Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Happy Birthday! Ini Kesuksesan Joy Red Velvet Sebelum Berumur 25 Tahun

Debut Idol, debut akting, hingga debut solo

Natasha Cecilia Anandita

Joy Red Velvet hari ini berulang tahun yang ke 25 tahun. Kekasih dari penyanyi Crush ini, selalu tampil cantik dan elegan di manapun. Tak hanya parasnya, kemampuannya juga luar biasa. Ia tak hanya pandai bernyanyi, tapi juga berakting. Baru saja berusia seperempat abad  dan masih amat muda, sederet kesuksesan Joy juga patut diapresiasi.

Mulai dari debut di bawah naungan agensi tiga teratas di Korea Selatan hingga masuk dalam belasan nominasi hingga memenangkannya. Berikut ini sederet kesuksesan Joy Red Velvet sebelum berumur 25 tahun.

Debut setelah dua tahun menjadi peserta pelatihan

instagram.com/_imyour_joy

Sejak kecil, penyanyi bernama Park Sooyoung ini tertarik pada musik trot modern. Ia disarankan menjadi penyanyi setelah mendapat pujian atas caranya dan keterampilan bernyanyinya dalam membawakan K-rock dari band Cherry Filter, "Flying Duck" dalam sebuah festival di sekolah dasarnya.

Joy pun memberanikan diri mengikuti audisi yang diselenggarakan agensi SM Entertainment yang bertajuk "S.M. Global Audition" di Seoul pada tahun 2012. Ia diterima oleh satu dari tiga agensi teratas di Korea Selatan itu. Selama menjadi peserta pelatihan (trainee), pelatihnya memberi nama panggung “Joy” untuknya.

Setelah dua tahun berlatih, Joy debut bersama Red Velvet pada tahun 2014. Ia menjadi hidden trainee dan diumumkan sebagai member keempat yang debut bersama Red Velvet setelah Irene, Seulgi dan Wendy yang kini telah bertambah bersama Yeri.

Jadi Powerful Celebrity bersama dengan grupnya, Red Velvet

instagram.com/_imyour_joy

Debut dalam girl group Red Velvet, banyak kesuksesan yang diraih Joy beserta dengan para anggota lainnya. Red Velvet diberi julukan sebagai selebritas paling kuat di Korea Selatan oleh Forbes Korea, Power Celebrity in 2018 and 2019.

Popularitasnya pun meningkat ke dunia internasional dengan mendapat predikat dari Billboard sebagai Group K-Pop paling populer di seluruh dunia. Sebagai idol, Joy juga kerap kali masuk dalam ranking teratas brand reputasi member girl group.

Bintangi banyak acara TV

instagram.com/_imyour_joy

Selain aktivitas bersama grup, Joy diketahui juga banyak memiliki aktivitas solo dengan mengunjungi berbagai acara TV. Mulai dari acara musik, variety show, hingga program kecantikan. Salah satu acara TV yang terkenal yang dibintanginya adalah We Got Married, bersama suami virtualnya Sungjae BTOB. Mereka juga berhasil memenangkan penghargaan dalam kategori Best Couple Award, di ajang MBC Entertainment Awards 2015 lalu. Pasangan tersebut memiliki pendukung yang banyak.

Joy juga mendapat pujian dari produser musik dan host musik terkenal Yoo Hee Yeol dan memberikan motivasi untuknya membuka sebuah studio musik kecil serta mengekspresikan minatnya untuk membuat musiknya sendiri.

Jadi host hingga isi banyak ost drama

instagram.com/_imyour_joy

Selain tampil menjadi bintang tamu di banyak acara, Joy beberapa kali juga terpilih menjadi host dan/atau co-host di berbagai acara TV populer seperti Sugar Man 2, Pajama Friends, serta Get It Beauty. Joy juga terpilih menjadi panelis dalam program Trick & True.

Bakat utama Joy tentu tak tersia-siakan, yaitu bernyanyi. Selain aktif bersama grupnya, Joy juga banyak mengisi soundtrack drama dan berduet dengan penyanyi lainnya. Soundtrack drama yang pernah ia bawakan adalah "Introduce Me A Good Person" (Ost. Hospital Playlist), "I'm Okay" ft. Lee Hyun-woo, "Your Days", "Waiting For You" (Ost. The Liar and His Lover), serta banyak lainnya.

Single lainnya bersama dengan penyanyi lain juga tak kalah populer dan enak didengar seperti "Young Love" ft. Yook Sung-jae, "Always In My Heart" ft. Lim Seul-ong, "First Christmas" ft. Doyoung NCT dan “May Day” ft. Crush, sang kekasih.

Debut akting sebagai pemeran utama

instagram.com/_imyour_joy

Tak hanya bernyanyi dan membawakan acara, Joy juga turut berakting. Ia memulai debut aktingnya pada 2017 lalu, tak tanggung-tanggung ia dipilih menjadi pemeran utama wanita yang beradu akting dengan Lee Hyun Woo dalam drama bergenre romantis, musikal, drama, The Liar and His Lover.

Kemudian, Joy kembali menghiasi dunia drama Korea pada 2018 dalam drama yang berjudul Tempted, yang juga dibintangi oleh Moon Gayoung, Woo Do Hwan, dan Lee Min Jae. Kini Joy juga telah bersiap untuk drama terbarunya Only One Person.

Dalam karier aktingnya, Joy masuk dalam beberapa nominasi di ajang penghargaan baik dalam kategori Popularity Award, Best Idol Actor, Top 10 Artist Bonsang, Artist of the Year (Daesang), Best Actress, Excellence Award, dan Rookie of the Year.

Debut solo, Joy puncaki chart iTunes berbagai negara

instagram.com/_imyour_joy

Debut sebagai idol sudah, debut akting pun sudah, debut selanjutnya yang ditunggu penggemar adalah debut solonya sebagai penyanyi. Joy akhirnya debut solo pada 31 Mei 2021 lalu dengan Album dan title track bertajuk “Hello”.

Album tersebut merupakan album remake dari lagu-lagu hit di era 1990-2000-an. Album tersebut berhasil menduduki peringkat iTunes Top Album Chart di 26 negara. Single-nya sendiri menduduki peringkat pertama di chart musik domestik seperti Genie dan Bugs.

Brand ambassador merek ternama dan tampil di berbagai majalah

instagram.com/_imyour_joy

Popularitas Joy membuatnya ‘digandeng’ oleh berbagai merek ternama menjadi brand ambassador mereka. Pada Juli 2018 Joy dinobatkan sebagai model baru dan endorser untuk produk minuman dari Lotte, Fitz . Di tahun selanjutnya, tepatnya pada Mei 2019, eSpoir , bagian dari kosmetik terkemuka Korea Selatan, Amore Pacific, memilih Joy sebagai inspirasi resmi untuk produk makeup dan perawatan kulit mereka.

Pada tahun 2020, Joy menjadi wajah baru dari brand Aveda Korea Selatan, yang dimiliki oleh Estée Lauder. Terbaru, Joy menjadi brand ambassador merek tas mewah Italia, Tod's di Korea pada 13 Agustus 2021. Brand lainnya yang juga turut menggandeng Joy adalah UGGLife, dan Samsung.

Penyanyi dan aktris yang hari ini berulang tahun itu, juga kerap menghiasi berbagai cover majalah ternama seperti Harper Bazaar, W Korea, allure, Dazed, GQ Korea, Singles, Elle Korea, dan lainnya.

Masuk nominasi dan menang penghargaan

instagram.com/_imyour_joy

Dari awal berkarier hingga usianya sebelum 25 tahun, Joy telah meraih banyak kesuksesan salah satunya dengan masuk ke dalam belasan nominasi dan memenangkan beberapa di antaranya. Penghargaan tersebut berkategori dalam bidang musik, presenter maupun aktingnya.

Penghargaan yang ia menangkan, antara lain Newcomer Award dalam OSEN Cable TV Awards 2017 untuk aktingnya di drama The Liar and His Lover. Penghargaan lain yang ia raih adalah Best Female Variety Idol dalam program Get It Beauty and Handsome Tigers dalam penghargaan Brand Customer Loyalty Awards 2020.

Ia juga meraih penghargaan untuk kategori Best Couple Award bersama Yook Sung Jae dalam MBC We Got Married dan New Star Award untuk program yang sama dalam ajang penghargaan MBC Entertainment Awards 2015. Di ajang tersebut, Sungjae dan Joy juga menampilkan penampilan special yang tak terlupakan penggemar.

Joy juga diketahui telah mendonasikan 10 juta won untuk Community Chest of Korea untuk membantu mereka yang terkena pandemi COVID-19 di Korea Selatan. She’s so kind, ya, Bela.

instagram.com/_imyour_joy

Itulah kesuksesan Joy Red Velvet sebelum berusia 25 tahun yang tepat hari ini berulang tahun. Happy birthday Joy, sukses selalu!

IDN Media Channels

Latest from Working Life