Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, salah satu bisnis yang berkembang dengan pesat adalah kuliner. Meski ruang gerak terbatas dan sebagian besar orang masih memilih untuk tetap aman menjaga jarak, ternyata tak membatasi keinginan untuk mencoba hidangan yang nikmat dan lezat. Berbagai penawaran hadir mulai dari frozen food sampai dengan dessert menjadi pilihan. Hasilnya, banyak yang semakin melirik potensi bisnis ini. Apakah kamu salah satu yang tertarik untuk memulainya? ini 7 kiat sukses bisnis kuliner secara online, Bela.

1. Menciptakan merek produk

7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara OnlinePexels.com / Gustavo Frings

Saat memulai bisnis kuliner yang terpenting adalah menciptakan nama brand produk. Brand akan membantumu untuk memperkenalkan produk dan menentukan jenis yang akan kamu pasarkan. Pilihannya pun beragam, mulai dari makanan utama, snack hingga dessert sesuai dengan keahlian masing-masing.

2. Aktif menggunakan sosial media

7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara OnlinePexels.com / Gustavo Frings

Ketika memutuskan untuk berjualan secara online, hal pertama yang harus dilakukan ialah aktif di media sosial. Hal ini akan membuatmu lebih update dengan perkembangan tren kuliner yang sedang disukai oleh masyarakat. Hal tersebut turut membantu untuk memberikan inspirasi dalam berkreasi, khususnya untuk mengetahui menu-menu yang sedang viral saat ini, atau justru yang akan selalu dibutuhkan. 

3. Konsisten dengan rasa

7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara OnlineUnsplash.com / Jason Briscoe

Rasa adalah yang utama, selain penampilan makanan itu sendiri. Fakta ini penting karena produk yang memiliki rasa nikmat akan bertahan lebih lama dan mendapatkan tempat tersendiri di hati konsumen. Utamakan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas sehingga dapat memberikan service dan cita rasa terbaik kepada pembeli produkmu.

4. Rutin mengadakan promo dan memberikan inovasi baru

7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara OnlineUnsplash.com / Maddi Bazzocco

Siapa yang tidak tertarik dengan promo?  Potongan harga bahkan membuat pembeli rela antri demi mendapatkan makanan yang diinginkannya di jual lebih murah dari harga normal. Kuncinya dengan menciptakan beragam jenis promo yang menarik, misalnya program buy 3 get 1 atau mendapatkan potongan khusus dengan minimal pembelian tertentu. Selain itu, supaya konsumenmu tidak mudah bosan maka cobalah secara berkala memberikan varian-varian baru.

5. Mengikuti bazaar

7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara OnlineUnsplash.com / Britt Gaiser

Promosi secara offline melalui acara bazaar atau pop-up market menjadi kiat sukses untuk memperkenalkan bisnismu. Keunggulan lainnya kamu bisa memperoleh koneksi dengan sesama teman pebisnis dan berinteraksi langsung dengan konsumenmu.

6. Bekerjasama endorsement dengan selebgram dan influencer

7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara Onlinetubefilter.com

Kiat supaya usahamu supaya lebih cepat di kenal oleh masyarakat, bekerjasamalah dengan influencer, blogger bahkan artis. Ajak mereka untuk mempromosikan produk melalui instagram, facebook dan media sosial lainnya. Hal ini penting karena seseorang cenderung membeli sesuatu yang dilakukan oleh idolanya. Kamu bisa menyiapkan perjanjian kesepakatan untuk memberikan produk atau memberikan pembayaran. Tetapi percayalah, jika produkmu berkualitas maka pembeli akan datang dengan sendirinya. 

7. Bersikap ramah dengan jasa pengantaran online

7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara OnlinePexels.com / Gustavo Frings

Bersikap ramah tidak cukup hanya kepada konsumenmu saja, tetapi termasuk jasa pengantaran online atau kurir sebagai partner kerja yang baik. Di masa kini, pelayanan mereka sangat membantu kinerja kita untuk membantu memasarkan produk kita dan mampu menjangkau lokasi yang lebih luas.

Itulah beberapa tips sukses berbisnis kuliner secara online. Tertarik mencoba, Bela?

Baca Juga: 9 Kuliner Malang Nikmat yang Wajib Coba

Baca Juga: Begini Tips Buat Pebisnis Kuliner yang Ingin Ikut Lestarikan Lingkungan

Baca Juga: 10 Foto Kemasan Saat Belanja Online yang Bikin Geleng-Geleng Kepala