Sadarkah kamu? Transisi umur nyatanya membuat pikiran kita terbuka untuk melihat hal-hal yang berhubungan erat dengan masa depan. Aapalagi, prospek karier yang sangat menentukan kualitas kehidupan kita di hari-hari mendatang.

Akan tetapi, berbicara mengenai karier, tidak semua orang menyakini profesi-profesi apa saja yang sebaiknya digeluguti. Entah karena dilema kehidupan, proses pencarian passion dan jati diri hingga pertimbangan terkait keuntungan secara finansial.

Nah, untuk membantumu dalam memutuskan, berikut adalah 8 profesi yang berpotensi paling dibutuhkan di tahun 2025 menurut World Economic Forum, yang mengeluarkan daftar Future of Jobs Survey 2020. Yuk, pertimbangkan dan persiapkan dirimu, Bela!

1. Data Analyst & Data Scientist

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!crampeteb.medium.com

Merasa yakin kalau kamu cukup berbakat di bidang matematika? Setidaknya kamu melihat data sebagai lukisan yang unik. Itu berarti kamu sebaiknya mengorientasikan prospek karier pada profesi sebagai seorang data analyst atau data scientist.

Kedua profesi tersebut umumnya bertugas untuk menganalisis, memproses dan memodelkan data, yang kemudian hasilnya akan lebih lanjut ditafsirkan untuk membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti bagi suatu perusahaan atau lembaga.

2. AI & Machine Learning Specialist

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!analyticsvidhya.com

Masih berbicara mengenai kemampuan di bidang matematika, kamu nyatanya memiliki potensi untuk meniti karier sebagai seorang AI & Machine Learning Specialist. Khususnya untuk kamu yang juga memahami electrical engineering dan computer science.

Dengan kelihaian di bidang-bidang tersebut, profesi AI & Machine Learning Specialist sangat cocok. Umumnya kamu akan bertanggung jawab untuk membangun atau mengoptimalkan proses Articial Intellingence pada suatu sistem dengan algoritma.

3. Big Data Specialist

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!collectivedata.com

Rasanya pembangunan setiap negara memang tidak akan mungkin bisa lepas dari kemampuan di bidang matematika, engineering, computer science hingga statistik. Pasalnya, profesi sebagai Big Data Specialist disimpulkan sangat berpotensi pada 2025.

Pekerjaan sebagai Big Data Specialist ini sendiri fokus pada tugas mengembangkan, memelihara, menguji, serta mengevaluasi solusi dari big data dalam suatu lembaga atau perusahaan. Itu artinya, seseorang membutuhkan kemampuan yang sudah sangat terasah serta pengetahuan dan pengalaman yang cukup di bidang rekayasa perangkat lunak.

4. Digital Marketing & Strategy Specialist

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!tdainstitutional.com

Pernahkah kamu berpikir bahwa perkembangan dunia terjadi begitu cepat? Bayangkan saja transisi kehidupan dari 90-an hingga saat ini, yang mana teknologi berkembang begitu maju. Semua orang pun sangat mengandalkan benda-benda digital dalam kesehariannya.

Hal inilah yang jelas membuktikan bahwa profesi sebagai Digital Marketing & Strategy Specialist sangat dibutuhkan hingga 2025 mendatang. Pekerjaan ini berada di naungan tim pemasaran perusahaan untuk mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand image, serta membuat dan memelihara marketing campaign dengan internet dan teknologi digital.

5. Process Automation Specialist

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!marketbrief.edweek.org

Memahami perkembangan teknologi yang semakin modern, kamu tentu menyadari bahwa teknologi-teknologi baru semakin bermunculan untuk memberikan solusi terbaik bagi masyarakat. Sehingga, profesi sebagai Process Automation Specialist sangat dibutuhkan.

Profesi sebagai Process Automation Specialist ini sendiri bertugas untuk menggunakan teknologi dalam rangka menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang berulang yang bisa menggantikan pekerjaan manual. Jadi, hasil pekerjaan pun akan lebih cepat dan lebih baik.

6. Business Development Professionals

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!elearningindustry.com

Pada akhirnya, segala sesuatu ada bisnis yang bersifat win-win. Perusahaan mengeluarkan produk yang membantu masyarakat, namun perusahaan juga berekspetasi untuk memperoleh keuntungan yang dapat menopang kegiatan perusahaan.

Nah, dalam hal itu, profesi sebagai Business Development Profesionals sangat dibutuhkan. Pasanyal, tugas utamanya fokus untuk mengidentifikasi peluang-peluang yang dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan, seperti market, produk/ jasa, dan lainnya.

7. Digital Transformation Specialist

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!northeastern.edu

Berbicara mengenai dunia bisnis, kegiatan setiap perusahaan sebenarnya ditempatkan di ladang kompetisi dengan pelaku-pelaku bisnis lainnya. Untuk itulah, inovasi baru dan perkembangan yang dilakukan secara terus-menerus bersifat wajib dan penting.

Dalam rangka melakukannya, profesi sebagai seorang Digital Transformation Specialist sangatlah dibutuhkan. Tugas utamanya untuk menerapkan teknologi yang ada serta yang akan datang, guna membuat perusahaan atau lembaga semakin berkembang dan mampu berkompetisi dengan pesaingnya. Eits, lakukan dengan cara yang sehat, ya!

8. Information Security Analyst

8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!sdtimes.com

Perkembangan teknologi yang semakin modern memang memberi manfaat yang sangat positif. Akan tetapi, tidak menepis fakta bahwa pencurian data, peretasan, penipuan dan semacamnya menjadi lebih mudah untuk dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Atas dasar itulah, setiap perusahaan membutuhkan Information Security Analyst hingga tahun 2025 mendatang. Profesi tersebut bertugas mengembangkan sistem keamanan serta menjaga jaringan dan sistem suatu instansi maupun perusahaan yang dibutuhkan.

Jadi, bagaimana, Bela? Kamu tertarik untuk membangun karier di bidang-bidang profesi di atas atau justru, kamu cukup meyakini potensi di bidang lain?

Baca Juga: Menjadi Karyawan Profesional dengan Menguasai 7 Kemampuan Ini

Baca Juga: 11 Foto Bersejarah yang Bikin Kamu Bersyukur dengan Pekerjaan Sekarang

Baca Juga: Bikin Dilirik HRD, Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar