Menurut Popbela, lagu yang dibawakan musisi secara duo atau duet memiliki keunikannya sendiri. Sebab, lagu tersebut bisa menyatukan dua karakter berbeda menjadi satu harmoni yang indah untuk didengar.

Seperti playlist pilihan Popbela minggu ini. Semua lagu-lagu berikut dibawakan secara duet oleh musisi-musisi berbakat. Ada yang merilis lagu sebagai persiapan album perdana mereka, hingga lagu yang dibuat sebagai ungkapan kerinduan terhadap kampung halaman.

Apa saja lagu tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

"Automatic Restart" - Soundwave

Popbela's Playlist: Hear, Listen, and Repeat from the DuetDok. Soundwave

Setelah di awal tahun 2021 comeback lewat single "Liberty" dengan menghadirkan cerita kehidupan masa muda yang bebas berekspresi dan mengeksplorasi banyak hal, Jevin Julian dan Rinni Wulandari yang tergabung dalam Soundwave, kini merilis single terbaru mereka yang sekaligus menjadi pembuka era baru di album perdana mereka tahun depan. Single ini diberi judul "Automatic Restart" yang dikatakan oleh Soundwave merupakan gambaran proses comeback dari Soundwave.

"Automatic Restart" menggambarkan misi Soundwave untuk kembali ke industri musik setelah sebelumnya, baik Rinni maupun Jevin, disibukkan dengan proyek mereka masing-masing.

Dalam mengerjakan project ini, Soundwave kembali dibantu oleh Neonomora sebagai penulis lagi, Gamaliel sebagai Vocal Director, dan Iqbal MSSVKNTRL sebagai Mixing dan Mastering Engineer bersama Jevin yang juga terlibat langsung sebagai Music/Song Composer, Producer, & Arranger. Proses panjang dilalui oleh lagu ini untuk mendapatkan sound yang diinginkan dan sesuai dengan ekspektasi Soundwave.

"Kita harus revisi mixing dari lagu ini sampai 10 kali karena kita ingin menghasilkan sound yang kita mau," kata Jevin, seperti dikutip dari rilis yang diterima Popbela.

Selain itu, adanya part rap di lagu ini sempat membuat Rinni sedikit kesulitan. Namun, tantangan tersebut justru membuat keduanya semakin total dalam membuatnya karena ingin menunjukkan sisi yang berbeda dari Soundwave.

Semua hal dipersiapkan secara matang oleh Jevin dan Rinni untuk proses comeback-nya ini, termasuk untuk video musik dari "Automatic Restart" yang dirili pada 18 November 2021kemarin. 

https://www.youtube.com/embed/KDO9z-iTk8c

"Reverie (The Sweeter It is)" - noui with Ariel Nayaka

Popbela's Playlist: Hear, Listen, and Repeat from the DuetDok. noui

Berkolaborasi dengan rapper Ariel Nayaka, noui merilis lagu terbarunya yang berjudul "Reverie (The Sweeter It is)". Dikerjakan secara jarak jauh, noui mengatakan bahwa ini merupakan kolaborasi pertamanya yang meninggalkan kesan begitu menyenangkan.

"Sangat senang bahwa Nayaka benar-benar mengubah seluruh mood untuk musik di lagu 'Reverie (The Sweeter It is)' ini menjadi lebih hidup," kata noui.

"Reverie (The Sweeter It is)" bercerita tentang seorang anak yang diabaikan dan disalahpahami, serta takut membawa esensi sejatinya ke masa dewasa. Hal ini mempengaruhi hubungan interpersonalnya dan berpikir orang akan meninggalkannya ketika dia mengungkapkannya. Apa yang tercurah dalam lagu ini merupakan kisah masa lalu noui yang cukup meninggalkan bekas trauma yang mendalam untuknya. Karena hal inilah, saat membawakannya, vokal noui di seluruh lagu membuat kita ikut merasakan kisah gelapnya.

https://www.youtube.com/embed/Qh_l3vyJVyc

"see you in jakarta?" - Rama Davis feat. GRACE.

Popbela's Playlist: Hear, Listen, and Repeat from the DuetDok. Rama Davis

Apa jadinya kalau ada dua musisi yang sama-sama mengombinasikan rasa rindu mereka pada Kota Jakarta dan mencurahkannya ke dalam sebuah lagu? Itulah yang berusaha dituangkan oleh Rama Davis dan GRACE. lewat single kolaborasi terbaru mereka yang berjudul "see you in jakarta?".

Baik Rama maupun GRACE. kini memang tengah berada di luar Indonesia, Rama di Perth – Australia, sementara GRACE. di Singapura. Keduanya masih belum bisa pulang kembali ke Jakarta karena adanya pandemi yang masih melanda.

Sebelumnya, Rama dan GRACE. memang saling mengenal melalui mutual friend mereka. Kolaborasi ini terjadi saat Rama mengirim pesan singkat ajakan membuat lagu bersama pada GRACE. saat dirinya mengunggah sebuah post di Instagram Story.

"Waktu GRACE. merilis EP, aku sadar kalau kita berdua sepertinya akan cocok saat membuat duet karena, menurutku, suara dan genre kita berdua complimenting each other," ungkap Rama.

"see you in jakarta?" bercerita mengenai pasangan lama yang tengah menjalani hubungan jarak jauh atau LDR. Mereka menceritakan kegiatan di tempat masing-masing, yaitu di Australia dan Singapura sekaligus menceritakan tentang kerinduan mereka terhadap kampung halaman, Jakarta. 

Proses pembuatan lagu ini sepenuhnya dilakukan oleh Rama dan GRACE. secara virtual yang juga ikut dibantu oleh Glenn Lumanta sebagai Produser yang ada di Sydney – Australia. Glenn juga terlibat dalam proses Mixing lagu ini. Sementara Mastering dibantu oleh Dan Countant yang bebasis di Amerika Serikat. Konsep visual dari lagu ini juga dibantu oleh Adriel Manoe yang ada di Singapura.

https://www.youtube.com/embed/AtLbeVHkX1o

Itulah tadi daftar lagu baru pilihan Popbela yang dibawakan secara duet. Mana yang jadi favorit kamu, nih?

Baca Juga: Popbela's Playlist: Ungkapan Hati yang Tercurah Lewat Musik

Baca Juga: Popbela's Playlist: Kisah Cinta dalam Alunan Nada dan Irama

Baca Juga: Popbela's Playlist: Let's Move Your Body!