Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Disebut Akan Gantikan Kim Jong Un, Ini Deretan Fakta Kim Yo Jong

Akan jadi pimpinan perempuan pertama di Korea!

Firly Fenti

Saat ini, kabar mengenai kondisi kesehatan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, masih jadi perbincangan. Di Korea, Kim Jong Un diisukan dalam kondisi koma. Di balik isu kondisi kesehatan Kim Jong Un tersebut, ada sebuah isu yang juga turut masif dibicarakan banyak orang, yaitu mengenai sosok Kim Yo Jong yang diduga akan menggantikan posisi Kim Jong Un. 

Kim Yo Jong sendiri merupakan adik dari Kim Jong Un yang saat ini berposisi sebagai Direktur Komite Sentral Partai Buruh. Jika Kim Yo Jong benar menggantikan posisi sang kakak, maka untuk pertama kalinya dalam sejarah, perempuan akan menempati posisi pimpinan tertinggi di negara yang terkenal kental dengan budaya patriarkinya tersebut.

Lalu, kira-kira, bagaimana sosok perempuan yang merupakan anak ketiga dari pasangan Kim Jong-il dan Ko Yong-hui tersebut? Untuk mengetahuinya, Popbela sudah merangkum 5 fakta seputar Kim Yo Jong. 

1. Disebut lebih kejam dari sang kakak

Dok.Internet

Banyak pakar yang menyebutkan bahwa apabila Kim Yo Jong menjadi pemimpin, maka ia akan menjadi pemimpin yang paling brutal di negara terisolasi tersebut. Salah satu pakar yang mengungkapkan hal tersebut ialah pensiunan Angkatan Darat Amerika Serikat, Kolonel David Maxwell, yang mengatakan bahwa Kim Yo Jong akan memerintah dengan "tangan besi"nya. 

Senada dengan Maxwell, Sung Yoon-lee, seorang profesor di Tufts University’s Fletcher School of Law and Diplomacy, juga mengatakan hal yang serupa. Menurut Lee, Kim Yo Jong dianggap sebagai pribadi yang ambisius dan mampu memberikan "cahaya feminin yang lebih lembut pada muka brutal rezimnya". 

Namun itu semua akan berubah ketika ia menjadi pemimpin. Ia akan jauh lebih kejam daripada saudara laki-laki, ayah, atau kakeknya. Lee juga menambahkan bahwa menjadi diktator yang kejam ialah cara yang akan dilakukan oleh Kim Yo Jong untuk membangun kredibilitas, kekayaan, serta cara dalam memperoleh kehormatannya.

2. Terkenal sangat pintar

Dok.Internet

Mengikuti jejak Kim Jong Un, Kim Yo Jong juga bersekolah di Swiss dan tinggal di sebuah apartemen sederhana. Semasa sekolah di Liebefeld-Steinhölzli, Bern, ia menggunakan nama samaran Park Mi Hyang. Setelah menyelesaikan sekolahnya di Swiss pada 2000, ia melanjutkan studinya di dua universitas, yaitu di Universitas Militer Kim Il-sung dan menempuh studi ilmu komputer di Universitas Kim Il-sung.  

3. Usia sebenarnya tidak diketahui

Dok.internet

Jika melakukan pencarian dengan kata kunci "umur Kim Yo Jong" di mesin pencari, maka hasil penelusuran menunjukkan bahwa umur Kim Yo Jong ialah 32 tahun atau kelahiran tahun 1988. Namun, nyatanya, tidak ada satupun yang mengetahui tahun kelahiran Kim Yo Jong secara persis. 

Banyak pihak yang mencatat tahun kelahiran Kim Yo Jong dengan tahun yang berbeda-beda, seperti Departemen Keuangan AS yang menyebut bahwa Kim Yo Jong lahir tahun 1989 dan agen intelijen Korea Selatan yang menyebut bahwa ia lahir pada tahun 1987. 

4. Punya ciri khas gaya

Dok.Internet

Seperti pemimpin lainnya yang memiliki ciri khas dalam berpakaian, Kim Yo Jong juga memiliki ciri khasnya tersendiri. Kim Yo Jong sangat mudah dikenali lewat busananya yang selalu menggunakan pakaian bewarna hitam dan sepatu hak tinggi. Kim Yo Jong juga disebut oleh beberapa peneliti Korea Utara mempunyai kepribadian yang bertolak belakang dari Kim Jong Un. Dia dianggap sebagai pribadi yang murah senyum dan selalu tampak ceria.

5. Tidak pernah muncul di publik selama satu dekade

Dok.Internet

Sebelum dibicarakan masif seperti sekarang, dahulu Kim Yo Jong sempat sama sekali tidak pernah menunjukkan dirinya di hadapan publik hingga 2010 lalu. Kemunculan perdananya di hadapan media adalah saat ia mengikuti Konferensi Partai Pekerja Korea Utara. 

Selain itu, Kim Yo Jong juga sempat hadir ke publik pada tahun 2011 lalu saat sang ayah meninggal dunia. Di tahun tersebutlah menjadi awalan bagi Kim Yo Jong untuk sering tampil ke publik dan bahkan sempat beberapa kali menggantikan peranan politik Kim Jong Un.  

Itulah deretan fakta Kim Yo Jong yang konon akan menggantikan posisi Kim Jong Un kelak. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life