Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berdarah Biru, 8 Artis Bollywood Ini Berasal dari Keluarga Kerajaan

Saif Ali Khan merupakan keturunan aristokrat Pataudi

Cynthia Claudia

Kebanyakan seleb Bollywood dikenal karena kemewahan gaya hidupnya dan pesonanya yang karismatik. Namun, ternyata beberapa di antara mereka telah menikmati kekayaan dan kehidupan yang mewah sejak kecil.

Mereka rupanya mewarisi darah bangsawan dari keluarga kerajaan India. Pesona karismatik ini lantas melekat pada garis keturunan yang bersal dari keluarga kerajaan India.

Nah, nggak banyak yang tahu, lho, kalau deretan selebriti Bollywood berikut ternyata merupakan keturunan bangsawan. Simak, yuk, siapa saja!

1. Saif Ali Khan

dnaindia.com

Aktor Bollywood Saif Ali Khan merupakan keturunan aristokrat Pataudi, sebuah kota yang terletak di distrik Gurgaon, Haryana, India. Kakeknya, Iftikhar Ali Khan Pataudi, merupakan pemegang gelar bangsawan Pataudi terakhir, karena kepemilikan gelar kerajaan dihapus melalui Amandemen ke-26 Konstitusi India. Sehingga, ayahnya, Mansoor Ali Khan Pataudi, juga merupakan seorang keturunan Pataudi yang menjabat sebagai mantan kapten tim kriket India.

Sementara perempuan terkemuka dari garis keturunan Pataudi adalah nenek dari pihak ayah Saif Ali Khan, Sajida Sultan. Istana Pataudi yang dikelola keluarga Pataudi dikenal sebagai 'Ibrahim Kothi', sekarang merupakan hotel mewah yang muncul sebagai latar tempat di berbagai film populer seperti Eat Pray Love, Veer Zaara, Mangal Pandey, dan Lagaan.

2. Kiran Rao

dnaindia.com

Kiran Rao merupakan produser film India, sutradara, sekaligus penulis skenario yang berasal dari keluarga Nizam di ibu kota Hyderabad, Telangana, India Selatan. Kakeknya merupakan seorang Raja Wanaparthy, atau dikenal sebagai Wanaparthy Samsthanam (Zamindar), yang berkuasa atas kota Wanaparthy.

Menariknya, Kiran Rao merupakan sepupu pertama Aditi Rao Hydari, sosok yang juga termasuk dalam daftar ini.

3. Aditi Rao Hydari

dnaindia.com

Aditi Rao Hydari, pemeran Rockstar, Kaatru Veliyidai dan Padmaavat,  memiliki garis keturunan kerajaan yang beragam. Ia merupakan keturunan dari Sir Muhammad Akbar Nazir Ali Hydari, Perdana Menteri Negara Bagian Hyderabad, sekaligus menjabat sebagai anggota Dewan Eksekutif Viceroy.

Aktris berusia 42 tahun tersebut juga merupakan cucu dari Muhammad Saleh Akbar Hydari, seorang pegawai negeri dan Gubernur provinsi Assam yang berasal dari Inggris.

4. Manisha Koirala

dnaindia.com

Manisha Koirala merupakan keturunan Nepal, lebih tepatnya dari Keluarga Brahmana Koirala, yang menjabat sebagai politikus kota Nepal. Keluarganya berlatar belakang bangsawan yang dikenal sebagai keluarga Koirala.

Kakeknya, Bishweshwar Prasad Koirala, merupakan Perdana Menteri Nepal yang menjabat selama tahun 1950an dan 1960an. Ayah Manisha Koirala sendiri menjabat di kabinet Nepal sebagai Menteri Lingkungan, Sains, dan Teknologi. Nenek moyang dari keluara Manisha Koirala kebanyakan menjabat di berbagai posisi penting kementerian negara Nepal.

5. Irrfan Khan

quora.com

Irrfan Khan memiliki nama kelahiran Sahabzade Irfan Ali Khan, yang merupakan keturunan dari keluarga Pathan di negara bagian barat laut India, Rajasthan. Ibunya, Saeeda Begum, berasal dari Tonk, sebuah desa dekat Rajasthan.

Ibunya merupakan keturunan dari keluarga Tonk Hakim, yang berkuasa terhadap desa Tonk. Ayah Irrfhan Khan merupakan seorang zamindar terkenal di desanya. Zamindar merupakan istilah yang mengacu pada pegawai yang dipekerjakan Kekaisaran Mugha, kerajaan Islam yang berkuasa di India pada abad ke-16 hingga ke-19.

6. Sagarika Ghatge

indiatoday.in

Sagarika Ghatge, model sekaligus aktris India ini merupakan keturunan keluarga kerajaan Shahu Maharaj, yang berasal dari kota Kolhapur, India. Ayahnya berasal dari keluarga kerajaan Kagal, sementara neneknya yang bernama Sita Raje Ghatge merupakan putri Tukojirao Holkar III dari kota Indore, India.

7. Riya Sen dan Raima Sen

scmp.com

Kakak beradik yang berasal dari suku Bengali ini bergabung di dunia Bollywood pada tahun 1990an, mengikuti jejak ibu dan neneknya. Mereka dikenal publik sebagai peran pendukung dalam berbagai film Bollywood, namun tidak banyak yang tahu bahwa mereka merupakan keturunan keluarga bangsawan.

Nenek dari pihak ayahnya, Ila Devi, merupakan putri Raja Sayajirao Gaekwad III dari kota Baroda, India. Sementara Ibu Ila Devi, Indira Raje, adalah putri Cooch Behar. Selain itu, adiknya, Gayatri Devi, adalah permaisuri Maharani ketiga di Jaipur dari tahun 1940 hingga 1949, melalui pernikahannya dengan Maharaja Sawai Man Singh II. 

8. Bhagyashree

indianaexpress.com

Bhagyashree, aktris populer yang dikenal melakoni Suman di film Maine Pyaar Kiya tahun 1989 bersama Salman Khan ini berasal dari keluarga kerajaan Patwardhan dari kota Sangli, Distrik Maharashtra, India Barat. Dirinya merupakan putri tertua dari Maharaja Vijaysinh Raje Patwardhan, seorang Raja kota Sangli.

Itulah 8 seleb Bollywood yang merupakan keturunan dari keluarga kerajaan, Bela. Sulit dipercaya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life