Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tahun Berjalan, Simak Capaian & Inovasi dari Program Gojek Swadaya

Membantu mengurangi kebutuhan operasional mitra driver Gojek

Aisyah Banowati

Kesejahteraan mitra driver adalah kunci utama Gojek untuk terus memberikan dampak perekonomian yang maksimal di Indonesia. Hal ini juga tak terlepas dari dukungan masyarakat dan pemerintah serta komitmen Gojek untuk meningkatkan taraf hidup mitra  Gojek. 

Komitmen tersebut tercermin dari riset LPEM FEB UI 2023 yang menunjukkan kehadiran grup GoTo mampu menciptakan kesempatan kerja, menekan angka kemiskinan, dan menurunkan kesenjangan pendapatan. 

Menjadi bagian dari integral strategi Gojek, program Gojek Swadaya hadir sebagai program inovatif untuk meringankan beban operasional mitra Gojek dan keluarga. Inisiatif Gojek sejak tahun 2016 ini terus memberikan dampak jangka panjang, baik untuk driver Gojek secara pribadi, keluarga, atau lingkunganya.

1. Program Gojek Swadaya

PR Artemis Indonesia

Program Gojek Swadaya merupakan program yang telah berjalan sejak 2016. Tujuan diadakannya program ini Gojek ingin membantu mengurangi beban operasional mitra driver Gojek. 

Menurut data terbaru, program Gojek Swadaya telah dimanfaatkan oleh lebih dari 450 ribu mitra driver per bulannya dan telah membantu meringankan 15% dari biaya operasional sebagai mitra driver Gojek. 

Contohnya dengan memberikan paket internet yang ekonomis, voucher belanja di minimarket, beasiswa untuk anak dari mitra Gojek, hingga bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan jaminan kesehatan. 

2. 7 tahun pencapaian Gojek Swadaya

PR Artemis Indonesia

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Popbela, berikut pencapaian serta fakta menarik dari tujuh tahun berjalannya program Gojek Swadaya.

  1. Pulsa merupakan kebutuhan fundamental dengan total kuota yang dibeli mitra driver melalui Paket Pulsa Swadaya capai 7,41 juta GB tiap bulannya.
  2. Voucher diskon perawatan kendaraan yang paling banyak digunakan mitra driver adalah oli. Total oli yang digunakan mitra driver dari Paket Swadaya sebanyak 37,3 ribu liter.
  3. Terdapat berbagai jenis sembako yang didukung oleh Gojek Swadaya, mulai dari beras, minyak, hingga paket makanan terjangkau.
  4. Lebih dari 240.000 mitra driver dan keluarga mempunyai akses untuk hidup yang lebih baik melalui program tabungan dan asuransi termasuk BPJS, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terjangkau, dan beasiswa anak mitra.
  5. Jaminan Kecelakaan Kerja & Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan di Gojek Swadaya menjadi inisiatif pertama di industri yang menghubungkan asuransi ketenagakerjaan dengan mitra driver.
  6. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan menjadi produk finansial Swadaya dengan pendaftar terbanyak.
  7. Melalui fitur Tips Pintar di aplikasi GoPartner, lebih dari 400 ribu mitra driver telah melek keuangan dengan berbagai modul ilmu finansial yang banyak diminati mitra driver.

3. Program Swadaya Mudik

pexels.com/alifiaharina

Terus berinovasi, khusus di bulan Ramadan ini, Gojek mengeluarkan program Swadaya Mudik. Ini merupakan program eksklusif bagi mitra driver dalam rangka menyambut perayaan Idulfitri. Adapun daftar berbagai potongan harga untuk perawatan kendaraan dan potongan harga tiket berbagai transportasi umum sebagai berikut:

Perawatan kendaraan

  1. Planet Ban: Cashback sebesar Rp50.000 untuk produk ban pilihan, pengisian nitrogen gratis, dan perawatan motor secara gratis.
  2. AHASS Astra Motor AHM: Potongan 10% untuk perawatan dan penggantian suku cadang motor.
  3. Auto2000: Potongan 10% untuk paket perawatan SPONTAN, diskon 24% untuk pembelian aksesoris kendaraan, dan diskon 18% untuk perawatan oli periodik.
  4. Mobeng: Potongan 15% untuk pembelian oli, perawatan, dan spooring balancing motor.
  5. Lupromax: Potongan 30% untuk perawatan mobil dan motor.
  6. Shop&Bike: Potongan hingga 17% untuk pembelian produk ban motor pilihan dan potongan hingga Rp74.500 untuk perawatan motor menyeluruh.

Potongan harga tiket

  1. Potongan 10% hingga Rp150.000 untuk pembelian tiket kereta api, tanpa minimal
    pembelian untuk rute Jakarta (PSE) - Yogyakarta (LPN), Jakarta (GMR) - Yogyakarta (YK), Bandung (BD) - Jakarta (GMR), Jakarta (GMR) - Bandung (BD).
  2. Potongan 5% hingga Rp1.000.000 untuk pembelian tiket pesawat untuk rute Jakarta (CGK) - Medan (KNO), Bali (DPS) - Jakarta (CGK), Jakarta (CGK) - Surabaya (SUB), Jakarta (CGK) - Bali (DPS).
  3. Potongan 7% hingga Rp500.000 untuk pemesanan tempat penginapan pilihan.

4. Program Bazar Swadaya

instagram.com/gojekswadayaofficial

Program Bazar Swadaya akan berlangsung pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB, mulai dari 10-14 April 2023. Untuk mitra Gojek yang ingin membeli paket sembako atau produk perawatan kendaraan dapat langsung datang ke kantor operasional Gojek di kota masing-masing.

Adapun kota yang masuk ke dalam daftar adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Bali, Medan, Palembang, Makassar, Balikpapan, dan Samarinda. 

Nantinya akan ada potongan pembelian berupa cashback tanpa minimum transaksi, yaitu:

  1. Cashback maksimal Rp10.000 untuk pembelian paket sembako.
  2. Cashback maksimal Rp15.000 untuk servis dan ganti oli.

5. Baksos Ramadan

unsplash.com/kattyukawa

Di bulan Ramadan ini, Gojek dan mitra Gojek terus saling menginspirasi melalui 'Rantai Kebaikan'.

Lewat kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Ramadan, Gojek memfasilitasi lebih dari 300 komunitas mitra driver Gojek yang menginisiasi kegiatan baksos secara mandiri di 25 kota dan kabupaten selama bulan Ramadan tahun ini.

Kegiatan yang diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan RI ini meliputi bersih-bersih tempat ibadah, santunan anak yatim, hingga memberikan sembako kepada anak jalanan dan panti werdha.

Kesuksesan program Swadaya Gojek tidak terlepas dari peran banyak pihak. Gede Manggala selaku Head of Region and Eksternal Affairs Gojek mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang mensukseskan program ini.

"Gojek Swadaya sangat mudah dijangkau, cukup melalui fitur di aplikasi mitra driver Gojek yakni GoPartner. Agar tepat sasaran setiap program melibatkan diskusi dua arah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mitra driver di masing-masing daerah, melalui kanal komunikasi seperti Kopdar (kopi darat),” tuturnya.  

IDN Media Channels

Latest from Working Life