Proposal bisnis merupakan unsur yang sangat penting dalam bisnis. Di dalamnya terdapat sebuah prediksi keuntungan maupun masalah yang akan menarik minat para investor. Sebagai salah satu unsur utama yang dibuat sebelum suatu bisnis dimulai, proposal bisnis sangat menentukan perjalanan bisnismu ke depannya. Popbela akan memberikan tips-tips hebat yang membuat proposal bisnismu berhasil terwujud menjadi bisnis yang sukses. 

1. 6 Trik yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Proposal Bisnis 

Bisnis kini sudah bukan hal yang eksklusif lagi, sudah banyak orang beramai-ramai terjun di dunia bisnis. Untuk itu sebuah proposal bisnis harus benar-benar kreatif dan unik agar terlihat jelas keistimewaannya. Carilah minimal tiga hal yang membuat bisnismu berbeda dari pesaingmu yang lain. 

2. 6 Trik yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Proposal Bisnis


Sebuah bisnis harus memiliki target konsumen yang jelas dengan produk atau jasa yang sesuai dengan apa yang ditargetkan. Pastikan kamu sudah melakukan analisis pasar dan mencantumkannya dengan baik dalam proposal bisnismu.

3. 6 Trik yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Proposal Bisnis


Jangan membuat ekspektasi yang terlalu tinggi ataupun low-profile, semuanya harus realistis dan benar-benar bisa diwujudkan. Kamu harus bisa mengukur kapasitasmu dan meskipun memiliki ambisi besar, sesuaikan mimpimu dengan kapasitasmu saat ini. Tapi kamu harus bisa menunjukkan pada calon investor bahwa setelah berkembang, bisnismu bisa tumbuh jauh di atas ekspekstasi awalnya. 

4. 6 Trik yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Proposal Bisnis


Jangan terlalu bertele-tele. Gunakan bahasa yang lugas dan singkat tanpa mengurangi maknanya. Kalimat-kalimat to the point lebih muda ditangkap oleh calon investor. Hindari menggunakan kata "mungkin", "kira-kira", dan "sepertinya". Sebagai gantinya, coba katakan, "Saya percaya bahwa tingkat penjualan akan mencapai angka...". Selain lebih jelas dan terukur, investor juga akan melihat bahwa kamu tegas dan tidak penuh keraguan. 

5. 6 Trik yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Proposal Bisnis


Tak hanya isi, tampilan fisik sebuah proposal bisnis juga sangat penting untuk diperhatikan karena akan memberikan kesan pertama yang menarik. Sesuaikan konsep dan tema presentasi dengan bisnis yang kamu jalankan. 

6. 6 Trik yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Proposal Bisnis

Riset dulu siapa saja kompetitormu dan pelajari produk atau jasa mereka. Carilah celah yang bisa kamu gunakan sebagai kekuatan bisnismu. Buat proposal yang jauh mengungguli semua kelebihan dari bisnis kompetitormu. Ingat, jangan terburu-buru ketika kamu menganalisis para pesaingmu. Tak mau kan kamu menyesal di akhir nanti karena kurang menyiapkan strategi? 

Proposal bisnis memang hanya sebuah perencanaan, tapi dari sinilah bisnismu akan dimulai. Perencanaan yang sempurna pasti akan memberikan hasil yang memuaskan pula. Selamat mencoba dan semoga beruntung, Bela! 

 

BACA JUGA: Perlukah Memakai Parfum Saat di Kantor?