Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai sendi kehidupan, salah satunya pembatasan fisik atau PSBB untuk Indonesia, yang memengaruhi bagaimana saling berinteraksi satu sama lain. Tetapi kondisi tersebut bukan penghalang untuk tetap saling bersilaturahmi dan tetap bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Berikut 5 hal yang tetap bisa kamu lakukan meskipun dari jarak jauh.

1. Bertegur sapa melalui video conference

Tetap Jalin Silaturahmi Saat Pandemi, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanPexels.com / Edward Jenner

Kini pertemuan fisik banyak digantikan dengan aktivitas serba online. Salah satunya menggunakan fitur video conference call melalui bantuan aplikasi seperti WhatsApp Call, Google Duo, Google Meet sampai dengan Zoom. Aktivitas ini menjadi jembatan untuk melakukan work from home, termasuk bersilahturahmi dengan sahabat dan orang-orang terkasih. Jadi meskipun terpisah jarak, kamu tetap bisa saling berbagi kabar satu sama lain.

2. Saling mengirimkan hampers

Tetap Jalin Silaturahmi Saat Pandemi, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanPexels.com / Leah Kelley

Silahturahmi juga bisa dilakukan dengan cara berbagi hadiah dengan kerabat, teman dan sahabat. Kamu bisa mengirimkan mereka makanan kering, minuman, lauk-pauk, snack, kue sampai dengan frozen food untuk dinikmati merek bersama keluarganya. Terutama di bulan Ramadan seperti sekarang ini, kamu bisa berbagi hampers untuk sahur, berbuka puasa, termasuk kue-kue kering sebagai persiapan Lebaran.

3. Mengikuti kajian dan workshop secara daring

Tetap Jalin Silaturahmi Saat Pandemi, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukantechrepublic.com

Di tengah momentum pandemi seperti ini kamu tetap mempunyai ruang untuk memperkaya ilmu dengan mengikuti workshop-workshop, seminar dan kajian yang dilakukan secara online. Jadi tak menjadi penghalang untuk terus belajar dan memperoleh pengetahuan baru. Pada kesempatan ini biasanya kamu juga tetap mempunyai ruang untuk berinteraksi dengan narasumber terkait yang bisa disampaikan melalui kolom komentar.

4. Berbagi berita positif dan kebaikan di media sosial

Tetap Jalin Silaturahmi Saat Pandemi, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanPexels.com / Andrea Piacquadio

Saatnya untuk terus berpikir lebih positif. Caranya sederhana saja, kamu bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengunggah berita positif, inspiratif bahkan ajakan-ajakan donasi untuk sesama melalui media sosialmu seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Karena berita positif akan memancing komentar-komentar yang baik juga dan tidak memicu perseteruan.

5. Bertemu langsung namun tetap mematuhi protokol kesehatan

Tetap Jalin Silaturahmi Saat Pandemi, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanPexels.com / Gustavo Frings

Jika kondisi membuatmu harus bertemu dengan kerabat, teman atau sahabat, jangan lupa saat berjumpa untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker setiap keluar rumah, menjaga jarak aman minimal 1,5 sampai 2 meter, tidak bersentuhan secara fisik dan selalu membawa hand sanitizer setiap berpergian. 

Tetap jaga silaturahmi ya, Bela!

Baca Juga: Resmi Sudah, WhatsApp Bisa Video Call Hingga 8 Orang

Baca Juga: 10 Foto Lucu Realitas Tentang Pertemuan di Zoom 

Baca Juga: Kocak! 11 Meme Ramadan yang Pas Buat Postingan Ngabuburit