Internet jadi salah satu kebutuhan saat ini. Di masa ini, internet digunakan untuk beragam aktivitas, baik untuk sekolah, bekerja, ataupun mencari hiburan. Karena itu sangat penting untuk mengetahui tips-tips berinternet yang aman, agar kamu bisa menggunakannya dengan lancar dan maksimal. Internet bisa dikatakan memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif, jika salah digunakan tentu akan berakibat negatif.

Oleh karena hal tersebut, melansir dari TikTok, berikut lima tips aman berinternet agar privasi dan data penting kamu tetap terjaga. Apa saja?

1. Berselancar dengan bijak

5 Tips Aman Berinternet, Demi Menjaga Privasi dan Data Penting Kamuunsplash.com/Bernard Hermant

Hati-hati saat saat menyambungkan perangkat ke Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanannya. Memang, sih, hal ini membuat kita menjadi hemat kuota. Namun, keamanan data akan rawan diretas. Untuk mengantisipasinya, selalu pakai kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun. Aktifkan verifikasi dua langkah untuk lebih amannya.

2. Jaga privasi

5 Tips Aman Berinternet, Demi Menjaga Privasi dan Data Penting Kamuunsplash.com/Solen Feyissa

Privasi menjadi salah satu hal yang penting. Terlebih di media sosial, semua dengan mudah diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Kamu bisa memanfaatkan fitur kontrol keamanan di ponsel atau di setiap aplikasi yang kamu unduh. Misalnya di TikTok, kamu bisa mengubah fitur kontrol keamanan sesuai dengan kebutuhan agar aktivitas di dunia maya semakin aman dan nyaman.

3. Awas terpancing

5 Tips Aman Berinternet, Demi Menjaga Privasi dan Data Penting Kamuunsplash.com/Ed Hardie

Phising adalah taktik yang digunakan untuk mencuri informasi pribadi. Hindari membuka, mengunduh, atau mengklik tautan dan lampiran dari pengirim yang tidak dikenal. Karena jika kamu tak waspada, tautan yang kamu klik malah akan membaca semua data pribadimu yang tentu bisa jadi disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

4. Jangan tinggalkan jejak

5 Tips Aman Berinternet, Demi Menjaga Privasi dan Data Penting KamuUnsplash.com/Adrien

Perbarui semua perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebelum hendak menjual perangkat, pindahkan semua data pribadi, foto atau video, lalu hapus semua konten di perangkat tersebut agar aman dan tidak disalahgunakan.

5. Selalu terhubung dengan keluarga

5 Tips Aman Berinternet, Demi Menjaga Privasi dan Data Penting KamuUnsplash.com/Christian Wiediger

Terakhir, tak ada salahnya selalu terhubung dengan keluarga dan melibatkan mereka dalam setiap aktivitas di dunia maya. Kamu bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk menikmati konten bersama, atau mempelajari aplikasi baru bersama. Karena sama-sama tahu, masing-masing anggota keluarga bisa saling belajar dan mengingatkan jika ada hal janggal terjadi saat kamu berselancar di internet.

Itulah tadi tips aman berinternet yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya, Bela.

Baca Juga: Lindungi Data Pribadimu, Ini 10 Tips Aman Berinternet dari Google

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesia

Baca Juga: Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internet