Mempunyai karier di luar negeri memang menjadi dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun wanita. Perjalanannya pun nggak gampang, banyak sekali proses yang harus kamu lalui. Keinginan yang kuat saja nggak cukup. Mariana Renata Dantec salah satu pekerja seni Indonesia yang memilih berkarier di New York. Padahal kalau kamu ketahui lebih dalam, kariernya di negeri sendiri nggak kalah cemerlang.

Jangan Takut Mencoba Peluang di Negeri Orang, Simak Inspirasi dari Mariana Renata

Banyak sekali bidang yang menarik untuk ditekuni dan digali lebih dalam. Tapi, menguasai dan fokus satu bidang akan lebih maksimal daripada kamu hanya bisa dalam beberapa bidang. Bisa dalam beberapa bidang justru membuatmu kurang fokus karena terkesan setengah-setengah. Mariana tidak meninggalkan kariernya sebagai aktris, hanya saja ia lebih memilih bidang sesuai dengan minat dan passion-nya, yaitu sebagai seorang model profesional. Berganti pekerjaan di luar negeri juga bukan persoalan mudah. Jadi, nggak ada salahnya untuk mengambil keputusan yang terbaik.

Jangan Takut Mencoba Peluang di Negeri Orang, Simak Inspirasi dari Mariana Renata

Memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan keinginan memang seru, apalagi kalau kamu melakukannya di negara lain. Berbagai macam tantangan dan kegagalan tentu saja sudah pasti kamu hadapi. Apalagi kompetitor kamu juga berasal dari negara lain, nggak perlu merasa terpuruk dengan satu titik dimana kamu masih meniti karier. Diremehkan adalah hal yang biasa. Yang bisa kamu lakukan adalah mencoba menerima lingkungan baru, lebih fleksibel dan terbuka, hingga membuang pikiran negatif.

Jangan Takut Mencoba Peluang di Negeri Orang, Simak Inspirasi dari Mariana Renata

Bekerja di luar negeri berarti kamu nggak boleh meremehkan pendidikan. Melanjutkan program belajar menurut mereka bukanlah kegiatan yang membuang-buang waktu. Mereka sangat mengapresiasi orang yang mau belajar dan mempunyai pengetahuan yang banyak. Begitu juga yang dilakukan oleh Mariana yang merupakan lulusan master Business and Commerce, University of New South Wales. Sebagai inspirasi, ada baiknya kamu memperdalam pengetahuan yang masih ada hubungannya dengan minat bidang kariermu.

Bekerja diluar negeri juga akan membuatmu semakin disiplin, dinamis, dan bisa mengatur waktu.

BACA JUGA : Walau di Indonesia Sering Disepelekan, Pekerjaan Ini Digaji Sangat Besar Lho di Luar Negeri!