Terkadang di dunia kerja kamu mengalami drama yang bikin kamu nggak nyaman untuk bekerja. Salah satu kasus yang mungkin sering terjadi adalah memiliki atasan yang nggak adil. Sikap atasan yang seperti ini sudah pasti membuat hari-hari kamu di kantor jadi nggak menyenangkan. Apalagi kamu mesti menghargai atasan, karena dia adalah salah satu penentu karier kamu untuk bisa berkembang. Inilah empat tips untuk menghadapi atasan yang nggak adil.

1. Berbicara langsung kepada atasan

4 Cara Mengatasi Sikap Atasan yang Nggak Adilunsplash.com
 

Kamu sebaiknya mencoba berbicara langsung dengan atasan mengenai sikapnya yang nggak adil ke kamu. Coba beri contoh sepeti apa hal yang nggak adil dari atasan kamu, supaya dia lebih mengerti maksud pembicaraan kamu. Setelah itu, kamu juga harus terbuka dengan jawaban atasan kamu, karena mungkin saja dia nggak sengaja atau ada alasan tertentu. Pokoknya diskusi tersebut bukan untuk saling menyerang tapi introspeksi diri.

2. Berbagi cerita dengan rekan kerja

4 Cara Mengatasi Sikap Atasan yang Nggak Adilunsplash.com
 

Cara yang paling simpel dalam menghadapi atasan yang nggak adil yaitu bercerita ke teman kerja kamu. Kalau teman kerja kamu nggak merasakan hal yang sama, kamu bisa bertanya bagaimana sikap yang tepat supaya atasan kamu bisa lebih menghargai kamu. Selain itu kalau kantor kamu sering mengadakan grup diskusi mengenai budaya kerja di kantor, kamu juga bisa berbagi rasa nggak nyaman kamu dan kamu biasanya akan dapat solusi dari diskusi tersebut.

3. Melakukan survei pegawai

4 Cara Mengatasi Sikap Atasan yang Nggak Adilunsplash.com
 

Kalau kebetulan bukan hanya kamu yang merasakan sikap atasan yang nggak adil, kamu dan teman-teman kantor bisa melakukan survei pegawai untuk mengungkap hal yang tidak nyaman. Hal ini bisa menjadi isu penting dimana kantor memiliki tanggung jawab untuk ikut mengatasi masalah ini. Misalnya, divisi HRD yang bisa membantu agar suasana kerja tetap kondusif dan produktif.

4. Mengatur emosi kamu

4 Cara Mengatasi Sikap Atasan yang Nggak Adilunsplash.com
 

Pada akhirnya, hal yang paling penting dalam menghadapi atasan yang nggak adil adalah mengatur emosi kamu dengan baik. Kamu harus tetap ingat kalau kantor adalah lingkungan profesional, jangan sampai kamu menganggap hal tersebut jadi terlalu personal. Kamu juga harus punya pemahaman kalau atasan kamu juga memiliki tantangan dan tekanan dalam pekerjaan. Intinya, kamu harus tetap bersikap sebaik mungkin dan berusaha bikin suasana tetap nyaman.

BACA JUGA: Lakukan 5 Kebiasaan Supaya Jadi Atasan yang Menyenangkan