Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengulik Perjalanan Karier Ferry Irawan, Pernah Jadi Cover Boy

Saat ini jadi tersangka KDRT

Nabila Damaan

Ferry Irawan dilaporkan istrinya Venna Melinda atas dugaan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) pada awal Januari lalu. Delapan hari usai pelaporan, Senin (16/01/23) Ferry Irawan resmi ditahan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Timur terkait kasus KDRT. 

Seperti yang banyak diketahui, nama Ferry Irawan kembali harum setelah menjalin hubungan dengan ibunda Verrel Bramasta, Venna Melinda. Aktor kelahiran 1977 ini kembali merajut asmara setelah dikabarkan bercerai dengan mantan istrinya di tahun 2021.

Mungkin untuk remaja tahun 90’an sudah nggak asing lagi dengan aktor yang satu ini. Pasalnya, wajah Ferry Irawan kala muda kerap wara-wiri di beberapa majalah, iklan, dan sinetron Indonesia.

Identik dengan alisnya yang tebal, kali ini Popbela ingin membahas perjalanan karier Ferry Irawan, di bawah ini.

Jadi Coverboy majalah Mode di usia 16 tahun

instagram.com/ferryirawanreal & koleksinyawodjo

Pemilik nama lengkap Raden Ferry Irawan ini memulai karier di dunia hiburan Tanah Air sejak usia 16 tahun. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya foto dirinya di majalah Mode keluaran tahun 1993.

Dalam lembar majalah tersebut, ia bersanding dengan aktor kenamaan Indonesia lainnya, yakni Ivan Renaldi. Dari foto tersebut kita mengetahui bahwa Ferry Irawan merupakan alumni SMAN 42 Jakarta.

Semenjak itu, beberapa kali wajahnya muncul sebagai model dalam majalah Mode. Seperti pada Majalah Mode edisi ‘94, dan edisi ‘99.

Kerap muncul di sampul muka majalah

instagram.com/ferryirawanreal & happymemories85

Setelah wajah dirinya muncul menjadi model, tentu Ferry Irawan muda juga sering muncul di halaman muka majalah-majalah besar. Hal itu didukung dengan tubuhnya yang atletis, rahangnya yang kuat serta sorotan matanya yang tajam.

Adapun majalah yang pernah memamerkan wajah Ferry Irawan di antaranya Majalah Aneka edisi ‘97, Majalah Anita ‘97, Majalah Mode edisi Valentine, dan majalah film.

Peruntungan jadi model iklan

Nggak hanya sebatas bintang majalah, Ferry juga menjajal dunia akting, nih, Bela. Salah satu iklan yang mempopulerkannya saat itu ialah iklan sampo Clear. Belum diketahui tahun berapa iklan tersebut diproduksi. Namun, rambut belah tengah yang menjadi ciri khas Ferry saat itu ditampilkan dalam iklan shampo tersebut. 

Dalam keterangan yang ada dalam Majalah Mode edisi ‘99, selain menjadi bintang iklan sampo, ia juga menjadi bintang iklan sepatu Homyped bersama Jihan Fahira. Ferry juga diketahui membintangi iklan seperti Gizi Whitening Cream (1997), dan Tora Bika (1999-2000).

Sosok aktor satu ini makin populer setelah membintangi video klip "Wulan Merindu" yang dinyanyikan oleh Cici Paramida. Bahkan setelah itu, Ferry Irawan menjalin hubungan dengan Cici Paramida.

Pernah jadi atlet beladiri

instagram.com/memorijadoel

Tubuhnya yang atletis ternyata didapatkan karena semaja remaja Ferry Irawan mengikuti ragam latihan beladiri. Bahkan, Ferry juga bisa disebut sebagai seorang atlet beladiri.

Ia belajar karate selama empat tahun dan belajar taekwondo selama dua tahun. Dari kemampuan itu, Ferry pada 1993, berhasil merebut medali emas dalam kejuaraan nasional, dan medali perunggu pada 1994.

Raja sinetron dan pembawa acara

instagram.com/ferryirawanreal

Namanya semakin terkenal sejak tampil bersama Agnes Monica membawakan program acara anak-anak di RCTI. Begitu pula dengan penampilannya bersama Ari Wibowo dalam sinetron laga Perjalanan (1997).

Sejak saat itu ia kerap kali bermain di berbagai judul sinetron, yang membuatnya beradu akting dengan aktor dan aktris lainnya, seperti Nafa Urban, Ari Wibowo, Teuku Ryan, Desy Ratnasari, Ferry Irawan, Primus Yustisio, Jihan Fahira, dan masih banyak lagi. 

Adapun judul sinetron yang pernah ia bintangi adalah sebagai berikut:

Istri Pilihan (1997—1998), Perjalanan (1997—1998), Melati (1998), Hari Berganti Hari (1999), Pertalian (1999), Cinta Rasa Torabika (1999), Hati yang Terpilih (2000), Ksatria Banjaran (2003), Lima Cantik (2003), Kisah Adinda (2004), Amanda (2009), Dewa (2011), Kau yang Berasal dari Bintang (2014), Kembang Padjadjaran (2020), dan terbaru Menolak Talak (2022).

Merambah ke layar lebar

instagram.com/ferryirawanreal

Kemampuan aktingnya kala itu membuat Ferry Irawan dipercaya membintangi sejumlah judul film layar lebar. Film pertama yang ia bintangi yakni Hantu Jeruk Purut di tahun 2006.

Di tahun-tahun berikutnya ia juga masih membintangi judul film horor, seperti Leak (2007) Film Horor (2007), serta Belenggu (2013) dan Taman Lawang (2013). Film terbaru yang ia bintangi ialah Ashiap Man bersama Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Bintang tamu sejumlah acara

instagram.com/ferryirawanreal

Ferry Irawan dan Venna Melinda diketahui mulai dekat ketika Venna mengundang Ferry ke dalam acara podcast di kanal YouTubenya. Setelah dekat dengan politikus tersebut, kedekatannya menjadi sorotan publik. Ia dan Venna kerap diundang ke sejumlah acara, baik untuk YouTube maupun televisi. 

Laki-laki yang sudah tiga kali gagal dalam pernikahan ini disorot karena telah menjalin hubungan dengan Venna. Keduanya tampak sering bermesraan di setiap waktu. Bahkan ketika acara pernikahan keduanya disiarkan dalam sebuah acara televisi.  

Itulah perjalanan karier Ferry Irawan, mantan Cover boy dan model majalah yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka kasus KDRT yang menimpa sang istri, Venna Melinda.

IDN Media Channels

Latest from Working Life