Dalam melakukan wawancara kerja pasti kamu sering ditanyakan satu hal ini dari perekrut, "ada yang ingin kamu tanyakan?". Biasanya kamu sering menjawab "tidak", untuk mempersingkat waktu wawancara atau bahkan kamu nggak memikirkan pertanyaannya sama sekali. Kita cenderung lebih mempersiapkan diri atas pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan daripada mempersiapkan diri untuk bertanya. Namun, sebenarnya Bela terkadang pertanyaan tersebut harus kamu tanggapi, karena dari hal itu pula perekrut bisa melihat sikapmu yang aktif. Yuk dicek hal-hal apa saja yang perlu kamu tanyakan saat proses wawancara di bawah ini.

4 Pertanyaan yang Wajib Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja
 
Nah, hal ini tergolong penting karena saat kamu mengetahui partner atau tim kerjamu, kamu bisa langsung memperkirakan lingkungan pekerjaanmu. Apakah kamu akan bekerjasama dengan tim keuangan, tim design, atau apakah harus bekerja dengan tim khusus dalam menyelesaikan pekerjaan, it is better to make sure kan Bela?
 
4 Pertanyaan yang Wajib Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja
 
Mengetahui budaya perusahaan membantu kamu untuk cepat beradaptasi.  Kamu bisa menanyakan, apakah perusahaan tersebut menerapkan budaya santai? kekeluargaan? atau disiplin dan teratur?
 
4 Pertanyaan yang Wajib Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja
 
Apakah perekrut akan mengirimkan email kepada kamu, atau ada wawancara kedua kalinya, atau ada tes lainnya yang harus kamu ikuti?. Semua hal ini bisa kamu tanyakan setelah proses wawancara hampir selesai. Cara ini juga bisa membantumu untuk mempersiapkan diri menghadapi proses selanjutnya.

4 Pertanyaan yang Wajib Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja

Kamu mungkin telah mengetahui gambaran besar atas pekerjaanmu nanti, tetapi ada baiknya jika kamu menanyakan hal-hal spesifik terhadap pekerjaanmu. Contohnya dengan menanyakan skill khusus  apa yang harus kamu miliki untuk masuk kedalam pekerjaan tersebut. Apabila keterampilan yang dibutuhkan perusahaan tersebut nggak sesuai dengan kamu, sebaiknya pikirkan kembali untuk menerima pekerjaan tersebut.

Yuk, biasakan mempersiapkan pertanyaan yang harus kamu tanya sebelum interview!

 

BACA JUGA: Ini Dia Tips Sukses Wawancara Kerja dari CEO Top