Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Grup K-Pop dengan Album Terlaris di Tahun 2022, Tembus 1 Juta Kopi!

Ada BTS, BLACKPINK, TXT hingga Itzy!

Elni Novitasari

Meningkatnya eksistensi budaya Korea ,terutama musik K-pop, secara internasional membuat terjadinya peningkatan dalam penjualan album grup K-pop di seluruh dunia.

Dengan meningkatnya popularitas di kalangan fans internasional, para idol ini menjadi lebih mudah menjual lebih dari 1 juta kopi album setiap kali mereka comeback. Melansir dari allkpop.com, berikut 13 grup K-pop yang berhasil menjual 1 juta kopi album di tahun 2022.

1. BTS

instagram.com/bts.bighitofficial

Di tahun ini, BTS mengeluarkan album antologi bertajuk PROOF dengan 2 versi, yakni standard version dan compact version. Total penjualan album ini mencapai 3,37 juta kopi dan menjadi album dengan penjualan terbanyak di tahun ini. Album ini juga berhasil tembus chart Billboard 200 di peringkat pertama tahun ini. 

2. Seventeen

Rolling Stone

Di tahun ini, Seventeen mengeluarkan 2 album, yakni Face The Sun dan dilanjutkan dengan album Sector 17 Repackage. Grup yang beranggotakan 13 orang ini sukses menjual 2,72 kopi untuk album Face The Sun di minggu pertama perilisannya. Kedua album ini juga tembus chart Billboard 200 di tahun ini masing-masing berada di peringkat 7 dan 4.

3. BLACKPINK

allkpop.com

Setelah 2 tahun penantian, akhirnya BLACKPINK comeback dengan merilis album bertajuk Born Pink yang mana lagu "Pink Venom" menjadi title track. Album ini sukses terjual hingga 2,51 juta kopi dan menjadikan BLACKPINK sebagai girl group dengan penjualan album terbanyak di tahun ini.

4. NCT Dream

twitter.com/@nctsmtown_dream

Sama seperti Seventeen, NCT Dream juga merilis dua album di tahun ini. Pertama, album Glitch Mode yang dirilis pada 28 Maret 2022 berisi 11 buah lagu. Dua bulan kemudian NCT Dream kembali merilis album bertajuk Beatbox yang berisi 15 lagu. Album tersebut sukses terjual sebanyak 2,1 juta kopi.

5. NCT 127

Dok. BliBli

Sub unit dari NCT, yakni NCT 127 juga merilis album di tahun ini. Album bertajuk 2 Baddies berhasil terjual sebanyak 1,83 juta kopi dan menjadikan album tersebut perada di peringkat 3 di chart Billboard 200 tahun ini.

6. aespa

instagram.com/aespa_official

Mini album aespa bertajuk Girls tembus penjualan hingga 1,79 juta kopi sejak perilisannya pada 8 Juli 2022 lalu. Mini album ini juga berhasil menduduki tangga lagu Amerika di urutan ke 200, serta menduduki peringkat ke-3 di chart Billboard 200.

7. TXT

dbkpop.com

Tomorrow X Together atau TXT resmi comeback dengan merilis mini album berjudul Minisode 2: Thursday's Child. Mini album berisi 5 lagu ini rilis pada 9 Mei lalu dan sukses terjual sebanyak 1,74 juta kopi. Sejak perilisannya, mini album ini berhasil tembus chart Billboard 200 di posisi ke-4 di tahun ini.

8. Stray Kids

allkpop.com

ODDINARY menjadi album pertama yang dirilis Stray Kids pada tahun 2022. Album ini berisi 7 buah lagu dan lagu "Maniac" dipiih sebagau title track. Album ini laris terjual hingga tembus 1,72 juta kopi serta berhasil menduduki peringkat pertama pada chart Billboard 200 tahun ini.

9. ENHYPEN

dbkpop.com

Pada awal tahun 2022, ENHYPEN merilis album bertajuk DIMENSION: ANSWER dalam bentuk repackage. Album ini berisi 11 lagu yang mana terdiri dari 8 lagu di album DIMENSION: DILEMMA serta 3 buah lagu baru. Album ini sukses terjual hingga 1,56 juta kopi dan menduduki peringkat ke-14 pada chart Billboard 200.

10. IVE

twitter.com/IVEstarship

IVE merupakan idol grup yang baru debut pada Desember 2021 lalu. Namun, kesuksesan album debutnya terus meningkat hingga awal tahun 2022. Album bertajuk ELEVEN sukses menarik perhatian, terutama lagu yang menjadi title track-nya yaitu "ELEVEN". Album ini terjual hingga 1,37 juta kopi, dan pencapaian tersebut membuat IVE menjadi kandidat Monster Rookie oleh warganet Korea.

11. TWICE

Dok. Spotify

TWICE berhasil membuktikan kesuksesannya sebagai salah satu girl grup terbaik dari generasi ke-3 melalui segala prestasinya. Tahun ini, TWICE kembali memecahkan rekor pre-order yang tembus 1,05 juta kopi pada album terbarunya BETWEEN 1&2. Album ini terdiri dari 7 lagu dengan lagu "Talk That Talk" menjadi title track-nya. 

12. ITZY

twitter.com/itzypicz

Di pertengahan tahun 2022, ITZY comeback dengan mengeluarkan mini album ke lima yang bertajuk CHECKMATE. Mini album ini terdiri dari 7 buah lagu dan lagu "SNEAKERS" menjadi title track. Mini album ini berhasil terjual hingga 1,01 juta kopi dan menduduki posisi ke-8 pada chart Billboard 200. Comeback ITZY kali ini juga diikuti dengan World Tour pertama mereka dari Seoul hingga New York. 

13. ATEEZ

Hellokpop.com

Selain ITZY, ATEEZ juga merilis album terbaru nya pada pertengahan awal tahun. Album bertajuk ATEEZ THE WORLD EP 1: MOVEMENT tersebut, dirilis dalam 3 versi. Total penjualan album mencapai 1 juta kopi dan berhasil menduduki peringkat ke-3 pada chart Billboard 200. Setelah album ini dirilis, ATEEZ akan melanjutkan promosi mereka dengan World Tour yang dimulai di Korea, Jepang, Amerika hingga Kanada.

Itu dia 13 grup K-pop yang berhasil comeback dengan menjual lebih dari 1 juta kopi album di tahun 2022. Di antara semua grup di atas, mana yang jadi favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life