Dapat diakui, para musisi Kpop telah berhasil menunjukkan eksistensi mereka di pasar musik global. Sehingga popularitas dunia musik Kpop pun kian meroket di luar negeri, terbukti dari dukungan penggemar dari mancanegara hingga penghargaan internasional.

Namun, tahukah kamu? Kesuksesan skala internasional tersebut berawal dari para artis idola Kpop generasi kedua. Yup, merekalah yang pertama kali memperkenalkan musik Kpop kepada negara luar. Sebut saja, TVXQ, Super Junior, HyunA, 2PM dan lainnya.

Good news! Masing-masing musisi Kpop tersebut dikabarkan comeback pada 2021 ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari baca keseluruhan artikel berikut!

1. Yunho TVXQ

https://www.youtube.com/embed/2gvbKJYWaRA

Sebagai bagian dari grup musik TVXQ, Yunho atau yang biasa dikenal dengan stage name U-Know telah memberi sumbangsih yang besar dalam memperkenal musik Kpop pada dunia. Beruntungya, Yunho dikabarkan telah melangsung comeback pada Januari 2021.

Tepatnya dengan mini album berjudul NOIR yang rilis pada 18 Januari 2021. Album ini diketahui memiliki enam lagu dengan title track yang berjudul "Thank You" yang turut diperkenalkan dalam bentu video klip. Selain itu adalah lagu berjudul "Eeny Meeny".

2. Super Junior

https://www.youtube.com/embed/9BbwFPijEWk

Bisa dibilang, orang yang tidak tertarik dengan dunia musik Kpop akan tetap mengenal nama Super Junior, setuju? Popularitas grup musik naungan SM Entertainment ini memang sangat populer pada masanya hingga saat ini.

Beruntungnya, dunia akan kembali diramaikan oleh musik Super Junior melalui album The Renaissance yang akan rilis pada 16 Febuari 2021. Sebelumnya comeback tersebut dijadwalkan pada Desember 2020, namun mengalami penundaan waktu.

3. HyunA

https://www.youtube.com/embed/1scbHXpB6OM

Kamu sudah terlanjur jatuh cinta pada musik Kpop sejak awal generasi kedua? Itu artinya, kamu cukup familiar dengan grup musik 4Minute yang pertama kali memperkenalkan sosok HyunA.Yup, lepas dari grup musik tersebut, HyunA  aktif sebagai penyanyi solo.

Berawal dari Cube Entertainment dan berpindah ke agensi P Nation yang didirikan oleh musisi senior PSY, HyunA menghadirkan musik terbaik karyanya sendiri. Yang terbaru, HyunA diketahui telah melangsungkan comeback dengan lagu berjudul "Good Girl".

4. IU

https://www.youtube.com/embed/0-q1KafFCLU

Berbicara mengenai penyanyi solo di dunia musik Kpop, mari membahas IU. Sejak memulai kariernya pada 2008, IU tidak pernah gagal berkompetisi dengan musisi Kpop baru. Termasuk dalam hal dukungan dan penghargaan.

Sekarang, IU kembali menunjukkan eksistensinya di dunia musik Kpop melalui lagu berjudul "Celebrity" dengan nuansa ceria dan penuh warna. Melansir dari Soompi, lagu ini merupakan lagu paralis untuk album penuh kelima-nya yang akan segera rilis. Can't wait!

5. 2PM

Comeback Tahun 2021, Mari Sambut 5 Artis Idola Kpop Generasi KeduaDok. Internet

"I'll be back!" adalah sepenggal lirik dari lagu karya 2PM yang sangat populer. Sesuai lirik tersebut, 2PM dikabarkan akan melangsungkan comeback untuk menyapa penggemar yang telah menunggu 2PM dengan penuh kesabaran selama lima tahun.

Kabar itu diumumkan sendiri oleh agensi JYP Entertainment yang menaungi 2PM. Akan tetapi, comeback tersebut tidak akan menyertakan Taecyeon yang telah memutuskan kontrak dengan JYP Entertainment dan bergabung dengan 51K pada 2018 silam.

Jadi, kamu paling excited menyambut artis idola Kpop generasi kedua yang mana, nih?

Baca Juga: Comeback Epik High Makin Dekat, Ini Fakta Menariknya

Baca Juga: Selesai Wajib Militer, 5 Aktor Tampan Korea Ini Sukses Comeback Drakor

Baca Juga: Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label Musik