Perkembangan teknologi di era digital  memudahkan kita menjelajahi informasi. Kemudahan ini merevolusi dunia edukasi, sehingga memperluas kesempatan kita dalam mengasah keterampilan baru, sebagai bekal meningkatkan kualifikasi.

Mengikuti kelas dari universitas terkemuka di dunia seperti Harvard dan MIT (Massachusetts Institute of Technology), sekarang bisa dilakukan dari mana saja. Salah satunya melalui situs online learning yang dicetuskan oleh kedua universitas tersebut, edX.

Ada juga, lho, berbagai situs lainnya yang menyajikan kelas-kelas untuk meningkatkan keterampilan, dibawakan instruktur yang ternama di bidangnya. Yuk, simak 9 situs online learning terpopuler berikut yang bisa Bela ikuti sebagai pembekalan di dunia kerja!

1. edX

https://www.youtube.com/embed/e8ndkT70oIg

edX dicetuskan oleh Harvard University dan MIT  pada tahun 2012. Kedua kampus elit yang mendunia ini punya visi untuk mendukung dunia pendidikan. 

Sehingga, mereka bekerja sama dengan 140 institusi pendidikan untuk menyajikan 2000 kelas online. Kelas ini fokus di bidang matematika, ilmu pengetahuan, budaya hingga teknik. Didukung pula dengan fitur-fitur kelas yang interaktif, seperti papan diskusi, catatan virtual, online quiz, serta sertifikat kelulusan untuk program berbayar.

2. Coursera

https://www.youtube.com/embed/Pf03RTjeISE

Salah satu situs online learning terbesar yang bekerja sama dengan universitas dan organisasi terkemuka, adalah Coursera, yang menyajikan bahan pembelajaran luas. Dibandingkan dengan situs lainnya, kelas yang ditawarkan Coursera paling variatif.

Coursera juga menawarkan sertifikat hasil pembelajaran online, yang diberikan ketika pelajar sudah lulus ujian, layaknya seperti kelas perkuliahan pada umumnya.

3. Udemy

https://www.youtube.com/embed/k6hoIbFwtYc

Merupakan situs online learning yang berdiri sejak tahun 2010 di Amerika. Udemy memiliki konsep hampir mirip dengan Coursera, namun pelajar diberikan kebebasan untuk membuat custom classes dari sederetan kelas yang tersedia.

Udemy menawarkan berbagai kelas online untuk meningkatkan keterampilan di bidang marketing, IT, keuangan, desain, fotografi, dan sebagainya. Selain itu, ada juga kesempatan bagi Bela yang ahli di bidang tertentu untuk berkarir sebagai instruktur kelas online.

4. LinkedIn Learning

https://www.youtube.com/embed/DSY3BfECMv8

LinkedIn Learning merupakan situs belajar terpopuler bagi para pencari kerja atau para profesional, dengan lebih dari 16,000+ kelas online. Kelas disampaikan melalui video berkualitas tinggi, dirancang khusus bagi pemula hingga yang berpengalaman.

Bulan pertama berlangganan layanan berbayar ini gratis bagi kalian yang haus belajar, Bela! Ketika sudah selesai mengikuti kelasnya, Bela mendapatkan sebuah sertifikat yang merupakan bukti penyelesaian kelas. Sertifikat ini bisa dicantumkan di profil LinkedIn milik Bela, sehingga merupakan nilai tambah bagi Bela yang sedang mencari pekerjaan/ menekuni bidang yang digeluti.

5. Codecademy

https://www.youtube.com/embed/FswDqER1WLQ

Situs pembelajaran coding yang berlaku bagi pemula hingga berpengalaman. Codecademy khusus mengajarkan kalian cara menulis kode untuk keperluan mengembangkan sebuah website – melalui HTML, JavaScript, CSS, jQuery, Phyton, Ruby, dan PhP.

Codeacademy juga menyajikan fitur interaktif, dimana Bela dapat memantau perkembangan belajar dan mengikuti sesi tanya jawab dengan instrukturnya.   

6. Skillshare

https://www.youtube.com/embed/L_5P7O0BQo8

Situs online learning berbasis aplikasi yang bisa di-download melalui smartphone, dan terdiri dari 26,000+ kelas online. Menyajikan kelas dalam bentuk video berkualitas yang dibawakan oleh instruktur ternama di dunia. Kelasnya fokus pada bidang desain, seni, media, teknologi, kepimpinan, dan wirausaha.

Hal yang membedakan Skillshare dengan situs lainnya adalah, mereka menawarkan pembelajaran berbasis komunitas dan pengerjaan proyek yang sifatnya interaktif. Ketika Bela bergabung di sebuah komunitas belajar, maka Bela lebih termotivasi untuk belajar karena adanya dukungan!

Skillshare juga menawarkan uji coba gratis, lho!

7. Skillsuccess

Skillsuccess menawarkan 20,000+ kelas berbasis video, yang dirancang khusus untuk pengembangan karier. Topik pengembangan karier ini fokusnya membahas seputar bisnis dan teknologi, serta dirancang khusus bagi pendatang baru di dunia kerja, lho!

Akses 30 hari pertama diberikan secara gratis kepada pengguna, sebagai bekal pengenalan topik yang ingin dipelajari.

8. Khan Academy

https://www.youtube.com/embed/9p3HNMe-oAI

Khan Academy bekerja sama dengan berbagai sekolah menengah atas (SMA), untuk menawarkan mata pelajaran yang variatif. Mulai dari mata pelajaran Matematika, Seni, Pemrograman Komputer, Ekonomi, Ilmu Pengetahuan Kimia, Keuangan, hingga Sejarah, yang dapat diakses tanpa dikenakan biaya.

9. Alison

https://www.youtube.com/embed/zHO1AOoCSco

Merupakan salah satu situs online learning yang diluncurkan tahun 2017, namun tak kalah dalam menyajikan kelas-kelas yang berkualitas. Beberapa bidang yang ditawarkan adalah IT, Bisnis, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kesehatan, dan sebagainya.

Bagi Bela yang lulus mengikuti setiap ujian kelasnya dengan nilai di atas 80, maka berhak mendapatkan sertifikat kelulusan yang dikenakan biaya tambahan.

Itulah rekomendasi 9 situs online learning inspiratif untuk meningkatkan keterampilanmu, sebagai pembekalan di dunia kerja, Bela!

Mana yang menjadi pilihan utamamu? Yuk, share di kolom komentar di bawah!

Baca Juga: Bingung Lanjut S2 di Mana? 3 Hal Kamu Dapatkan Jika Kuliah di Inggris

Baca Juga: Belajar Lebih Seru Lewat Program #SamaSamaBelajar di TikTok

Baca Juga: Gagal Serius, 9 Kejadian Saat Kuliah Online Ini Malah Bikin Ngakak