Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

[UPDATE] Fakta Hilangnya Eril, Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Swiss 

Jenazah Eril telah ditemukan

Natasha Cecilia Anandita

Kabar mengejutkan datang dari anak laki-laki Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, yang dilaporkan hilang di Sungai Aare, Swiss, pada Kamis (26/5/2022). Elpi Nazmuzaman sebagai perwakilan keluarga Ridwan Kamil membenarkan informasi tersebut.

Tim SAR dan pihak berwenang Swiss kini tengah melakukan pencarian. Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad, juga mengatakan saat ini tim SAR dan pihak berwenang Swiss tengah melakukan pencarian.

Berikut beberapa fakta dan kronologi hilangnya anak Ridwan Kamil, Eril, di sungai Aare, Swiss.

Di Swiss untuk mencari sekolah jenjang S2

instagram.com/ataliapr

Dari keterangan yang disampaikan pihak keluarga, Ridwal Kamil bersama keluarganya termasuk Eril sedang berada di Swiss. Mereka sedang mencari sekolah jenjang S2 untuk Eril. Saat keluarga berada di Swiss, Ridwan Kamil pergi sementara ke Inggris untuk urusan pemerintahan.

Hilang terbawa arus saat sedang berenang

instagram.com/emmerilkahn

Di sela kegiatan utama di Swiss, rombongan keluarga Ridwan Kamil berwisata dan berenang di Sungai Aare, Bern pada Kamis (26/5/2022) waktu setempat. Mereka yang berenang termasuk istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, adik Eril, dan kawannya.  

Saat hendak naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Insiden itu terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah, seperti yang dikatakan Elpi pada media.

Sedang dalam pencarian

instagram.com/emmerilkahn

Kini, tim SAR dan pihak kepolisian juga masih mencari keberadaan Eril. Pihak keluarga meminta doa agar Eril dapat ditemukan dan berkumpul kembali bersama keluarga. Pencarian sempat dihentikan pada malam hari dan akan dilanjutkan pada Jumat pagi waktu setempat.

"Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi (Jumat 27/5/2022) waktu Swiss,” ujar Elpi dalam keterangan yang diterima IDN Times, Jumat (27/5/2022) pagi.

"Benar, saat ini sedang dalam pencarian oleh pihak Kepolisian dan SAR setempat. Mohon doanya," kata Elpi.

Ridwan Kamil langsung ke Swiss untuk damping proses pencarian

tribunnews.com

Mendengar kabar tersebut, Ridwan Kamil yang berada di Inggris langsung bergegas ke Swiss dan saat ini sudah bertemu dengan keluarga. Ia ingin melihat langsung proses pencarian Eril.

"Saat kejadian, Pak Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat. Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana," kembali kata Elpi Nazmuzaman.

Jenazahnya telah ditemukan

instagram.com/ataliapr

Setelah ikhlas dan pencarian terus dilakukan, akhirnya pada Rabu (8/6/2022) pukul 6.50 waktu setempat atau 11.50 WIB, jenazah Eril berhasil ditemukan oleh Tim SAR Swiss. Berdasarkan  rilis yang diterbitkan Polisi Bern di situs resmi mereka pada Kamis (9/6/2022), spesialis dari polisi air Bern mendapati tubuh pria itu di cekungan luapan bendung dan kemudian menyelamatkannya.

Dipastikan bahwa pria itu sudah tak bernyawa. Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa korban meninggal adalah warga negara Indonesia (WNI) yang hilang di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022).

Itulah kabar terkini tentang hilangnya anak laki-laki Ridwan Kamil, Eril yang telah ditemukan. Jenazah Eril rencananya akan dipulangkan ke Tanah Air pada Minggu, 12 Juni 2022 dan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

IDN Media Channels

Latest from Working Life