Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 9 Tips Supaya Bisa Membuat Bos Terkesan Kepadamu

Kamu bisa mencuri hati para atasan Bela

Tri Sintarini

Mencuri perhatian atasan memang menjadi tantangan tersendiri terutama bagi para generasi millenial. Tapi jangan khawatir,  berdasarkan pengalaman dari Sherlyn seorang manajer yang telah berpengalaman selama 10 tahun bekerja di bidangnya, ini sembilan trik yang bisa membantu dan mendukung kemajuan kariermu. 

1. Memperhatikan Penampilan

pexels.com/Moose Photos

Berpenampilan rapi serta menawan akan menambah nilai untukmu dan membuat atasan lebih menghargaimu. Tetapi yang terpenting sesuaikan dengan bidang pekerjaanmu, misalnya kamu bekerja di bidang kreatif lebih baik simpan bajumu yang bergaya formal.

2. Datang Minimal Lebih Awal Sebelum Jam Kerja Dimulai

Rawpixel.com / Freepik

Alangkah baiknya jika kamu hadir setengah jam lebih awal sebelum jam kerja. Ayo Bela apa saja yang kamu lakukan sebelum bekerja? Biasanya sederet rutinitas dilakukan seperti sarapan, menyiapkan secangkir kopi, ke toilet dan browsing di laptop, kemudian tanpa kamu sadari setengah jam pun telah berlalu. Ayo manfaatkan waktu semaksimal mungkin Bela.

3. To The Point Dalam Menyampaikan Sesuatu

pexels.com/rawpixel.com

Atasan merupakan orang yang selalu sibuk dan tidak punya waktu untuk bertele-tele. Jika ingin menyampaikan sesuatu kepada atasan, rencanakan sejak awal dan utarakan secara langsung ke inti permasalahan supaya diskusi berjalan lebih fokus.   

4. Fokus

pexels.com/rawpixel.com

Fakta di lapangan banyak pekerja menggunakan sebagian waktunya untuk menyelesaikan tugas yang tidak terkait dengan pekerjaan. Untuk menghindarinya, tetaplah fokus mengerjakan tugasmu dengan sebaik-baiknya. So, aktivitas seperti membuka media sosial lakukanlah di waktu istirahat.

5. Mengikuti Anjurannya

pexels.com/rawpixel.com

Ketika kamu telah menyelesaikan hasil laporan dan proyek coba tanyakan kepada atasanmu apakah pekerjaanmu sudah benar atau belum, kalau ternyata masih perlu direvisi kamu harus siap mengoreksinya.  Sikap seperti ini menunjukkan upayamu untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaanmu. 

6. Inisiatif

pexels.com/Kaboompics .com

Sikap inisiatif untuk mempelajari pekerjaan di luar job desk menunjukkan keinginan untuk mengasah kemampuanmu.

7. Ketika Mengalami Kesulitan dalam Pekerjaan, Akui Jika Memerlukan Bimbingannya

pexels.com/rawpixel.com

Jika diberi tugas tetapi kamu tidak tahu cara menyelesaikannya lebih baik jujur dan mengutarakan sejak awal bahwa kamu memerlukan bimbingannya. Atasan tentu lebih suka menyisihkan waktu selama lima menit untuk menjelaskan sesuatu dibandingkan harus menghabiskan lima jam untuk merevisi kesalahan-kesalahanmu.

8. Jadilah Orang yang Mudah Beradaptasi

pexels.com/mentatdgt

Atasan akan menghargai setiap karyawan yang memiliki berbagai keahlian dan mampu mengatasi setiap permasalahan meskipun harus rela keluar dari comfort zone. Sherlyn mengatakan karyawannya yang paling berharga adalah orang-orang yang bisa mengatasi situasi sulit dan mampu beradaptasi.

9. Jangan Kecewakan Atasanmu, Ingat Alasannya Merekrutmu

pexels.com/rawpixel.com

Tidak ada atasan yang ingin kecewa karena memperkerjakan orang yang salah, jadi ingatkan kepada dirimu sendiri bahwa kamu sangat kompeten untuk menyelesaikan tugasmu. Teruslah mengasah diri menjadi sosok yang berani, kreatif dan berpikir out of the box

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Working Life