudian, catat ukuran lingkar kepala kamu agar tidak hilang dan bisa kamu jadikan referensi saat memilih topi selanjutnya.

3. Sesuaikan Lingkar Kepala pada Ukuran Topi

emily-london.com

Saat berbelanja, biasanya toko akan menyediakan detail mengenai ukuran standar topi. Sama seperti baju, ukuran topi ada yang tersedia dalam bentuk XS hingga XXL. Namun, ada pula toko yang hanya menyediakan ukuran lingkar kepalanya saja.

Perhatikan lingkar kepala yang telah kamu ukur pada tabel ukuran topi yang telah tersedia. Jangan lupa perhatikan ukuran topi yang akan kamu beli agar sesuai dengan lingkar kepalamu.

4. Gunakan Topi yang Sudah Dimiliki sebagai Acuan

lackofcolor.com

Cara lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan topi yang sudah kamu miliki sebagai acuan. Namun, tips ini cocok untuk dipraktikkan khususnya pada topi dengan model yang serupa.

Kamu bisa mengukur ukuran topi yang kamu punya dan menyesuaikannya dengan ukuran topi yang ingin kamu beli. Jika ukurannya tidak ada yang sama persis, pilih yang paling mendekati dengan membulatkannya ke atas.

5. Perhatikan Tipe Topi

etsy.com

Tipe topi dengan model beanie, baret, ataupun topi rajut dan bucket hat memiliki bahan yang stretch. Selain itu, topi dengan strap di bagian belakang seperti baseball cap lebih mudah disesuaikan jika kebesaran atau sempit.

Berbeda dengan variasi topi seperti fedora atau cowboy hat yang seringkali memiliki bahan yang tidak elastis. Saat membeli topi seperti ini pastikan lingkar kepala kamu sudah sesuai dengan ukuran topi.

Jika membeli secara daring, usahakan untuk mencoba jika ada toko fisiknya agar menghindari ukuran yang kurang tepat.

Inilah tips mengetahui ukuran topi yang tepat, selamat mencoba, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends