Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Datangkan Kedamaian, 15 Kebiasaan Baik ini Perlu Dimiliki dalam Hidup

Yuk, mulai terapkan dari sekarang

Audia Natasha Putri

"You're what you think"

Meski wejangan pendek ini terdengar sederhana, namun dampak yang diberikan amatlah besar bagi hidup kita. Otak adalah organ tubuh yang berperan paling penting dalam keberlangsungan suatu insan dalam bertindak, berpikir, dan memutuskan sesuatu.

Karena itu, saat kita berpikiran positif dan membangun kebiasan baik secara konsisten, otak akan "menyetir" kita untuk menggapai kedamaian, tujuan hidup, dan menghilangkan kecemasan dan stres berlebih. Memulai kebiasaan baik memang terdengar mudah. Namun faktanya, sangat sulit untuk memulai kebiasaan baik secara teratur dan konstan.

Maka itu, Popbela akan menjelaskan 15 kebiasaan baik sederhana yang bisa kamu terapkan sehari-hari serta membawa manfaat bagi kehidupan. Yuk, kita mulai wujudkan kehidupan positif bersama-sama!

1. Minum banyak air putih

Image by pressfoto on Freepik

Meminum air putih 1 gelas merupakan terbaik untuk memulai hari setelah bangun tidur di pagi hari. Kebiasaan minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari sangat penting bagi kesehatan agar tubuh tetap terhidrasi.

Agar kamu tetap terhidrasi sepanjang hari, kamu bisa membawa botol air putih berukuran 1 liter ke mana pun pergi, baik ke kantor, sekolah, atau saat sedang jalan-jalam sekalipun.

2. Olahraga minimal 20 hingga 30 menit

pexel.com

Sebagai makhluk yang dinamis, sudah sepatutnya kita selalu bergerak setiap harinya. Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah olahraga setidaknya 20 hingga 30 menit, setidaknya tiga kali seminggu. Aktivitas positif ini membantumu untuk menjaga kesehatan fisik dan kesehatan badan agar tetap bugar.

Walau terdengar sulit, sebenarnya olahraga merupakan kebiasaan yang mudah untuk dibentuk. Asalkan, kita perlu menemukan jenis gerakan dan olahraga yang tepat dan nyaman untuk dijalani. Rekomendasi olahraga ringan yang bisa kamu terapkan untuk memulai hidup sehat di antaranya adalah bersepeda, berjalan, zumba, yoga, atau berenang.

3. Stretching atau peregangan

pexels.com/Dejan Krstevski

Sama seperti olahraga, Peregangan memiliki manfaat positif bagi kelenturan badan serta melonggarkan otot-otot yang kaku dan tegang.

Peregangan juga membantumu fleksibilitas persendian tubuhmu, sehingga kamu tak akan merasa pegal atau lelah setelah melakukan banyak aktivitas fisik. Adapun waktu terbaik untuk melakukan peregangan adalah saat bangun tidur selama 5 hingga 15 menit.

4. Naik tangga

Unsplash.com/khiet tam

Selain berjalan, aktivitas lain yang membuat kita lebih banyak bergerak adalah naik dan turun tangga. Saat kamu bekerja atau mengenyam pendidikan di sebuah gedung dengan tinggi kurang dari empat lantai, berkomitmenlah untuk naik tangga dan tidak menggunakan lift.

Memang, rasanya berat sekali pada awalnya. Namun setelah membiasakan diri, kamu tak akan ragu lagi untuk menaiki tangga tersebut dengan berjalan kaki.

5. Memasak sendiri

pexels.com/RODNAE Productions

Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika kita memasak sendiri di rumah. Selain menghemat budget pengeluaran, memasak sendiri bisa menumbuhkan rasa bahagia dan kepercayaan diri saat mencoba hal baru.

Kebiasaan yang baik ini membamtu kita dalam memastikan kita makan makanan yang bergizi dan seimbang. 

6. Makan buah-buahan atau sayuran

pexels.com/magda-ehlers

American Heart Association menganjurkan untuk makan 4-5 porsi buah dan sayuran setiap harinya. Sayangnya, banyak orang yang melewati kebiasaan sehat ini.

Padahal, menyantap buah-buahan atau sayuran dapat melancarkan buang air besar, membuat kulit lebih sehat, serta memperbaiki metabolisme.
Kamu bisa memulai kebiasaan ini dengan mengemil buah favorit di antara waktu makan, menambahkan setidaknya dua sayuran yang berbeda ke dalam menu makan siang dan malam.

7. Bermeditasi atau berdoa

pexels.com

Berdoa adalah sebuah kegiatan komunikasi satu arah antara manusia dan Tuhan dalam meminta pertolongan dan memohon terhadap sesuatu. Sedangkan meditasi menjadi aktivitas mindfulness dengan latihan memusatkan dan menjernihkan pikiran. Saat berdoa dan bermeditasi, batin akan terasa tenang, damai, dan nyaman.

Pikiran negatif dan overthinking yang menumpuk dalam diri pun perlahan hilang, membuat kita bisa lebih bersyukur dan memandang hidup dengan positif. Keduanya menjadi kebiasaan yang bagus untuk mengelola kesehatan mental dan menjauhkan diri dari stres.

8. Tidur 8 jam sehari

pexels.com

Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, tidur juga sangat penting dalam kesehatan fisik dan mental. Tidur yang cukup akan membantu kita melawan penyakit, berpikir lebih jernih, menjaga berat badan yang sehat, dan menjaga agar stres tetap terkendali. Dianjurkan untuk tidur selama 6 hingga 8 jam untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

9. Membaca sesuatu setiap hari

freepik.com/lifeforstock

Bukan hanya memperluas pengetahuan dan menantang imajinasi, membaca juga dapat menjaga otak agar tetap tajam. Banyak hal yang bisa kamu baca selain buku. Kamu bisa membaca artikel daring, koran, jurnal, atau novel.

Cobalah membaca satu bab sehari, 100 halaman seminggu, atau 20 menit setiap harinya.

10. Tetap terhubung dengan teman dan keluarga

Pexels.com/RODNAE Productions

Terakhir adalah menjalin hubungan dengan teman dan keluarga. Di usia yang beranjak dewasa, kebiasaan ini menjadi tantangan lantaran kita disibukkan dengan banyak hal. 

Ada beberapa cara untuk memperkokoh tali silahturahmi dengan orang tersayang. Di antaranya adalah mengobrol dengan saudara atau teman setiap kali pergi ke manapun,  membahas suatu topik dengan sahabat, atau kirim pesan kepada seseorang secara berkala untuk menanyakan kabar.

Itulah 10 kebiasaan baik yang bisa kamu terapkan untuk dapatkan kedamaian. Walau butuh tekad dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya, namun kebiasaan ini memiliki dampak baik di kehidupan kita dalam jangka panjang.

IDN Media Channels

Latest from Working Life