Bisa Curi Password, Ternyata Puluhan Aplikasi Android Ini Berbahaya!

langsung uninstall, yuk!

Bisa Curi Password, Ternyata Puluhan Aplikasi Android Ini Berbahaya!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bela, apa kamu pernah menginstal aplikasi android seperti penghitung langkah, pengedit video, hingga aplikasi senter? Wah, kalau begitu kamu harus berhati-hati karena ada 25 aplikasi android dengan fitur semacam itu yang ternyata berbahaya, lho! Aplikasi ini bahkan dikatakan bisa mencuri password Facebook-mu dengan mudah. 

Bagaimana bisa, ya? 

1. Berkedok aplikasi dengan fitur menarik

Kejahatan ini pertama kali dilaporkan oleh sebuah perusahaan keamanan siber, Evina. Pada akhir Mei kemarin, mereka telah melaporkan 25 aplikasi berbahaya ini kepada Google untuk dihapus. Menurut Evina, aplikasi berbahaya ini ternyata berkedok sebagai aplikasi penghitung langkah, pengedit video dan foto, aplikasi wallpaper, aplikasi senter, mobile, game, hingga penghapus data sampah.  

2. Bisa mendeteksi aktivitas ponsel dan mengirim kode berbahaya

Menurut Evina, aplikasi-aplikasi ini memang memiliki fungsi dan fitur yang sesuai dengan klaimnya, namun dengan agenda ganda. Ya, aplikasi ini ternyata bisa melacak aktivitas ponselmu dan mengirim kode berbahaya di dalamnya. 

Jadi, saat kamu membuka laman untuk log in Facebook atau laman lainnya dengan username dan password, mereka dapat melihatnya. Setelah itu, username dan password-mu itu akan dikirimkan ke server domain Airshop.pw yang kini sudah tak lagi aktif. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here