Dalam perjalan kariermu, pasti ada saja sosok atasan yang paling berkesan buatmu. Eits, tapi bukan karena kebaikan hati atau kepemimpinannya. Melainkan karena dia selalu berhasil membuatmu menghela napas panjang dan mengelus-elus dada. Setiap hari ada saja tindakannya yang bikin kamu emosi setengah mati. Tapi namanya juga atasan, apa lagi yang bisa kamu perbuat? Kamu hanya bisa pasrah saja dengan nasibmu dan berharap kamu tidak punya masalah apa pun dengannya. Nah, apakah bosmu termasuk dari sebelas tipe bos menyebalkan ini, Bela?

 

1. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Sosok bos yang satu ini percaya bahwa intimidasi adalah metode terbaik untuk menunjukkan kekuasaan dan jabatannya. Maka ia selalu membentak-bentak orang lain seenaknya, tak peduli apa pun alasan atau situasimu.

 

2. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Yang satu ini bikin kamu sangat gerah. Dia akan selalu mengatur-atur kerjamu dan tidak memberimu kebebasan dalam mengatur sistem kerjamu sendiri. Pokoknya semua harus pakai caranya bosmu, titik. 

 

3. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Sudah jadi job description seorang bos untuk mengatur sistem kerja dan mendelegasikan tugas-tugas bagi timnya. Namun, bos yang satu ini malah suka bingung sendiri dan kemampuan manajerialnya amburadul. Dia asal memerintah dan nanti ujung-ujungnya lupa sendiri. Kamu pun heran juga bagaimana dia bisa mendapatkan posisinya saat ini. 

 

4. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Seharusnya seorang bos memberi contoh yang baik bagi timnya dengan produktivitasnya. Tapi jangankan produktif, kerjanya bos satu ini hanya rapat, rapat, dan rapat. Hasilnya? Tidak jelas, deh. Setiap hari dia hanya bermalas-malasan dan menggunakan telepon kantor untuk menghubungi teman-temannya. 

 

5. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Ada saja tipe bos yang memanfaatkan posisi dan kekuasaannya untuk melakukan tindakan-tindakan tidak etis di kantor. Dia tak ragu melecehkan orang lain, entah secara seksual atau emosional. Misalnya, menjelek-jelekkan teman kerjamu yang kerjanya kurang cepat. 

 

6. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Kamu harus banyak sabar menghadapi tipe bos yang satu ini. Dia adalah orang yang sebenarnya tak paham dengan apa yang ia bicarakan, tapi suka sok pintar menggunakan istilah yang keren padahal salah penggunaannya. Bos yang satu ini juga bersifat sok tahu dan sering memberi solusi-solusi yang sebenarnya tidak membantu. 

 

7. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Kalau kamu disuruh mengerjakan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabmu sih tidak masalah. Tapi bos yang ini suka seenaknya dan menyuruhmu mengerjakan hal-hal yang tak ada hubungannya dengan pekerjaanmu seperti mencarikan hadiah untuk istrinya. 

 

8. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Tipe bos ini selalu tampil manis dan baik hati di depan, tapi di belakang dia selalu menjelek-jelekkan dan bicara yang negatif tentang semua orang. Tak usah membayangkan deh apa saja yang ia katakan tentangmu kalau kamu sedang tidak bersamanya. 

 

9. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Nah, bos yang satu ini tak pernah mau langsung menegur siapa pun yang melakukan kesalahan. Dia lebih memilih untuk menyindir mereka dengan pedas. Entah itu cara berpakaianmu, cara kerja, bahkan masalah kecil seperti kerapian meja kerjamu. 

 

10. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Pasti ada saja nih, bos yang kentara sekali pilih kasihnya. Ia punya satu pegawai favorit yang selalu dinomor satukan. Kalau ada apa-apa, karyawan favoritnya inilah yang selalu tahu duluan. Kalau ada acara atau undangan perusahaan pun dia lah yang akan diajak si bos. 

 

11. 11 Tipe Bos Menyebalkan yang Bikin Kamu Geregetan Sendiri di Kantor

Pokoknya tak ada kata puas dan cukup dalam kamus bos yang satu ini. Apa pun yang kamu kerjakan, selalu ada saja salahnya. Ketika menugaskan pekerjaan padamu tertentu pun dia banyak sekali request-nya. Padahal belum tentu semuanya realistis. 

 

Bagaimana, Bela? Apakah bosmu masuk dalam kriteria atasan yang menyebalkan? Jika sifat menyebalkannya sudah terlalu keterlaluan, bukan berarti kamu tinggal diam dan berpasrah saja, ya. Apalagi kalau korbannya bukan hanya kamu saja di kantor. Kamu bisa menghadapinya dengan cara-cara yang sudah Popbela beberkan di artikel ini