Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Gregoria Mariska, Sang Juara Spain Masters 2023

Perjalanan karier Gregoria Mariska sebagai atlet

Ainuni Rahmita

Gregoria Mariska Tunjung Cahyaningsih atau dikenal dengan Gregoria Mariska Tunjung, merupakan atlet bulutangkis asal Indonesia yang telah mengukir prestasinya hingga di kancah internasional. Lahir pada 11 Agustus 1999, kini Gregoria berusia 24 tahun.

Belum lama ini kabar bahagia datang dari Gregoria Mariska, yang baru saja mendapatkan gelar juara pertama di Spain Masters dengan kategori Tunggal Putri. Kabar yang membahagiakan itu lantas mendapatkan ucapan syukur dan selamat yang datang dari sesama atlet dan penggemar Gregoria. Yuk, simak profil Gregoria Mariska di bawah ini!

Awal karier sebagai atlet

instagram.com/badmintonasia.official

Gregoria Mariska merupakan atlet bulutangkis tunggal putri. Bergabung bersama PB Mutiara Cardinal Bandung tahun 2013 menjadi langkah awal kariernya sebagai atlet. Kemudian di tahun yang sama, dirinya menjadi pemain Pelatnas Cipayung bersama Hana Ramadhini dan Fitriani.

Selama 10 tahun berkarier, atlet yang berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah ini telah memenangi berbagai kejuaraan nasional hingga internasional.

Prestasi yang pernah diraih

pbdjarum.org

Meskipun dianggap sebagai atlet muda, Gregoria Mariska sudah mengukir prestasi yang gemilang. Saat usianya masih 18 tahun, Gregoria mencetak sejarah sebagai juara tunggal putri Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017 di Yogyakarta.

Berkat kerja kerasnya, anak dari pasangan Gregorius Maryanto dan Fransiska Romana ini meraih medali perak di Kejuaraan Asia Junior 2016 di Bangkok, Thailand, meraih medali perunggu SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia dan meraih medali perunggu serta Sea Games 2022 di Bac Giang, Vietnam.

Peraih juara 1 Spain Masters 2023

instagram.com/gregoriamrska

Prestasi membanggakan yang terbaru dari Gregoria yaitu juara 1 saat melawan atlet India di Spain Masters pada bulan Juni tahun 2023. Kemenangannya itu membuat Gregoria mendapatkan hadiah kejuaraan lebih dari Rp200 juta.

Di tahun yang sama, Gregoria juga meraih juara ke-2 saat turnamen Malaysia Masters dengan melawan atlet Akane Yamaguchi yang berasal dari Jepang.

Penghargaan dan nominasi

bolasport.com

Prestasi lainnya yang pernah diraih oleh Gregoria Mariska yaitu ketika dirinya masuk ke dalam nominasi dan juga memenangkan penghargaan. Gregoria pernah masuk dalam nominasi penghargaan BFA (Badminton World Federation) yang merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada pemain bulutangkis seluruh dunia, sepanjang pertandingan dalam satu musim berlangsung.

Gregoria menjadi salah satu atlet yang masuk ke dalam nominasi penghargaan BFA pada tahun 2017 dan 2018 dengan kategori Pemain Paling Menjanjikan Eddy Choong. Kemudian di tahun 2018, Gregoria memenangkan penghargaan Atlet Beregu Putri Terfavorit dari Indonesian Sport Awards.

Punya hobi traveling karena pekerjaan

instagram.com/gregoriamrska

Bekerja sebagai atlet yang melakukan turnamen di berbagai negara, membuat Gregoria seringkali berpindah-pindah mengunjungi negara tetangga hingga negara yang sangat jauh dari Indonesia.

Di sela-sela kesibukannya berlatih bulutangkis, Gregoria sering kali membagikan potret dirinya yang melakukan traveling ke negara seperti Inggris, Prancis, Spanyol dan lain-lain, dalam postingan Instagram miliknya.

Itulah profil Gregoria Mariska yang buat bangga Indonesia. Keep it up, Gregoria!

IDN Media Channels

Latest from Working Life