Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada Cristiano Ronaldo, Ini Daftar 10 Pemain Bola Terkaya Tahun 2023

Menerima endorsement merek-merek ternama

Cynthia Claudia

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak diikuti di dunia. Olahraga yang terdiri dari 11 pemain di setiap sisi kiri dan kanan ini diikuti oleh lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Pemain sepak bola tentu saja merupakan salah satu atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Jabatannya sebagai pemain bola profesional memikat banyak merk-merk global ternama untuk bekerja sama dengan mereka. Melansir Pulse Sports, berikut ini adalah daftar 10 pemain bola terkaya tahun 2023.

10. Alexandre Pato - U$D150 juta

transfermarkt.com

Alexandre Pato merupakan salah satu daftar pemain bola terkaya tahun 2023 yang menempati peringkat ke-10. Alexandre merupakan pemain bola profesional  berusia 33 tahun yang berasal dari Brasil.

Ia terakhir bermain sebagai striker untuk klub MLS Orlando City. Ia pernah terlibat dalam berbagai klub ternama seperti Internacional, Corinthians, Chelsea, Villareal, dan AC Milan.

Menurut DailyMail, kekayaan Alexandre terdiri dari berbagai sumber seperti endoresement dari CoverGirl Cosmetics, investasi di properti, jaringan restoran, minuman keras, fashion dan lainnya.

9. Ronaldo Nazário - Kekayaan bersih: U$D160 juta

pulsesports.ng

Ronaldo Nazário merupakan mantan pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai striker untuk Real Madrid, Barcelona, Inter Milan serta klub lainnya. Ia juga menjabat sebagai pemilik bisnis, presiden klub La Liga Real Valladolid, dan pemilik klub Brasileiro Série A Cruzeiro. 

Sebagai salah satu pemain bola terkaya tahun 2023, Ia pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA tiga kali dan memenangkan dua penghargaan Ballon d'Or. Ia mengumpulkan kekayaannya melalui investasi properti dan mobil mewah.

8. Wayne Rooney - Kekayaan bersih: U$D170 juta

pulsesports.ng

Wayne Rooney adalah mantan pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai striker untuk klub Liga Premier Manchester United, Everton dan tim nasional Inggris.

Pemain Inggris berusia 37 tahun itu adalah pencetak gol terbanyak untuk timnas Inggris, dan untuk Manchester United. Namun, sekarang ia mengelola klub MLS D.C United, setelah melatih klub Championship Derby County.

Rooney bekerja sama sebagai brand ambassador untuk merek-merek terkenal seperti Nike, Nokia, Ford, Asda, dan Coca-Cola. Dirinya juga muncul di tujuh sampul seri video game FIFA Electronic Arts versi Inggris, dari FIFA 06 hingga FIFA 12.

7. Zlatan Ibrahimovic - Kekayaan bersih: U$D190 juta

pulsesports.ng

Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu pemain bola terkaya ke-7 di dunia pada tahun 2023. Zlatan Ibrahimovic adalah pesepakbola Swedia keturunan Bosnia dan Kroasia. Pemain Swedia berusia 41 tahun itu saat ini bermain untuk juara Serie A AC Milan, dan dianggap sebagai salah satu striker terhebat di generasinya.

Zlatam bekerja sama dengan Nike, Ia telah muncul di banyak iklan bersama pemain lain yang didukung oleh perusahaan.

6. Neymar - Kekayaan bersih: U$D200 juta

instagram.com/neymarjr

Neymar adalah pemain sepak bola profesional asal Brasil, yang pernah bermain untuk klub Paris Saint-Germain, setelah Santos FC dan FC Barcelona yang memenangkan treble pada tahun 2015.

Neymar mengumpulkan kekayaannya karena pernah bekerja sama dengan merk-merk perusahaan pakaian olahraga terkenal seperti Nike dan Puma. Ia telah mensponsori berbagai perusahaan sejak reputasinya mulai meningkat pada usia 17 tahun.

5. Dave Whelan - Kekayaan bersih: U$D210 juta

express.co.uk

Dave Whelan memulai kariernya di liga sepak bola Inggris, dan kemudian pensiun untuk menjalani bisnis supermarket. Ia sekarang merupakan pengusaha sukses setelah pensiun pada tahun 1966, dan memiliki toko yang menjual alat-alat memancing bernama JJB Sports.

Dave merupakan mantan pemilik klub Wigan Athletic, yang juga menjadi ketua klub selama dua puluh tahun, sebelum menyerahkan posisi tersebut kepada cucunya, David Sharpe,

4. David Beckham - Kekayaan bersih: U$D450 juta

instagram.com/davidbeckham

David Beckam merupakan salah satu pemain bola terkaya pada tahun 2023. Ia memenangkan gelar liga di empat negara: Inggris, Spanyol, Amerika Serikat, dan Prancis, yang telah bermain untuk berbagai klub sepak bola. 

Ia resmi pensiun sebagai pemain bola pada akhir tahun 2013. Tahun berikutnya, Beckham membeli tim ekspansi MLS - Inter Miami.

Kekayaannya berasal dari berbagai sumber. Ia bekerja sama selama10 tahun dengan PepsiCo. yang berakhir pada 2009. Pada tahun 2021, ia juga menjadi menjadi duta global untuk merek mobil mewah Italia Maserati.

3. Cristiano Ronaldo - Kekayaan bersih: U$D500 juta

the18.com

Cristiano Ronaldo berhasil menempati peringkat ke-3 dalam daftar pemain bola terkaya pada tahun 2023. Sepanjang kariernya, Cristiano Ronaldo telah memenangkan lima penghargaan Ballon d'Or dan empat Sepatu Emas Eropa, terbanyak oleh pemain Eropa. 

Selain pemain bola profesional, kekayaan Ronaldo telah meningkat secara signifikan sepanjang kariernya karena bekerja sama sebagai sponsor merek pakaian olahraga, produk-produk konsumen, layanan keuangan, game, sepatu bola, dan lain-lain. 

Ia juga terjun di dunia fashion, dengan meluncurkan butik pada tahun 2006 serta 2008, dan ikut merancang rangkaian pakaian dalam dan kaus kaki, yang dirilis pada November 2013.

2. Lionel Messi - Kekayaan bersih: U$D600 juta

instagram.com/louisvuitton

Lionel Messi, pemain bola yang berusia 35 tahun tersebut saat ini mewakili klub Ligue 1 Paris Saint Germain. Messi telah memenangkan rekor tujuh penghargaan Ballon d'Or, enam Sepatu Emas Eropa, dan pada tahun 2020 berhasil terpilih dalam Ballon d'Or Dream Team.

Selain gaji dan bonusnya yang besar sebagai pemain sepak bola, kekayaan Lionel Messi juga didapat dari endorsements merk-merk ternama. Sponsor utama Messi sejak tahun 2006 adalah perusahaan pakaian olahraga Adidas. 

Selain itu, Messi juga merupakan duta merek global Gillette, Turkish Airlines, Ooredoo, dan Tata Motors.

1. Faiq Bolkiah - Kekayaan bersih: U$D20 miliar

mirror.co.uk

Dengan kekayaan bersih $20 miliar, Faiq Bolkiah merupakan pemain bola terkaya di dunia yang berhasil menempati peringkat pertama di tahun 2023. Faiq merupakan pemain bola profesional, sekaligus putra dari Jefri Bolkiah, Pangeran Brunei. 

Faiq lahir di Los Angeles, California, dan merupakan warga negara ganda Brunei dan Amerika Serikat. Pemain bola berusia 25 tahun saat ini bergabung di klub Liga 1 Thailand Chonburi, dan telah mewakili Leicester City di level Youth.

Itulah daftar pemain bola terkaya tahun 2023, Bela. Apakah pemain bola favoritmu masuk dalam daftar di atas?

IDN Media Channels

Latest from Working Life