Kalau kamu mempunyai karakter yang tertutup dan nggak terlalu suka dengan keramaian mungkin menjadi seorang freelancer bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan. Akan tetapi, bagi kamu yang suka tantangan bekerja di kantor juga bukanlah hal yang mudah. Teman kerja bisa menilaimu pemalu dan agak pendiam. Kamu pun kadang terganggu dengan suasana kantor yang terlalu berisik dan teman kerja yang heboh. Tapi, kamu bisa mengatasinya dengan cara ini.

Ini 5 Tips untuk Introvert Agar Betah Kerja di Kantor

Untuk karakter yang seperti ini memang menyukai ketenangan daripada keramaian. Tapi, di kantor kamu nggak bisa memaksa orang diam untuk ketenanganmu. Oleh karena itu, kamu bisa menata ulang meja kerjamu dengan memberikan aksesoris agar kamu merasa tenang saat bekerja. Misalnya dengan menambahkan tanaman hijau kecil atau potret pemandangan yang sempat kamu abadikan ketika liburan. Kamu juga bisa menambahkan satu barang favoritmu di meja kerjamu. 

Ini 5 Tips untuk Introvert Agar Betah Kerja di Kantor

Ketika kamu memutuskan untuk bekerja di kantor, kamu harus memahami bahwa kebanyakan konsep ruang kerja di kantor adalah konsep terbuka untuk mempermudah komunikasi antar karyawan. Mungkin hal ini sering membuatmu kurang nyaman. Karenanya, kamu bisa pergi ke coffee shop terdekat untuk menyendiri. Kegiatan di poin ini paling sering dilakukan oleh kamu yang berkarakter agak tertutup untuk mencari inspirasi dan berkonsentrasi kembali.

Ini 5 Tips untuk Introvert Agar Betah Kerja di Kantor

Seorang yang introvert bukanlah orang yang susah bergaul, kok. Cara kamu melakukan pendekatan memang agak berbeda, kamu lebih nyaman dengan one-one interaction daripada harus dengan orang banyak. Ketika kamu telah menemukan teman kerja yang menyenangkan, ia akan membantumu saat kamu harus memimpin suatu diskusi.  Atau, ketika kamu harus tampil di depan umum ia akan membantu meredakan rasa nggak percaya dirimu.

Ini 5 Tips untuk Introvert Agar Betah Kerja di Kantor

Kamu lebih nyaman jika harus bergabung dalam forum kecil untuk menyampaikan ide dan solusi permasalahan. Penyampaianmu lebih mantap ketika teman kerja atau Atasanmu melakukan pembahasan kerja secara personal. Walaupun begitu, kamu wajib menunjukkan kemampuanmu dihadapan Atasan dan teman kerja lainnya. Tujuannya adalah supaya teman kerja yang lain bisa mengetahui kemampuanmu disamping kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik.

Ini 5 Tips untuk Introvert Agar Betah Kerja di Kantor

Salah satu kelebihan seorang introvert ketika bekerja adalah selalu mengerjakan pekerjaannya secara mandiri dengan tekun. Nggak semua orang bisa dengan cara kerja yang seperti ini. Setelah jam makan siang suasana kantor semakin kurang kondusif untuk kamu karena semakin ramai. Memakai headset untuk meredam suara yang terlalu berisik bisa menjadi salah satunya, apabila konsentrasimu terganggu pasang musik dengan irama pelan juga menjadi pilihan tepat.

Walaupun orang lain mengira kamu pendiam tapi, ada kalanya kamu menunjukkan eksistensi keberadaanmu. Nggak ada salahnya juga sekali-kali kamu menunjukkan sifat ekstrovertmu walaupun, itu nggak dominan.

BACA JUGA : Inilah Alasan Utama Kenapa Generasi Millennial Menolak Bekerja Selama 8 Jam Sehari