Di Indonesia, drama Korea atau yang sering disingkat drakor, seakan sudah menjadi gulity pleasure yang bahkan bisa mengacaukan jam kerja atau rutinitas di rumah. Apa kamu termasuk salah satunya, Bela? Ada yang bisa menontonnya seharian penuh, bahkan rela begadang sampai subuh demi nggak penasaran dengan episode selanjutnya. Kegiatan yang dilakukan selama berjam-jam ini bahkan sampai membuat lupa makan, lho!

Tapi kamu perlu tahu, sama seperti banyak hal lainnya, menonton drama Korea berlebihan atau terlalu sering juga tidak akan berdampak baik untuk kejiwaanmu. Mungkin sekarang kamu belum sadar dengan efeknya. Tapi coba perhatikan 5 poin di bawah ini dulu, siapa tahu salah satunya atau beberapa memang sudah kamu rasakan.

Bisa membuat mood berantakan, bahkan baper seharian

Inilah yang Terjadi Ketika Kamu Terlalu Sering Nonton Drakordok.internet

Percaya deh, mood-mu pasti akan berubah sesuai dengan jalan cerita yang kamu tonton. Sedihnya, hal ini sering kali berlangsung seharian. Pecandu drama Korea pasti pernah merasakannya. Ketika jalan ceritanya menyenangkan, kamu akan bahagia. Sebaliknya, kalau jalan ceritanya sedih, kamu akan menangis seharian dan berakhir dengan mata sembab. Kalau ceritanya menyebalkan, kamu bisa-bisa akan memaki dan memarahi semua orang.

Lupa waktu karena penasaran jika belum menonton sampai selesai

Inilah yang Terjadi Ketika Kamu Terlalu Sering Nonton Drakordok.internet

Ya, para pecandu drakor akan dengan rela dan berbesar hati untuk begadang atau tidak tidur demi menyelesaikan episode drama Korea yang sedang ditonton. Drama Korea memang selalu sukses membuat penasaran penikmatnya. Bagi yang sudah candu, lupa waktu pun dianggap sebagai hal biasa. Tak jarang mereka bisa menyelesaikan seluruh film hanya dalam waktu satu hari saja, padahal jumlah episodenya belasan bahkan puluhan.

Jadi lupa dunia nyata

Inilah yang Terjadi Ketika Kamu Terlalu Sering Nonton Drakordok.internet

Efek yang satu ini bisa dibilang paling berbahaya bagi para pecandu drakor. Ketika kamu sudah terlalu menghayati cerita dalam drama Korea yang kamu tonton, kamu akan terbawa suasana dan perasaan yang terlalu dalam. Tak jarang, kamu pun akan menghayal menjadi salah satu pemeran dalam drama Korea tersebut. Kamu kemudian berharap agar kisah cintamu seindah jalan cerita di dalam drakor. Duh!

Terlalu berekspektasi tinggi

Inilah yang Terjadi Ketika Kamu Terlalu Sering Nonton Drakordok.internet

Aktor pria dalam drama Korea umumnya memiliki sifat yang romantis, tampan, dan keren. Setuju? Selain itu, mereka semua adalah sosok pria yang dewasa, bertanggung jawab dan sangat mencintai pasangannya. Untuk para perempuan, bukankah tipe seperti ini akan selalu jadi idaman? Padahal kenyataannya, setiap lelaki memiliki karakternya masing-masing. Kamu tidak bisa berekspektasi untuk memiliki pasangan sesempurna karakter aktor drakor. Nikmatilah kisah cintamu sendiri.

Ikut sedih dan galau mendengar soundtracknya

Inilah yang Terjadi Ketika Kamu Terlalu Sering Nonton Drakordok.internet

Meski kamu tidak mengerti apa arti liriknya, kamu ikut-ikutan sedih karena terbawa lagunya yang mellow. Tak kalah dengan ceritanya, soundtrack drama Korea juga selalu menyisakan kenangan yang begitu terasa ketika kamu mendengarkannya. Soundtrack drama Korea mungkin memang sangat cocok jadi lagu andalanmu saat patah hati. Tapi kalau kamu terus-terusan mendengarkan soundtrack drama Korea saat galau, lalu kapan kamu akan move on?

Sudah jelas kan, kalau 5 hal di atas membuat pola hidupmu tidak sehat? Apakah ada efek lain yang kamu rasakan setelah kecanduan drama Korea, Bela? Kalau kamu sampai lupa makan dan jarang bergerak karena terlalu asik menonton drakor, hati-hati ya, karena berbagai jenis penyakit bisa saja akan menghampirimu. Jadi mulai sekarang lebih atur waktu lagi ketika menontonnya, ya!

Baca Juga: Kamus Kosakata Drakor yang Harus Kamu Hafal

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa KDrama Sangat Diminati Banyak Orang

Baca Juga: 10 Karakter Pria di Drama Korea yang Susah Dilupakan