Menabung adalah sebuah kebiasaan yang sungguh berat. Meskipun sepertinya kebiasaan ini sudah diajarkan sejak kita kecil dulu, bersikap tegas dan disiplin pada diri sendiri itu sulit. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang gajinya pas-pasan atau di bawah lima juta sebulan. Menabung itu sepertinya tidak realistis. Tapi jangan salah, Bela. Kamu tetap bisa menabung, kok. Simak trik-triknya berikut ini, ya! 

 

1. Tetapkan pengeluaran yang realistis

Gaji Mepet tapi Ingin Menabung? Bisa dengan Cara-cara Ini, Bela!popsugar.com

Buatlah daftar kebutuhanmu dengan realistis. Kalau selama ini kamu sering pulang kantor naik taksi, usahakan untuk mulai naik kendaraan umum yang jauh lebih terjangkau biayanya. Selalu catat pengeluaranmu karena dari sini kamu bisa memahami kebiasaanmu menghabiskan uang. Dari situ, perhatikan mana yang paling banyak menghabiskan gajimu dan segera pangkas pengeluaran yang tak perlu tersebut. 

 

2. Pisahkan rekening tabunganmu

Gaji Mepet tapi Ingin Menabung? Bisa dengan Cara-cara Ini, Bela!theurbansilhouette.com

Kalau kamu hanya punya satu rekening, uangmu akan cepat habis karena kamu bisa terus menarik uang. Memisahkan rekening bisa membuatmu yakin bahwa paling tidak sudah ada sejumlah uang yang kamu selamatkan di rekening satunya. Jangan membuat atau membawa ATM untuk rekening tabunganmu saat kamu bepergian agar kamu tak bisa dengan mudah menarik uang tersebut. 

 

3. Jangan membuat kartu kredit

Gaji Mepet tapi Ingin Menabung? Bisa dengan Cara-cara Ini, Bela!newyorkgirlstyle.com

Tak memiliki kartu kredit akan membebaskanmu dari beban membayar utang-utang di akhir bulan. Selain itu, kamu akan menjadi lebih pemilih dan realistis ketika ingin membelanjakan uangmu. Kalau ada kebutuhan yang tak bisa menunggu sampai tanggal gajianmu berikutnya, kamu bisa mengambil dari tabunganmu. 

 

4. Belanja kebutuhan bulanan setelah menerima gaji

Gaji Mepet tapi Ingin Menabung? Bisa dengan Cara-cara Ini, Bela!clochet.com

Supaya kamu tidak boros dan uangnya bisa disimpan untuk tabungan, segera belanja keperluan bulananmu setelah gajian. Kebutuhan seperti perlengkapan kesehatan dan kebersihan diri, makeup, atau makanan bukanlah kebutuhan yang bisa semerta-merta muncul di tengah bulan. Dengan melengkapi semua kebutuhanmu di awal bulan, kamu tak akan punya alasan untuk berbelanja lagi di tengah bulan hanya karena tiba-tiba sabun pencuci wajahmu habis. 

 

5. Mengajukan asuransi kesehatan

Gaji Mepet tapi Ingin Menabung? Bisa dengan Cara-cara Ini, Bela!socialbliss.com

Selain berguna ketika kamu jatuh sakit, asuransi kesehatan juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin berinvestasi. Ajukan asuransi dengan premi atau biaya nominal yang tak terlalu mahal. Hal ini akan menghindari kamu dari menghabiskan uangmu untuk hal-hal yang tidak begitu penting dan justru menarik keuntungan dari investasimu dalam program asuransi tersebut. 

 

6. Buka rekening deposito dengan jangka waktu lama

Gaji Mepet tapi Ingin Menabung? Bisa dengan Cara-cara Ini, Bela!yourstyleforecast.com

Rekening deposito berbeda dari tabungan biasa karena kamu tak akan bisa menarik uangmu selama jangka waktu tertentu. Kalau pun bisa, kamu akan dikenai denda yang tak murah. Deposito sangat cocok bagimu yang susah mendisiplinkan diri sendiri. 

 

7. Hindari bepergian ke tempat berbelanja atau kafe

Gaji Mepet tapi Ingin Menabung? Bisa dengan Cara-cara Ini, Bela!modage-styles.com

Cobalah untuk mengganti tujuan jalan-jalanmu. Daripada pergi ke mal atau kafe yang bisa membuat imanmu tergoda, pergilah ke taman kota, museum, atau sekadar mengundang teman-teman berkunjung ke rumahmu. Menghabiskan waktu yang seru itu tak harus dengan berjalan-jalan ke tempat yang mahal kok, Bela. 

 

Walaupun sulit, menabung bukanlah suatu kebiasaan yang mustahil. Kamu harus realistis, Bela. Suatu hari nanti kebutuhanmu akan bertambah banyak. Dengan gaji yang mepet, kamu harus pandai menyiasati berbagai keadaan di masa depan. Yuk, mulai rajin menabung dari sekarang!